Cara Merawat Kesehatan Kulit Menurut Ahli, Bisa Mencegah Penuaan lho!

Lakukan ini secara rutin, bisa jadi cara terbaik untuk mencegah penuaan kulit Mama pastinya

8 Desember 2019

Cara Merawat Kesehatan Kulit Menurut Ahli, Bisa Mencegah Penuaan
Unsplash/Noah Buscher

Siapa yang ingin memiliki kulit yang tidak sehat, tua, dan tampil dengan banyak kerutan? Sebagai perempuan, pastinya Mama tidak ingin seperti itu kan.

Untuk menghindari penuaan kamu perlu melakukan beberapa upaya nih Ma.

Simak tips sederhana berikut ini dari beberapa ahli perawatan kulit ternama Hollywood untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan awet muda dalam waktu singkat:

1. Lindungi kulit Kamu dari sinar matahari

1. Lindungi kulit Kamu dari sinar matahari
Pixabay/t-studiophotography

"Sunblock membuat dampak terbesar pada kulit kamu," kata dokter kulit Beverly Hills, Dr. Ava Shamban. Pemaparan sinar UVA menyebabkan photoaging jika terjadi secara reguler setiap hari.

Seringnya paparan sinar matahari menyumbang 80 persen dari penuaan kulit, dinyatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cosmetic And Investigational Dermatology.

Kerusakan yang diinduksi sinar UVA meliputi segala sesuatu mulai dari kerutan dini dan pigmentasi hingga bintik-bintik penuaan dan kulit yang kendor. Selalu gunakan sunblock (dengan SPF 15 atau lebih besar) atau pelembab yang memiliki SPF dalam formula sebelum melangkah keluar.

Juga, jangan lupa untuk menerapkannya kembali sepanjang hari agar tetap terlindungi.

2. Gunakan produk skincare yang tepat

2. Gunakan produk skincare tepat
Unsplash/Devin Avery

"Ketika datang ke toko produk perawatan kulit, carilah bahan-bahan dari produk yang mengandung retinol dan anti-oksidan seperti vitamin C, niacinamide, ekstrak teh hijau, asam alfa hidroksi dan peptida," kata Dr. Shamban yang juga pakar di ABC Extreme Makeover.

Retinoid adalah turunan vitamin A yang secara efektif dapat menyumbat pori-pori, meningkatkan produksi kolagen dan menghaluskan garis-garis halus.

Sementara itu, antioksidan seperti teh hijau dan biji anggur melindungi kulit dari merusak radikal bebas dan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Jika kamu berada di usia 30-an, "Carilah bahan-bahan yang berfungsi untuk merangsang kolagen serta mengencangkan dan mengangkat kulit," kata ahli perawatan kulit Beverly Hills, Sonya Dakar.

"Seorang perempuan berusia 30-an harus menggunakan vitamin A pada malam hari dan vitamin C pada siang hari. Asam hyaluronic adalah bahan utama lain yang harus kamu cari dalam kosmetik untuk membantu dengan hidrasi," kata Joanna Czech, seorang selebriti kulit muka.

3. Pakai krim mata atau serum mata yang baik

3. Pakai krim mata atau serum mata baik
Popmama.com/Istimewa

"Mata dan bibir adalah satu-satunya area di wajah kita yang tidak mengandung kelenjar minyak. Oleh karena itu, mereka adalah area pertama yang menunjukkan garis halus dan kerutan," kata Dakar.

"Apakah kamu 20 atau 65 tahun, kamu membutuhkan krim mata, sebagai tindakan pencegahan, dan untuk membantu mengurangi munculnya penuaan," tambah ahli di balik cahaya cantik Gwyneth Paltrow dan Drew Barrymore.

Dakar juga merekomendasikan penggunaan minyak wajah seperti Organic Omega Booster.

"Minyak wajah yang baik seperti makanan untuk kulit kamu. Tubuh kita tidak menghasilkan asam lemak Omega 3, 6 dan 9, dan sangat penting bahwa kita mengambilnya secara internal serta menerapkannya secara topikal," ia menjelaskan.

Bagi mereka yang ingin memperbaiki tekstur kulit dan mengencangkan pori-pori, facialist selebriti menyarankan untuk menggunakan produk seperti Retinu dan Omega Polish dan Activator Duo.

