10 Dialog It's Ok to Not Be Okay yang Ngena ke Hati dan Menginspirasi

Sarat nilai kehidupan dan dekat dengan isu mental health. Bisa buat caption media sosial juga!

1 Agustus 2020

10 Dialog It's Ok to Not Be Okay Ngena ke Hati Menginspirasi
Instagram.com/tvndrama.official

Drama Korea "It's Ok to Not Be Okay" adalah drama yang tayang tahun 2020 dan dibintangi oleh Kim Soo Hyun sebagai Moon Gang Tae serta Seo Ye Ji sebagai Ko Moon Young.

Drama ini berkisah tentang dua orang yang akhirnya sama-sama menyembuhkan luka emosional dan psikologis masing-masing. KDrama "It's Ok to Not Be Okay" bisa disaksikan di tvN dan layanan streaming video Netflix.

Selama drama ini berjalan, ada beberapa dialog yang diucapkan setiap karakter yang ada terasa jleb di hati dan dekat dengan kehidupan. Banyak yang mengatakan drama ini bisa sarat dengan isu kesehatan mental. Sehingga semua orang bisa merasakan kesedihan, kemarahan dan berbagai emosi lain ketika menonton drama ini.

Berikut Popmama.com rangkum 10 dialog dalam drama "It's Ok to Not Be Okay" yang ngena banget ke hati dan bisa jadi inspirasi.

1. Jangan lari dari masalah dan cobaan hidup

1. Jangan lari dari masalah cobaan hidup
Kdramapal.com

Dalam episode ke-1 KDrama "It's Ok to Not Be Okay" terdapat dialog yang diucapkan Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji di bagian akhir. Dialog itu memiliki makna bahwa sebagai manusia kita tidak boleh lari dari masalah. Karena masalah yang akan membuat jiwa kita terlatih menjadi dewasa.

“Jangan lupakan itu semua (masalah). Ingatlah dan hadapi. Jika tak dihadapi kau hanya selalu menjadi anak kecil dengan jiwa yang tak bertumbuh”

2. Pengalaman hidup membentuk kita menjadi pribadi kuat

2. Pengalaman hidup membentuk kita menjadi pribadi kuat
Instagram.com/tvndrama.official

Perjalanan hidup kadang tidak mudah, ada kalanya jatuh tersungkur hingga tak bisa berdiri. Ada kalanya melayang seakan terbang di udara.

Jalan hidup pun susah ditebak, apa yang direncanakan dan harapkan tak mudah terjadi. Ko Moon Young adalah penulis terkenal yang tumbuh dengan kenangan menyakitkan soal keluarganya. Ia tak punya orang untuk bersandar sejak kecil.

“Orang yang tumbuh dengan kenangan yang menyakitkan akan menjadi lebih kuat dan bersemangat hingga mudah menyesuaikan”

3. Kehangatan seorang Mama adalah obat terbaik bagi anak

3. Kehangatan seorang Mama adalah obat terbaik bagi anak
Instagram.com/tvndrama.official

Kehadiran seorang Mama bagi anaknya tentu sangat berarti. Namun, tidak hanya hadir secara fisik tapi juga memberikan kehangatan yang berarti bagi si Kecil. Moon Gang Tae dan Ko Moon Young sama-sama tumbuh dengan luka emosional dari Mama mereka.

“Setiap anak butuh kehangatan dari seorang Ibu. Jangan hanya sibuk memberikannya makan”

4. Jangan selalu mendongak untuk membandingkan diri dengan seseorang

4. Jangan selalu mendongak membandingkan diri seseorang
Instagram.com/tvndrama.official

Sebagai manusia, kadang kita iri dengan pencapaian orang lain. Hal ini justru yang membuat kita selalu membandingkan seseorang yang di atas kita. Padahal ketika selalu melihat ke atas, kadang kita lupa bahwa kita sedang terluka.

Jangan melihat bintang di langit yang indah. Lihatlah kaki yang tersangkut di selokan

Editors' Picks

5. Jangan lupa berterima kasih kepada diri sendiri

5. Jangan lupa berterima kasih kepada diri sendiri
Instagram.com/tvndrama.official

Bekerja, belajar dan berusaha menyelesaikan masalah setiap hari membuat kita sebagai manusia pasti lelah. Tentunya hal ini wajar terjadi, karena kita dibekali dengan emosi dan perasaan. Jangan mengingkari jika sedang sedih, wajar kok. Selain karakter Moon Young dan Gang Tae, ada satu karakter lain yang kerap melempar kata-kata mutiara di drama ini yaitu Direktur RS Jika Ok, Oh Ji Wang.

