Perlu Tahu, Ini 7 Penyebab Puting Laki-Laki Terasa Nyeri

Puting terasa nyeri dapat disebabkan oleh adanya iritasi dan infeksi

22 Januari 2021

Perlu Tahu, Ini 7 Penyebab Puting Laki-Laki Terasa Nyeri
Freepik

Pada umumnya rasa nyeri dan sakit di sekitar puting payudara dialami oleh perempuan. Namun, laki-laki juga dapat merasakan hal tersebut.

Bagian puting laki-laki merupakan area yang sensitif terkena pendarahan, radang, dan gejala penyakit lainnya. Jika Papa mengalami hal ini jangan langsung panik ya, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada puting payudara laki-laki. Namun, nyeri tersebut bisa dicegah dan diobati secara medis.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penyebab dari puting laki-laki terasa nyeri.

1. Mengenakan pakaian yang salah

1. Mengenakan pakaian salah
Freepik/senivpetro

Merasakan nyeri pada bagian puting sering terjadi ketika sedang melakukan olahraga. Aktivitas ini membutuhkan tenaga dan gerakan kuat dari tubuh, sehingga puting laki-laki mengalami pergesekkan dengan pakaian yang digunakan.

Pergesekkan ini dapat disebabkan oleh menggunakan pakaian yang terlalu pas dengan tubuh. Salah satu cara mengatasi nyeri, yaitu ketika ingin berolahraga sebaiknya memilih kaos yang longgar dan menyerap keringat.

2. Iritasi dengan pakaian baru

2. Iritasi pakaian baru
Freepik/creativeart

Puting laki-laki juga sangat sensitif dengan hal baru, seperti pakaian yang belum dipakai dan masih tergolong baru. Ketika melakukan aktivitas tentunya akan ada pergesekan diantara puting dan pakaian.

Pakaian baru tidak selalu memiliki bahan yang nyaman bagi kulit. Jika Papa memiliki alergi, pakaian baru ini dapat membuat kulit menjadi iritasi. Efek dari iritasi ini dapat menimbulkan bermacam-macam mulai gatal hingga rasa nyeri.

Untuk mencegahnya, ketika Papa membeli pakaian baru sebaiknya memilih baju yang nyaman saat digunakan.

Editors' Picks

3. Ginekomastia atau kelebihan lemak

3. Ginekomastia atau kelebihan lemak
Freepik/nomadsoul1

Ginekomastia merupakan pembengkakan payudara laki-laki yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progestron. Penyakit ini dapat membuat jaringan lemak pada payudara menjadi menumpuk.

Kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh mengonsumsi alkohol dan penggunaan obat-obatan. Pembengkakan yang diakibatkan ginekomastia dapat membuat puting terasa nyeri. Namun, penyakit ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa mengonsumsi obat pereda atau operasi.

4. Kista pada jaringan payudara

4. Kista jaringan payudara
Freepik

Tak hanya dialami oleh perempuan, laki-laki juga mempunyai kista dan infeksi pada jaringan payudara. Infeksi yang terjadi dapat menyebabkan adanya luka di kulit puting dan mengakibatkan bakteri akan masuk ke dalam payudara.

Jika Papa mengalami nyeri pada puting yang disebabkan oleh kista, dapat mengatasinya dengan mengonsumsi antibiotik dan mengompresnya dengan air hangat.

5. Infeksi pada kulit sekitar puting

5. Infeksi kulit sekitar puting
Freepik

Infeksi yang terjadi dapat disebabkan oleh memangkas bulu di kulit sekitar putting secara tidak hati-hati dan menggunakan metode yang salah. Penggunaan alat untuk mencukurnya yang salah juga dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Alat gunting dan pisau cukur yang digunakan secara tidak hati-hati dapat menimbulkan luka. Kondisi ini juga bisa berakibat pendarahan dan rasa nyeri pada puting. Jika Papa mengalami infeksi, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk diobati agar tidak ada bakteri yang masuk.

6. Kanker payudara

6. Kanker payudara
Freepik/lovelyday12

Kanker payudara sering terjadi pada perempuan, tetapi laki-laki juga memiliki potensi terkena kanker ini. Kanker payudara yang dialami oleh laki-laki dipengaruhi oleh usia, gangguan hormon androgen, dan penyakit hati.

Memiliki ginekomastia juga dapat memicu terkena kanker payudara. Saat mengalami kanker ini akan ada cairan atau darah yang keluar dari puting.

Ketika kanker payudara membesar akan terasa seperti menonjol di sekitar payudara. Untuk memastikan kondisi Papa, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk melakukan pengecekan secara USG.

7. Efek trauma

7. Efek trauma
Freepik/benevolente82

Bagi sebagian orang mempunyai kejadian yang membuat dirinya merasa trauma. Kasus trauma yang terjadi pada area dada akan menyebabkan puting terasa nyeri. Bahkan, trauma ini juga bisa menimbulkan luka dan bengkak pada puting.

Untuk mengatasinya, Papa bisa untuk tidak mengingat kejadian tersebut dan melakukan aktivitas yang membuat hati gembira, sehingga tidak teringat akan peristiwa tersebut.

Nah itulah beberapa penyebab puting laki-laki terasa nyeri. Jika Papa mengalami ini secara terus-menerus, sebaiknya segera konsultasi ke dokter agar tidak berbahaya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.