Eksklusif: Soal Pendidikan Anak, Duma Riris Sudah Siapkan Dana Kuliah Sejak Mereka Kecil

Hal ini dilakukan Duma Riris sebagai usaha agar anaknya tetap bisa mendapatkan pendidikan terbaik terlepas dari kondisi keuangannya nanti

14 Desember 2020

Eksklusif Soal Pendidikan Anak, Duma Riris Sudah Siapkan Dana Kuliah Sejak Mereka Kecil
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Salah satu yang cukup rumit untuk dibahas adalah menyiapkan dana pendidikan anak ketika ia dewasa. Banyak orangtua yang kerap menunda-nunda untuk hal ini karena merasa pendapatannya akan aman-aman saja. Namun, Duma Riris Silalahi tidak ingin seperti itu.

Lewat wawancara khusus dengan Popmama.com, Duma menceritakan bahwa untuk anaknya kuliah nanti ia sudah mulai menyiapkannya dari sekarang. Untuk anak pertamanya, Cleo (6) ia sudah menyediakan dana untuk anaknya kuliah nanti.

“Cleo sudah ada (tabungan) sampai nanti dia 17 tahun, jadi sudah ada uang untuk kuliah. Setiap anak memang rejekinya berbeda dan kita tidak tahu, mungkin umur belasan nanti dia sudah bisa punya penghasilan. Saya seperti ini karena berpikir tidak ingin enaknya dulu. Saya juga berpikir soal penghasilan Papanya, sampai kapan bisa nyanyi, karena memang pekerjaan (tidak ada yang tahu),” jelas Duma.

Bagaimana cara Duma menyiapkan investasi untuk pendidikan anak di masa depan? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

Editors' Picks

1. Menyiapkan tabungan pendidikan sampai selesai kuliah

1. Menyiapkan tabungan pendidikan sampai selesai kuliah
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Memiliki karir di dunia hiburan layaknya dua sisi uang koin. Satu sisi bisa mendapatkan banyak penghasilan dalam satu waktu, tapi juga bisa kehilangannya dalam sekejap. Ketidak menentuan itu membuat Duma berpikir bahwa ia tidak tak bisa menunda untuk tidak menyiapkan dana pendidikan dengan segera.

“Untuk penghasilan yang masuk itu kan tidak tetap. Jadi pasti ada waktunya naik-turun, di label juga seperti itu,” tutur Duma.

Meski Judika masih ingin terus bernyanyi sampai umur 70 tahu, tak ada yang tahu jalan hidup ke depan sebelum anaknya bahkan bisa kuliah. Dari pada berharap pada angan-angan, Duma lebih mau mengusahakan dari sekarang agar pendidikan anaknya aman.

“Misalnya karir kita sampai 10 tahun lagi (karirnya) selesai, kita juga berpikir untuk beralih ke bisnis lain. Setidaknya, Cleo sudah punya dana untuk dia yang bukan hanya selesai sampai sekolah, tapi juga kuliah,” jelas Duma.

Duma menyebut saat ini untuk anaknya, Cleo sudah memiliki 2-3 tabungan pendidikan. Sementara anaknya Judeo (4) baru memiliki 1 tabungan pendidikan.

“Pendapatan kita belum tentu aman dan tetap sampai tua. Jadi harus investasi dari sekarang, supaya dia kalau kuliah pun sudah aman,” pungkas Duma.

2. Membuka bisnis lain dan berinvestasi untuk pendapatan tambahan

2. Membuka bisnis lain berinvestasi pendapatan tambahan
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Karena pemikiran jangka panjang Duma itu, ia dan sang Suami, Judika sudah menyiapkan berbagai bisnis sebagai penghasilan tambahan saat ini. Ia dan Judika sudah mengira-ngira kapan kemungkinan berada di usia yang tidak produktif untuk mendapat penghasilan dari dunia hiburan.

“Kita juga punya rencana untuk buat usaha, ataukah mungkin kita beralih jadi produser setelah jadi penyanyi, seperti sekarang sih kita sudah mulai bergerak di label sama manajemen artis. Itu persiapan jangka panjang nanti,” jelas Duma.

Selain memulai bisnis, Duma dan Judika juga menyiapkan berbagai investasi untuk jangka panjang. Duma lebih suka berinvestasi di properti dan tanah.

“Terus saya juga suka investasi untuk jangka panjang, saat ini saya pilih beli tanah, beli rumah,” jelas Duma.

3. Biaya pendidikan yang mahal jadi faktor kekhawatiran Duma

3. Biaya pendidikan mahal jadi faktor kekhawatiran Duma
Popmama.com/Michael Andrew
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi Duma dan Judika sudah menyiapkan dana pendidikan anak hingga kuliah dari sekarang. Selain karena tidak menentunya penghasilan, faktor lainnya adalah karena biaya pendidikan yang dari tahun ke tahun semakin mahal.

“Akhirnya saya berdiskusi dengan Judika. Meski awalnya agak berbeda pemikiran, tapi untungnya kita bisa saling komunikasi, dan akhirnya dia percaya. Karena untuk biaya pendidikan ke depan kan juga semakin mahal, kita pos-posnya untuk dia sekolah, memang harus ada,” jelas Duma.

Memang diakui Duma jika setiap bulan ia dan Judika harus mengeluarkan nominal yang tak sedikit. Namun, mengingat hasilnya akan sepadan nantinya Duma merasa dimulai sedini mungkin adalah hal yang tepat.

Perempuan yang tak terlalu suka belanja ini menuturkan kalau ia lebih baik memilih mementingkan memenuhi investasi dan dana pendidikan anak ketimbang membeli hal-hal yang sifatnya mewah.

“Saya pikir tabungan pendidikan ini perlu sekali. Jadi kadang kita istilahnya bukan tidak mau ganti mobil tiap tahun, atau ada yang lagi tren tapi kita memilih tidak ikuti, atau beli tas sampai ratusan juta. Saya tidak memilih untuk itu, jadi lebih baik (dana pendidikan) aman sampai 17 tahun, walaupun gede sekarang, tapi aman nanti,” jelas Duma.

Itulah tadi cerita Duma Riris Silalahi soal menyiapkan dana pendidikan anak hingga kuliah nanti. Meski kini kedua anaknya masih 6 dan 4 tahun, ternyata Duma sudah menyiapkan jangka panjang untuk keamanan dana pendidikan mereka ya. Patut ditiru nih, Ma!

#MillennialMama of the Month Edisi Desember 2020 – Duma Riris

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany, Putri Syifa Nurfadilah
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Irma Erdiyanti
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Moch Reza Fahmi
Art Designer – Aristika Medinasari
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
Duma's wardrobe - Jolie Clothing & Cottonink
Duma's Earing and necklace set (look 1) - La Komple
Duma's Earing (look 2 & 3) - Serayu  
Cleo and Judeo's wardrobe - Gingersnap & Cottonink Mini

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Duma Riris
Millennial Mama

Duma Riris

"Rehat sejenak mengembalikan kekuatanku untuk memberikan yang terbaik"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.