“Ingat, akan ada waktu dalam hidup kita di mana kita juga harus menghargai diri kita sendiri untuk beristirahat. Jangan melelahkan diri mendorong sampai batas kemampuan kamu. Pelajari proses kapan kamu harus berhenti dan melanjutkan hidup

6. Ketika mencintai seseorang harus melihat keadaan kita

6. Ketika mencintai seseorang harus melihat keadaan kita
Instagram.com/tvndrama.official

Ketika sedang mabuk cinta, membuat logika kadang tidak sejalan. Ingin rasanya memberikan segala hal di dunia ini. Namun, ketika orang yang justru kita mencintai malah memberikan dampak buruk, mungkin sudah saatnya mengakhiri kisah cinta kepadanya.

“Jika kamu mencintai seseorang, kejarlah sampai sampai ujung dunia. Tapi ada saatnya kamu harus berhenti, jika kamu sadar ujung dunia itu adalah jurang”

7. Masalah bisa membuat putus asa, jangan menyerah di tengah jalan

7. Masalah bisa membuat putus asa, jangan menyerah tengah jalan
Instagram.com/tvndrama.official

Meski Ko Moon Young terlihat kuat dan mandiri di luarnya, sebenarnya ia memiliki jiwa yang rapuh. Ia berusaha menyembunyikan hal itu dibalik penampilannya. Meski begitu Moon Young adalah orang yang bisa membantu Gang Tae menyembuhkan luka psikologisnya. Kata-kata Penulis Ko yang satu ini ngena banget.

“Bukannya tidak bisa, kamu hanya belum berani mengangkat beban itu dari bahumu”

8. Jangan mengomentari hidup orang lain seolah paling tahu segalanya

8. Jangan mengomentari hidup orang lain seolah paling tahu segalanya
Instagram.com/tvndrama.official

Dengan perkembangan media sosial, setiap orang menjadi bebas mengomentari dan membicarakan hidup orang lain dengan sangat terbuka. Namun, kadang hal ini jadi kelewatan. Padahal ketika orang lain mengambil keputusan yang tampaknya kontroversi, kita tidak benar-benar tahu mengapa ia mengambil keputusan tersebut.

“Kamu tidak selalu tahu masalah orang lain, jangan sok menceramahi seolah kamu tahu segalanya”

9. Tubuh tidak akan berbohong ketika hatimu sakit

9. Tubuh tidak akan berbohong ketika hatimu sakit
Instagram.com/tvndrama.official

Reaksi setiap orang ketika mengalami masalah berbeda-beda. Namun, ketika sedih dan membutuhkan orang lain, tangisan adalah salah satu bentuk ekspresi yang tidak bisa dihindari. Jangan menyangkal hal ini ketika sedih. Bahkan Moon Sang Tae, kakak Gang Tae yang memiliki autisme saja mengingatkan jika sedih dan punya luka emosional, sebaiknya mencari bantuan.

“Tubuh tak bisa berbohong. Saat terluka, tubuh akan menangis. Namun, hati bisa berbohong. Saat hati terluka, hati mampu terdiam”

10. Tak ada yang salah menjadi berbeda

10. Tak ada salah menjadi berbeda
Instagram.com/tvndrama.official

Menjadi berbeda membuat seseorang kadang dianggap aneh atau dianggap tidak bisa fit ke dalam suatu hal. Padahal menjadi berbeda bisa menjadi hal yang unik. Menurut aktor ganteng Kim Soo Hyun yang memerankan Gang Tae, tidak apa-apa menjadi berbeda kok.

“Tidak apa-apa menjadi berbeda”

Itulah tadi dialog dari KDrama tahun 2020 "It's Ok to Not Be Okay" yang ngena banget di hati. Drama yang mengangkat mental health issue ini sangat menyita perhatian di banyak negara lho. Mama jadi salah satu yang menggemari "It's Ok to Not Be Okay" nggak nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.