Penyebab Ambeien, Gejala, Cara Mencegah dan Pengobatannya

Cari tahu penyebabnya dengan tepat untuk mengatasi ambeien

18 Februari 2021

Penyebab Ambeien, Gejala, Cara Mencegah Pengobatannya
Freepik

Hampir setiap orang pernah mengalami ambeien atau wasir setidaknya satu kali dalam seumur hidup. Memiliki penyakit ambeien atau wasir tentu sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, bukan? Duduk saja rasanya tidak nyaman karena anus terasa nyeri.

Penyebab ambeien adalah pembuluh vena dalam anus yang membengkak sampai membentuk benjolan yang mungkin terlihat keluar dari anus. Hal inilah yang membuat nyeri ketika duduk, bahkan juga bisa menyebabkan sembelit dan BAB berdarah.

Meskipun ambeien bisa disembuhkan dengan minum obat khusus untuk ambeien, namun tidak semua orang bisa meminumnya.

Untuk mencari tahu lebih lengkap informasi seputar penyakit ambeien seperti penyebab ambeien, gejala ambeien, cara pengobatan ambeien, mengetahui cara mencegah ambeien, yuk disimak informasi yang sudah Popmama.com rangukm berikut ini.

1. Apa itu penyakit ambeien?

1. Apa itu penyakit ambeien
Freepik

Ambeien atau banyak orang sebut dengan wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak. 

Ternyata penyakit ambeien masih dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Internal hemorrhoid. Muncul di dalam saluran rektum. Biasanya internal hemorrhoid tidak terasa nyeri, tetapi bisa menyebabkan BAB berdarah.
  • External hemorrhoid. Terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa saja robek dan juga berdarah.

Ambeien memang bukan penyakit yang berbahaya dan tidak juga menuar. Sebab ambeien biasanya dapat sembuh dengan sendirinya atau mengonsumsi obat khusus ambeien.

Editors' Picks

2. Gejala penyakit ambeien

2. Gejala penyakit ambeien
Freepik

Kebanyakan orang mengetahui dirinya terkena penyakit ambeien ketika duduk terasa tidak nyaman karena bagian anus yang nyeri atau gatal. Namun, sebenarnya ambeien memiliki beberapa gejala yang perlu kamu waspadi.

Berikut gejala ambein yang seringkali terjadi:

  • BAB berdarah berwarna merah terang dan tidak nyeri
  • Gatal dan iritasi pada area rektum
  • Nyeri dan rasa tidak nyaman
  • Bengkak di sekitar anus
  • Benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus

Jika tidak ada tanda-tanda dan gejala pada diatas tetapi kamu merasa tidak nyaman dan khawatir terkena ambeien, konsultasikanlah hal tersebut dengan doktermu.

3. Penyebab penyakit ambeien

3. Penyebab penyakit ambeien
Freepik

Benjolan yang keuar pada penderita ambeien terbentuk karena adanya tekanan berat yang terus diterima oleh pembuluh vena anus, sehingga bisa membuat iritasi pada pembuluh vena dan seiring waktu membuatnya menjadi bengkak.

Biasanya faktor yang menyebabkan pembengkakan pada pembuluh vena adalah seperti berikut ini:

  • Terlalu keras mengejan atau ngeden saat BAB
  • Diare atau sembelit kronis
  • Terlau lama duduk
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Faktor usia yang menyebabkan otot sphincter di rektum melemah
  • Pembesaran rahim selama kehamilan
  • Kurang asupan makanan berserat

Jangan dibiarkan jika sudah merasa tanda atau gejala ambeien muncul pada dirimu, sebab jika dibiarkan tanpa pengobatan, ambeien bisa pecah. Jika sudah pecah maka dapat membuat luka terbuka pada kulit sekitar anus, terasa sangat perih, dan butuh waktu yang lama dalam penyembuhan.

4. Pemeriksaan dan diagnosis penyakit ambeien

4. Pemeriksaan diagnosis penyakit ambeien
Freepik

Faktanya, tidak semua orang penderita ambeien dapat mengatasinya hanya dengan minum obat khusus ambeien saja. Ada pula yang tidak bereaksi apapun, baik obat medis ataupun secara alami.

Jika merasa demikian, kamu bisa berkonsultasi dengan doktermu. Biasanya dokter akan menyarankan untuk menjalani prosedur medis lebih lannjut.

Setiap orang memiliki kondisi ambeien yang berbeda-beda.

Jika kamu sudah menempuh berbagai cara untuk mengobatinya namun tak kunjung sembuh, dokter mungkin akan melakukan operasi dengan memotong, menghilangkan, atau mengangkat benjolan ambeien mu. 

Kamu tak perlu khawatir jika harus melakukan tiindakan operasi pengangkatan ambeien, umumnya dokter akan terlebih dahulu memberikanmu anestesi lokal untuk mengurangi bahkan tidak merasakan sakit selama prosedur.

5. Cara mengobati penyakit ambeien

5. Cara mengobati penyakit ambeien
Freepik

Ketika sudah mengetahui apa itu ambeien, penyebab, gejala, serta penangannya. Saatnya kamu mencari tahu bagaiamana mengobati penyakit ambeien.

Umumnya ambeien memang bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika dibiarkan tanpa pengobatan akan membuat benjolan pada ambeien yang dialami semakin parah dan bisa pecah. 

Kamu bisa mengobatinya dengan pengobatan yang biasanya direkomendasikan untuk mengatasi ambeien, berikut cara-cara yang bisa kamu coba:

  • Jaga pola makan
  • Rutin berolahraga
  • Perbanyak minum air putih
  • Jaga kebersihan anus
  • Gunakan banta sebagai alas duduk
  • Kompres air dingin
  • Konsumsi obat ambeien alami seperti cuka apel, lidah buaya, bawang putih, akar batu, dan kulit kayu ek putih.

Jika semua cara sudah dicoba namun tak membuahkan hasil apapun, tetap berkonsultasilah dengan doktermu guna mengetahui penyebab ambeien, gejala ambeien, cara pengobatan ambeien, mengetahui cara mencegah ambeien.

Jadi, jangan ragu untuk selalu cek ke dokter dan patuhi setiap rencana pengobatan yang diberikan supaya cepat sembuh dari penyakit ambeien ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.