TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Pastikan mulut selalu segar dan wangi

1 Mei 2022

5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut saat Puasa
Freepik/wayhomestudio

Setiap orang pasti memiliki kekhawatiran yang sama disaat bulan puasa, yaitu bau mulut penyebab terjadinya bau mulut dikarenakan berkurangnya produksi air liur dan juga asupan cairan. \

Pastinya jika memiliki mulut yang bau, maka rasa percaya diri dapat menurun, apalagi ketika sedang berinteraksi ataupun berbicara dengan orang lain.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com  telah merangkum 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau mulut ketika berpuasa. Yuk, disimak!

1. Selalu sikat gigi

1. Selalu sikat gigi
Freepik/yanalya

Sikat gigi dapat membantu kamu untuk tetap menjaga kesehatan mulut dari adanya aroma tidak sedap yang keluar dari mulut. Selain menjaga kesehatan gigi, dengan melakukan sikat gigi setelah sahur kamu juga dapat menurunkan bau mulut saat sedang berpuasa.

Saat kamu sikat gigi pastikan kamu menyikat gigi dengan benar agar sisa-sisa makanan di sela-sela gigi kamu tidak tersisa dan menimbulkan bau mulut saat berpuasa dan pastikan pasta gigi yang kamu gunakan mengandung flouride.

Editors' Picks

2. Jangan lupakan berkumur

2. Jangan lupakan berkumur
Freepik

Selain sikat gigi kamu juga dapat menggunakan obat kumur yang biasa kamu pakai. Setelah sikat gigi kamu dapat berkumur dengan obat kumur yang menurut kamu dapat mencegah bau mulut yang keluar.

Pastikan obat kumur yang kamu pakai bebas dari alkohol karena obat kumur yang mengandung alkohol dapat membuat mulut menjadi kering. Selain itu, pastikan agar obat kumur yang digunakan dapat membunuh bakteri yang ada dalam mulut.

Berkumurlah dengan benar hingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut.

3. Wajib minum air putih

3. Wajib minum air putih
Freepik/pressfoto

Selain mencegah bau mulut dari luar, kamu juga dapat mencegah bau mulut dari dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup, agar kebutuhan air dalam tubuh kamu terpenuhi.

Cara menjaga asupan air yang masuk ke dalam tubuh tetap terjaga maka minum lah air mineral ketika buka puasa sampai dengan waktu sahur, sesuai dengan kemampuan tubuh kamu. Dengan begitu produksi air liur kamu tetap ada sehingga mencegah bakteri yang berkembang di dalam mulut.

4. Kurangi konsumsi kafein

4. Kurangi konsumsi kafein
Pexels/Pixabay

Mungkin mengonsumsi kafein menjadi kewajiban bagi beberapa orang, tetapi perlu kamu ketahui bahwa pada saat sedang berpuasa ada baiknya agar kamu tidak terlalu sering mengonsumsi kafein.

Kembali pada poin ketiga di dimana kamu harus banyak mengonsumsi air putih. Kafein bersifat berat sehingga dapat membuat mulut terasa sangat kering dan menimbulkan aroma yang kurang sedap.

5. Hindari makanan berbau

5. Hindari makanan berbau
Freepik/jcomp

Hindari makanan yang berbau menyengat saat kamu makan sahur seperti, durian, petai, jengkol dan lainnya. Karena makanan-makanan tersebut dapat memperburuk dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap saat kamu sedang berpuasa.

Makanan yang berbau tidak cocok dikonsumsi saat sahur, ada baiknya jika kamu sahur dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Imbangi dengan makan-makanan yang menambah energi dan stamina ketika sahur agar ketika berpuasa kamu tetap memiliki stamina dan energi yang cukup.

Nah, itulah lima hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau mulut pada saat sedang berpuasa. Tentunya kamu tidak ingin jika bau mulut bisa mengganggu penampilan, bukan?
Jangan sampai lupa, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk