IDN Media Ajak Donasi 1000 Buku untuk 'Saung Baca IDN Foundation'

Mama bisa menyumbangkan berbagai buku layak guna pada program donasi 1000 buku lho!

20 Oktober 2020

IDN Media Ajak Donasi 1000 Buku 'Saung Baca IDN Foundation'
Dok. IDN Media

Sektor pendidikan sangat terdampak pandemi Covid-19, oleh karenanya IDN Media melalui IDN Foundation mendirikan sebuah saung baca untuk anak-anak di bawah naungan komunitas Sanggar Belajar Orang Pinggiran (SBOP). Lokasi dari saung baca ini ada di daerah Kampung Sepatan, Cilincing, Jakarta Utara.

Saung baca ini diharapkan menjadi alternatif lain bagi masyarakat kelompok kecil yang kesulitan mengakses pembelajaran daring.

Kendati dilakukan secara luring, kegiatan di Saung Baca IDN Foundation ini tentu juga dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, agar anak-anak di Kampung Sepatan dapat menjalani aktivitasnya dengan aman dan semangat.

“Sektor pendidikan yang juga terdampak selama pademik Covid-19, menjadi salah satu perhatian utama IDN Foundation. Di masa yang serba tak menentu, kami meyakini bahwa pendidikan adalah satu hal yang harus dilakukan secara berkelanjutan,” ujar Head of Communications IDN Media, Zefanya Deby.

Bagaimana informasi lengkap tentang saung baca dari IDN Foundation ini? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

Editors' Picks

1. Diberi nama ‘Saung Baca IDN FOundation’

1. Diberi nama ‘Saung Baca IDN FOundation’
Pexels.com

Kepedulian IDN Media melalui IDN Foundation yang mengantarkan untuk mendirikan saung baca ini. Berhasil bekerja sama dengan sejumlah pihak dan bantuan dari sumbangan masyarakat luas, saung baca ini diharapkan menjadi alternatif pembelajaran untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.

“Melalui pembangunan saung baca dan program donasi 1000 buku, kami berharap proses pendidikan dapat terus berjalan, terutama bagi masyarakat yang masih mendapati pembelajaran daring sebagai tantangan,” lanjut Zefanya.

2. Berkolaborasi dengan Indorelawan dan komunitas SBOP

2. Berkolaborasi Indorelawan komunitas SBOP
Pexels.com

Diketahui ternyata IDN Foundation berkolaborasi dengan Indorelawan dalam pembuatan ‘Saung Baca IDN Foundation’. Saung baca ini diharapkan dapat menjadi tempat belajar literasi bagi anak-anak di Kampung Sepatan agar dapat tetap produktif di tengah pandemik.

Sementara itu, Kegiatan belajar akan dipandu oleh komunitas SBOP, sebuah perkumpulan para relawan dan masyarakat yang memiliki niat baik untuk menjadikannya sebagai aksi nyata.

3. Lewat program donasi 1000 buku, ajak masyarakat berpartisipasi

3. Lewat program donasi 1000 buku, ajak masyarakat berpartisipasi
Pexels/Lina Kivaka

Dengan dibangunnya Saung Baca IDN Foundation, program donasi 1000 buku akan dilaksanakan secara paralel. Untuk itu, IDN Foundation mengajak masyarakat, khususnya generasi Millennial dan Z untuk turut serta mendonasikan buku-buku layak baca dengan kriteria buku seperti buku novel sastra, buku pengembangan diri, ensiklopedia bergambar, buku pelajaran, buku latihan soal, buku cerita bergambar dan kamus, atau yang lainnya.

Jika ingin berdonasi, maka bisa mengirimkan buku-buku tersebut ke alamat VOLUNTEER HUB JAKARTA, Jalan Panglima Polim V Nomor 60, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dengan kontak 08119777140.

Itulah tadi informasi seputar Saung Baca IDN Foundation ya, Ma. Wah, bagi Mama yang memiliki buku-buku bekas di rumah bisa nih ikut menyumbangkan untuk membantu anak-anak di sana!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.