Editors' Picks

4. Lakukan perawatan kecantikan malam hari

4. Lakukan perawatan kecantikan malam hari
Unsplash/Mitchell Orr

Ingin bangun dengan kulit yang cerah dan muda kan Ma?

Jadi diingat ya, "Jangan pernah melewatkan rutinitas malam kamu," kata Joanna Czech.

Sangat penting karena "kulit kamu 60 persen lebih kuat untuk menyerap nutrisi di malam hari saat kamu beristirahat dibandingkan pada siang hari," kata pakar kecantikan yang kliennya termasuk selebriti Hollywood seperti Anna Wintour, Uma Thurman dan Kate Winslet.

5. Mulai dengan pembersih wajah yang ramah pada kesehatan kulit

5. Mulai pembersih wajah ramah kesehatan kulit
Unsplash/Noah Buscher

Setelah seharian menggunakan makeup, inilah saatnya kamu membersihkan wajah agar bisa mencegah penuaan pada kulitmu dengan cara yang benar.

"Saya lebih suka pembersih wajah mengandung minyak atau berupa krim karena mereka tidak mengupas kulit dari kelembaban," katanya.

Selanjutnya, "gunakan toner penyeimbang pH untuk menjaga kulit Kamu mendekati pH 5,5. Ini akan memungkinkan produk lain menembus dan bekerja paling baik," jelasnya.

Setelah menerapkan toner, gunakan serum yang menargetkan kondisi kulit spesifik kamu seperti pigmentasi, garis-garis halus.

Jangan lakukan sesekali tapi lakukanlah ini setiap hari khususnya setelah menggunakan makeup.

6. Amankan kelembaban kulit dengan krim mata, pelembab dan perawatan bibir

6. Amankan kelembaban kulit krim mata, pelembab perawatan bibir
Unsplash/Allef Vinicius

"Jika kamu memiliki rutinitas malam yang stabil, kamu hanya perlu membilas wajah dengan air dan mengeringkan dengan lap untuk membersihkan," kata Ceko.

Selanjutnya, gunakan toner atau Rose mist untuk keseimbangan dan hidrasi. Tindak lanjuti dengan krim mata, pelembab SPF dan lip balm.

Saat menerapkan produk, jangan lupakan leher, dada, dan tangan kamu - yang semuanya menunjukkan penuaan lebih cepat di wajah.

"Ini karena penghalang lipidik lebih tipis di daerah-daerah itu daripada di wajah," jelas Ceko.

7. Bersihkan riasanmu sampai benar-benar bersih

7. Bersihkan riasanmu sampai benar-benar bersih
alghad.com

"Tip saya yang tidak bisa dinegosiasikan adalah jangan pernah tidur tanpa mencuci muka," kata Sonya Dakar. Secara teratur memukul tempat tidur dengan riasan kamu dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan penuaan dini pada kulit.

"Sesedih apa pun Kamu membersihkan PM yang tepat adalah penting untuk menghapus riasan, kotoran, dan segala sesuatu yang ada di kulit kamu," tambahnya.

"Ini tidak hanya akan berfungsi mencegah jerawat, komedo, dan pori-pori yang tersumbat yang tidak perlu, tetapi juga memungkinkan produk Kamu bekerja lebih baik," ia menjelaskan.

Jika kamu terlalu lelah untuk mencuci muka, gunakan pembersih wajah tanpa bilas atau tisu pembersih wajah.

8. Perhatikan apa yang kamu makan

8. Perhatikan apa kamu makan
hayatouki.com

"Apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh kamu akan muncul di kulit kamu," kata Joanna Czech.

Pastikan bahwa diet kamu menggabungkan makanan yang kaya vitamin, lemak sehat, serat, dan antioksidan.

Salmon, biji rami dan kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 yang menjaga kulit terhidrasi dan lentur. Sementara itu, makanan kaya antioksidan seperti buah beri, paprika dan cokelat hitam mengatasi radikal bebas.

Itulah 8 tips menjaga kesehatan kulit yang perlu Mama perhatikan untuk mencegah penuaan pada kulit Mama. Nggak sulit kan Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.