Cek Yuk! Ini 8 Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan Dini Lho!

Mulailah untuk mengurangi dan ganti makanan tersebut dengan alternatif lain ya Ma

16 Oktober 2020

Cek Yuk Ini 8 Makanan Mempercepat Proses Penuaan Dini
Freepik/topntp26

Mama, tahukah Mama jika paparan sinar matahari dan pola makan adalah dua alasan utama yang mempercepat proses penuaan kulit. Makanan tertentu diketahui bisa mempercepat penuaan dini.

Meski penyebab penuaan tidak dapat dikendalikan 100%, namun menggunakan tabir surya dan memperhatikan pola makan dapat membantu tubuh terhindar dari penuaan dini lho.

Untuk itu mulai jaga pola makan Mama ya agar tidak terjadi proses penuaan dini pada diri Mama.

Popmama.com akan memberikan beberapa jenis makanan yang dapat mempercepat penuaan dini, dan memberikan saran makanan alternatif untuk Mama.

Disimak ya, Ma! 

1. Kentang goreng

1. Kentang goreng
cafedelites.com

Makanan yang digoreng dengan minyak pada suhu tinggi melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel kulit lho.

Karena ikatan silang, paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan. Tautan silang diketahui memengaruhi molekul DNA dan melemahkan elastisitas kulit.

Lebih penting lagi, asupan garam yang berlebihan akan mengeluarkan air di kulit dan menyebabkan dehidrasi lho, Ma. Ini akan membuat kulit lebih mudah berkeriput.

Sebaiknya, Mama bisa konsumsi ubi goreng sebagai pengganti kentang. Ubi jalar kaya akan tembaga sebagai agen anti-penuaan, yang membantu produksi kolagen.

2. Roti putih

2. Roti putih
Freepik/topntp26

Pencampuran karbohidrat dan protein dapat menyebabkan pembentukan AGEs lho, Ma. AGEs berdampak langsung pada penyakit kronis dan proses penuaan.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti putih ini bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Peradangan akhirnya memicu proses penuaan.

Mama cobalah untuk mengganti roti gandum bebas gula. Roti ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kulit lho.

3. Gula

3. Gula
Freepik/Faozun

Mama, tahukah Mama gula adalah salah satu musuh terbesar bagi kulit lho. Gula membantu menghancurkan pembentukan AGEs kolagen. Peningkatan kadar gula merangsang proses AGE.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memperburuk situasi ini. Sebagai alternatif pengganti gula, Mama bisa memilih madu untuk membuat makanan dan minuman Mama lebih manis.

Editors' Picks

4. Margarin

4. Margarin
Pixabay/ponce_photography

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi margarin lebih banyak mengalami kerusakan kulit dan kerutan lho. Ilmu pengetahuan juga telah membuktikan bahwa margarin lebih buruk daripada mentega asli.

Margarin kaya akan minyak terhidrogenasi parsial. Asam lemak trans ini membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan sinar UV, yang dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit.

Mama bisa gunakan minyak zaitun antioksidan dan anti penuaan sebagai pengganti mentega ya! 

5. Daging olahan

5. Daging olahan
Freepik/Joaquincorbalan

Daging asap dan sosis adalah daging olahan yang bisa berbahaya bagi kulit lho, Ma. Daging ini sangat tinggi natrium, lemak jenuh dan sulfit. Semua ini bisa menyebabkan peradangan, yang bisa membuat kulit dehidrasi dan melemahkan kolagen.

Pilih daging tanpa lemak seperti kalkun dan ayam. Ayam kaya akan protein dan asam amino, yang penting untuk pembentukan kolagen alami.

6. Produk susu

6. Produk susu
Freepik

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menghilangkan produk susu dari makanan sehari-hari dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, lho. Pada saat yang sama, beberapa penelitian lain tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.

Namun itu semua tergantung pada setiap orang ya, Ma. Bagi sebagian orang, produk susu dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah salah satu penyebab utama penuaan dini. Untuk alternatif sumber kalsium lainnya, Mama bisa memilih biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau dan buah-buahan ya! 

7. Soda dan kopi

7. Soda kopi
Unsplash/Alfonso Scarpa

Soda dan kopi dapat mengganggu kualitas tidur lho, Ma. Kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan tanda-tanda penuaan dan dapat menyebabkan lingkaran hitam, kerutan, dan garis halus.

8. Alkohol

8. Alkohol
Freepik

Mama, alkohol dapat menyebabkan banyak masalah kulit lho, termasuk kemerahan, bengkak, hilangnya kolagen, dan kerutan. Alkohol menghabiskan nutrisi, air dan vitamin A yang semuanya dapat menyebabkan kerutan.

Vitamin A penting untuk pertumbuhan sel-sel baru dan produksi kolagen. Vitamin ini memastikan kulit elastis dan bebas kerut.

Itu dia Mama, 8 makanan yang bisa mempercepat proses penuaan dini lho!

Jika makanan tersebut sering Mama konsumsi, mulailah untuk mengurangi dan ganti makanan tersebut dengan alternatif lain ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.