Eksklusif: Rahasia Diet Sehat Pasca Melahirkan a la Irish Bella, Pelan Tapi Pasti!

Pola makan ternyata berperan penting untuk 60% penurunan berat badan sehat Irish, lho

12 Januari 2022

Eksklusif Rahasia Diet Sehat Pasca Melahirkan a la Irish Bella, Pelan Tapi Pasti
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Pengalaman diet Irish Bella yang turun puluhan kilo pasca melahirkan mencuri perhatian banyak orang. Bukan tanpa sebab, kenaikan berat badan selama hamil menjadi masalah bagi banyak orang setelah melahirkan sang Bayi.

Seperti kebanyakan ibu hamil, Irish Bella mengalami kenaikan berat badan saat hamil. Dalam salah satu wawancara ia mengungkapkan kalau kenaikan berat badannya mencapai 20 kg saat usia kehamilannya  6 bulan.

Irish Bella melahirkan bayinya berjenis kelamin laki-laki yang diberi nama Air Rumi Akbar 1453 pada 18 September 2020. Tak lama setelah melahirkan, Irish berolahraga dan melakukan diet untuk menurunkan berat badannya.

Rupanya ada rahasia dibalik diet Irish Bella pasca melahirkan. Millennial Mama of the Month edisi Januari 2022 ini mengungkapkan kalau pola makan sangat berperan penting dalam penurunan berat badannya yang drastis, tapi masih sehat.

"Pola makan itu penting," tutur Irish Bella saat diwawancara dengan Popmama.com.

Ingin tahu rahasia diet sehat Irish Bella pasca melahirkan? Berikut Popmama.com rangkum cerita selengkapnya.

1. Menjaga pola makan jadi kunci penurunan berat badan sehat pasca melahirkan

1. Menjaga pola makan jadi kunci penurunan berat badan sehat pasca melahirkan
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Beragam tips diet mungkin banyak di luar sana dan bisa diikuti oleh semua orang. Namun, untuk tetap diet sehat Irish Bella memilih untuk datang dan berkonsultasi ke dokter gizi.

"Saya datang ke dokter gizi dan yang paling berpengaruh ke pola diet adalah 60% dari makanan. Sisanya dari olahraga. Jadi benar yang paling penting harus diubah itu adalah pola makannya," tutur Irish. 

Bagi Irish, olahraga mendukung pola dietnya lebih baik. Namun, ketika pola makan tidak diperbaiki maka hal itu seolah percuma.

"Kalau pola makannya masih berantakan tidak akan turun banyak atau mungkin turun tapi naik lagi jadi kayak diet yoyo," pungkasnya.

Editors' Picks

2. Irish Bella menerapkan diet dengan defisit kalori sesuai saran dokter

2. Irish Bella menerapkan diet defisit kalori sesuai saran dokter
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Berkonsultasi ke dokter gizi penting untuk memantau program diet sehat Irish Bella. Ia mengaku menjalankan saran diet dengan defisit kalori. 

"Perlu diingat setiap manusia memiliki kebutuhan kalori yang berbeda sesuai dengan berat badan dan tinggi badan, setiap hari itu berapa ribu kalori. Nah, dari yang biasanya itu diturunkan. Nanti diatur karbohidrat berapa, protein berapa, vitamin berapa dan sebagainya. Ketika menerapkan itu makanya bisa turun drastis," ucap Irish. 

Dengan saran itu ditambah olahraga dan pola hidup sehat lainnya, penurunan berat badan Irish makin maksimal. Ia juga mengaku tidak memakan makanan yang digoreng, tidak makan nasi dan gula. 

"Makannya hanya ayam dan ikan tanpa kulit, tidak makan nasi dan gula juga," tuturnya.

3. Citra tubuh positif bagi ibu melahirkan menurut Irish Bella

3. Citra tubuh positif bagi ibu melahirkan menurut Irish Bella
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada ibu melahirkan kadang membuatnya tidak percaya diri. Hal ini rupanya pernah dialami oleh Irish Bella.

Saat mengandung anak pertamanya dulu dan melahirkan di usia 7 bulan, Irish sempat stres berat. Banyak yang menggunjingnya karena kenaikan berat badan dan perubahan fisiknya.

"Dulu saya tidak percaya diri dengan tubuh waktu hamil kembar dan melahirkan di 7 bulan, karena naiknya luar biasa. Postur tubuh dan fisik juga berubah. Ada strecth mark, kulit gelap, tektur kulit jelek, yang membuat saya terpuruk sekali adalah perubahan tubuh yang drastis itu ditambah kehilangan anak. Itu bikin stres sekali," cerita Irish.

Namun, setelah berjalannya waktu Irish berusaha untuk mengubah ketidaknyamanan yang ia rasakan. Ia berusaha lebih positif dalam memandang takdir yang terjadi dalam hidupnya.

"Itu bisa saja anggapan yang saya buat sendiri, padahal terlihat (fisik) biasa saja di orang sekitar. Jadi saat itu saya lebih belajar menerima dan nyaman dengan perubahan tubuh," pungkasnya.

4. Pesan Irish Bella untuk ibu melahirkan yang kadang tidak percaya diri dengan tubuhnya

4. Pesan Irish Bella ibu melahirkan kadang tidak percaya diri tubuhnya
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Problematika kenaikan berat badan bagi ibu melahirkan menjadi masalah tersendiri. Karena hal ini, bisa memicu stres. Bahkan cibiran orang sekitar bisa membuat seorang mama tidak fokus mengurus anak yang baru lahir.

Oleh karenanya, Irish Bella menyemangati dan mendukung ibu melahirkan yang pernah punya masalah atau sedang menghadapi body shamming ini.

"Hal yang penting bagi semua Mama, berusaha tidak mendengarkan komenan negatif sekalipun susah ya. Tapi saya belajar memblokir semua komentar negatif dan lebih fokus untuk bersyukur dan nyaman kepada diri sendiri," tutur Irish.

Sempat mengalami keguguran tapi tubuhnya tetep seperti ibu melahirkan sempat menjadi titik terendah Irish Bella. Namun, dari hal itu ia belajar banyak soal rasa syukur di tengah keterpurukan.

"Sempat keguguran dan berubah bentuk tubuhnya, tapi tidak punya anak. Di saat itu, saya justru banyak belajar soal bersyukur, lebih bijak menghadapi hal-hal yang datang ke depannya," ucap Irish.

Wah, cerita diet Irish Bella pasca melahirkan ini tak hanya soal nyaman dengan bentuk tubuh. Namun, juga bersyukur dengan kelahiran sang Anak dari rahim kita.

Oleh karenanya yang terpenting dalam diet pasca melahirkan adalah tidak buru-buru dan menghalalkan segala cara untuk cepat kurus. Kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh karena penting juga untuk nutrisi mengASIhi si Kecil. 

Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2022: Irish Bella

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah 
Social Media - Irma Ediarti
Design - Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Jihan Zahira
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Makeup Artist - Claudya Christiani Purba
Hijab do - Dini Azzahra
Irish Bella's Wardrobe - A Pretty Paper Tale by Girah Ababyl & pretty witchy! by Yunia Chairat
Air Rumi Akbar 1453's Wardobe  - Mothercare
Irish Bella's Sandal - Sneakon

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Irish Bella
Millennial Mama

Irish Bella

"Key point untuk kita menjalani tahun baru 2022 adalah berpikiran positif, berani, dan selalu bersyukur"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk