3 Cara Membuat Foto Keren, Layak Posting di Instagram ala Dian Sastro

Foto yang banyak dengan mengikuti tips ini agar kamu punya banyak stok untuk upload ke instagram

8 Maret 2019

3 Cara Membuat Foto Keren, Layak Posting Instagram ala Dian Sastro
Instagram.com/therealdisastr

Sebagai seorang aktris, model dan seorang co-founder dari start-up traveling photography, Dian Sastrowardoyo merasa tertantang untuk selalu membagikan foto menarik pada setiap kesempatan melalui media sosial miliknya.

Tapi kadang hasil foto tidak sesuai apa yang diharapkannya. Mungkin setiap orang menannyakan hal yang sama.

Bagaimana cara membuat foto keren pakai kamera hp?

Bagaimana cara membuat foto keren pakai kamera hp
Popmama.com/Novy Agrina

Cara membuat foto keren pakai kamera hp sebenarnya bisa kita lakukan. Asalkan kita memerhatikan fitur pada smartphone yang dipakai untuk mengambil gambar. 

Ditemui pada acara peluncuran Samsung Galaxy S10 pada hari Rabu (06/03/2019) di The Tribatra, Jakarta, Dian mengaku, "Sebagai fotografer amatir, hasil jepretan saya kadang kurang simetris. Padahal sudah coba berulang kali. Permasalahannya adalah saya kurang memahami aturan dasar fotografi."

3 Cara Membuat Foto Keren, Layak Posting Instagram ala Dian Sastro
Popmama.com/Novy Agrina

Denny Galant, Head of IM Product Marketing, Samsung Electronic Indonesia menyampaikan, "Galaxy S10 perfect camera juga sudah menggandeng Instagram. Kalau mengambil foto sudah ada icon Instagram, momen tersebut dapat langsung dipublikasikan ke Instagram."

"Untuk membuat foto yang bagus, komposisi adalah hal yang penting. Ada satu fitur composition yang sangat penting (dari smartphone terbaru ini), apabila kamera melihat garis, maka akan memberikan composition guide," Dian  menjelaskan sambil mendemokan cara penggunaan kamera pada acara tersebut.

Untuk itu, bagi Dian fitur kamera menjadi salah satu pertimbangan penting termasuk dalam memilih smartphone.

Tentu saja saat ini melalui smartphone kita mengambil gambar, upload ke Instagram dan hasil jepretan kita bisa langsung dilihat ke semua orang pengguna internet.

"Saya sendiri memiliki kegemaran di industri fashion, untuk itu saya sering mengabadikan foto OOTD. Fitur scene optimizer smartphone ini dapat mengenali warna dengan lebih akurat," kata Dian.

"Tidak perlu memiliki kemampuan fotografi yang hebat, lensanya bisa menyesuaikan dengan baik."

3 Cara Membuat Foto Keren, Layak Posting Instagram ala Dian Sastro
Popmama.com/Novy Agrina

Kita juga bisa memanfaatkan fitur bokeh yang tersedia. Ini bisa disesuaikan dan membuat hasil foto lebih natural.

Agar foto yang kita upload ke Instagram bisa terlihat menarik, berikut Popmama.com telah merangkum cara membuat foto keren memakai kamera hp dari Dian Sastro.

Editors' Picks

1. Temukan lokasi menarik

1. Temukan lokasi menarik
Pixabay/McZerrill

Pilih tempat yang menarik dan berkonsep. "Latar bisa bidang yang dihias dengan mural atau warna vibrant, atau bisa juga dinding polos biasa. Agar semakin artistik, bisa tambahkan efek bokeh pada latar," kata Dian.

Perlu kamu tahu, warna vibrant adalah warna-warna berani yang kontras. Paduan warna vibrant yang bagus untuk dijadikan latar seperti:

  • Warna shock pink dan kuning
  • Orange dan putih
  • Ungu dan shock pink

Tidak harus padu padan warna, kamu juga bisa mencari latar yang blocking warnanya dipenuhi satu warna seperti warna orange, kuning menyala, merah tua, pink, atau hijau stabilo.

Baca juga:

2. Ambil foto beberapa kali

2. Ambil foto beberapa kali
Popmama.com/Novy Agrina

Dengan mengambil foto beberapa kali, ini bisa jadi alternatif pilihan.

"Foto terbaik, seringkali tidak didapat dari satu kali jepretan. Saat sedang foto OOTD, kita perlu mengambil beberapa alternatif."

Sebelum ditayangkan ke instagram kamu juga bisa mencoba melihat, apakah square photo atau potrait yang hasilnya lebih bagus dan enak dilihat. Setelah memerhatikan hal ini, maka kamu bisa memiliki hasil foto yang bagus dan layak tayang di Instagram.

3. Foto dari beberapa perspektif berbeda

3. Foto dari beberapa perspektif berbeda
Instagram.com/therealdisastr

Cobalah mengambil foto dari beberapa perspektif berbeda. Foto tidak harus diambil dari depan dengan sudut padang lurus saja yang menampilkan ujung kepala hingga ke kaki.

"Kita bisa meng-explore berbagai perspektif, seperti mengambil foto dari samping kemudian menonjolkan salah satu benda yang sedang kita pakai."

Kamu bisa fokuskan pada item fashion, properti atau alat makan, atau sesuatu lainnya yang menarik dan ada di dekat kamu.

Kalau sudah menjalankan tips di atas, sebaiknya coba secara konsisten. Ini seperti latihan lho, lama-lama nantinya hasil foto kamu bisa jadi makin bagus.

Itulah cara membuat foto keren pakai hp yang bisa kamu coba. Nah, 3 tips penting tersebut bertujuan agar hasil foto kamu dan keluarga bisa terlihat lebih bagus dan layak tayang di Instagram. Kalau fotonya bagus, pasti kamu bisa dapat likes dari follower kamu lebih banyak!

Baca juga: