7 Hal Ini Bisa Terjadi Kalau Kamu Malas Olahraga

Dalam 1 hari ada 1,440 menit. Berapa menit yang kamu pakai untuk olahraga dalam 1 hari?

13 Januari 2018

7 Hal Ini Bisa Terjadi Kalau Kamu Malas Olahraga
Unsplash/monikerbphoto

Kita pasti menyadari kalau olahraga bisa menyehatkan tubuh. Olahraga memiliki banyak manfaat seperti melancarkan metabolisme tubuh, membuat daya tahan tubuh meningkat dan stamina tetap terjaga. Tapi nggak sedikit lho, orang yang malas olahraga. Kamu harus tahu apa saja yang bisa terjadi akibat kamu malas berolahraga.

1. Mudah merasa lelah

1. Mudah merasa lelah
Unsplash/ChristopherCampbell

Olahraga memiliki manfaat utama untuk menguatkan fisik kamu. Dengan melakukan latihan fisik secara rutin, dipastikan ketahan tubuh akan meningkat. Efeknya kamu bisa merasa bugar dan tidak mudah lelah. Sebaliknya, akibat malas olahraga maka kamu akan mudah merasa lelah.

2. Massa otot menyusut

2. Massa otot menyusut
Unsplash/bruno_nascimento

Ada beberapa sebab massa otot menyusut, seperti diet yang salah, latihan fisik yang salah, dan kurang tidur. Menurut brodibalofitnes.com rahasia mempertahankan massa otot adalah melakukan aktivitas yang high intensity dan low volume. Jika otot kamu tidak dirangsang dengan olahraga, bisa jadi massa otot pun menyusut.

3. Kurang bersemangat

3. Kurang bersemangat
Unsplash/scottwebb

Sama halnya kalau kebanyakan tidur, bisa buat kamu merasa lemas. Kurang olahraga juga bisa membuat kamu kurang bersemangat. Olahraga dapat membantu metabolisme tubuh dan berpengaruh pada energi kamu. Kalau kamu malas gerak dan olahraga, lama-kelamaan kamu juga jadi kurang bersemangat.

Editors' Picks

4. Gampang stres

4. Gampang stres
Unsplash/_vickyreyes

Olahraga bisa memberikan efek senang dan kamu merasa bahagia. Itu karena saat olahraga tubuh melepaskan hormon endorfin. Akibat malas olahraga bisa bikin kamu gampang stres.

5. Berat badan bertambah

5. Berat badan bertambah
Unsplash/sernarial

Perempuan biasanya paling takut dibilang gemuk. Apalagi kalau sampai pasangannya yang bilang begitu. Orang yang malas olahraga, otomatis metabolismenya melambat. Hati-hati nanti berat badan kamu gampang naik lho.

6. Kurang cekatan

6. Kurang cekatan
Unsplash/abbiebernet

Latihan fisik bisa melatih kecepatan gerak tubuh. Saat berolahraga kita juga melatih sistem koordinasi indera penglihatan, indera pendengaran, keseimbangan tubuh, dan ketepatan gerak. Akibat malas olahraga, kamu bisa jadi kurang cekatan.

7. Tidur kurang nyenyak

7. Tidur kurang nyenyak
Unsplash/b3njamin

Kalau tubuh kurang gerak selama seharian, maka energi yang kita lepaskan kurang banyak. Efeknya tidur malam kamu jadi kurang nyenyak. Wah bahaya bangun kesiangan nih.

Setelah mengetahui akibat malas olahraga yang bisa merugikan kesehatan, pastinya kamu jadi semangat kan untuk olahraga. Tidak perlu yang susah, kamu bisa mulai olahraga yang mudah seperti lari pagi atau cardio. Mama, yuk rajin berolahraga agar tubuh sehat.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;