Apa itu Cefadroxil dan Bagaimana Aturan Dosisnya?

Jangan sembarangan minum obat Ma, perhatikan aturannya terlebih dulu

19 September 2018

Apa itu Cefadroxil Bagaimana Aturan Dosisnya
Freepik

Cefadroxil adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi sejumlah infeksi akibat bakteri, seperti infeksi saluran kemih, kulit, pernapasan, atau tenggorokan.

Cara kerja cefadroxil adalah dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup. Kandungan dalam cefadroxil akan melawan bakteri yang tidak diperlukan dalam tubuh dan memeranginya sampai kembali seperti semula.

Perhatikan juga tentang penggunaannya, Cefadroxil merupakan golongan antibiotik yang hanya diperuntukan bagi infeksi bakteri. Obat ini tidak dapat digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti pilek, flu.

Ada banyak cefadroxil yang dijual di apotek seperti diantaranya adalah Cefat, Droxal, Ancefa, Droxefa, Lapicef, Lostacef, Roksicap, Staforin, Valos, Netfad 500, Maxcef, Opicef, Opicef Forte, Pyricef, Renasistin, Vroxil, Yaricef, Vocefa atau Vocefa Forte.

Apakah setelah kamu mengetahui merek di atas menandakan kamu bisa mendapatkannya di apotek dengan bebas? Berikut Popmama.com bagikan info selengkapnya:

1. Manfaat Cefadroxil

1. Manfaat Cefadroxil
forskning.no

Mengatasi infeksi akibat bakteri yang terjadi pada berbagai bagian tubuh. Obat ini hanya bisa didapat jika dokter sudah memberikan resep ke pasiennya.

Meski obat antibiotik ini bisa diperuntukkan kepada dewasa maupun anak-anak, namun tidak dapat dibeli dengan bebas.

Manfaat cefaroxil antara lain untuk mengobati berbagai penyakit karena bakteri yang terkandung dengan anggota tubuh terkait sebagai berikut:

  • Sistem pernapasan (misalnya sinusitis, pneumonia dan bronkitis),
  • THT (telinga, hidung dan tenggorokan),
  • ginjal,
  • sistem saluran kemih,
  • tulang dan sendi,
  • kulit dan jaringan lunak,
  • ginekologi atau sistem reproduksi perempuan.

Baca juga: Serba Serbi Infeksi Saluran Kencing Pada Balita

Baca juga: Cara Mencegah Terjadinya Kelahiran Bayi Bermata Satu Alias Cyclopia

Editors' Picks

2. Dosis dan aturan mengonsumsi cefadroxil yang benar

2. Dosis aturan mengonsumsi cefadroxil benar
Popmama.com/Novy Agrina

Dosis dan lama penggunaan cefadroxil sebenarnya tergantung pada jenis infeksi yang sedang diobati, tingkat keparahannya, dan kondisi kesehatan pasien secara umum. Biasanya, dosis yang dianjurkan oleh dokter adalah 1-2 gram per hari selama 5-10 hari.

Dosis maksimum adalah 4 gram per hari. Bagi pasien anak-anak, dosis akan ditentukan berdasarkan berat badan.

Aturan mengonsumsi cefadroxil yang benar adalah dengan mengikuti anjuran dokter. Pada kemasan atau resep pasti sudah diatur takaran dan sesuai arahan dari dokter kamu. Jangan mengubah dosis cefadroxil kecuali disarankan oleh dokter.

habiskan semua dosis yang sudah diberikan oleh dokter, walau kamu sudah merasa sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah kambuhnya infeksi.

Minumlah cefadroxil dengan air putih dan jangan mengunyah atau membuka terlebih dahulu kapsulnya. Obat ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan.

Agar pengobatan efektif, konsumsilah cefadroxil tiap hari pada jam yang sama. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Jika lupa atau terlewat, jangan menggandakan dosis dalam sekali minum ya.

3. Efek samping cefadroxil

3. Efek samping cefadroxil
momjunction.com

Selain memiliki manfaat, cefadroxil juga bisa berpotensi menyebabkan efek samping yang tidak diharapkan.

Efek samping ini tidak dialami oleh semua orang. Kadang ada yang mengalami beberapa jenis efek samping dari cefadroxil, tapi sebagian hanya memiliki satu keluhan saja.

Jelaskan pada dokter jika kamu mengalami efek samping yang berkepanjangan dan beri tahu obat-obatan lainnya jika ada yang kamu konsumsi pada waktu yang bersamaan. Beberapa efek samping cefadroxil adalah:

  • Diare,
  • gangguan pencernaan,
  • peradangan pada lidah,
  • mual dan muntah.

Pastikan kamu segera melaporkan ke dokter jika efek samping terus terjadi hingga mengganggu kegiatan. Penggunaan cefadroxil yang benar dan sesuai dosis biasanya bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Ambroxol Beserta Kegunaannya

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!