Eksklusif: Hobi Diving, Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck Ingin Ajarkan Bjorka setelah Cukup Umur

Hobi diving, Ringgo dan Sabai ingin mengajak keluarganya bisa melihat keindahan laut bersama kelak

8 Februari 2021

Eksklusif Hobi Diving, Ringgo Agus Rahman Sabai Morscheck Ingin Ajarkan Bjorka setelah Cukup Umur
Instagram.com/ringgoagus

Setiap manusia memiliki kesenangan akan barang atau sesuatu hal, hal tersebut bisa disebut sebagai hobi. Kegiatan rekreasi yang dilaksanakan pada waktu luang itu biasanya dilakukan untuk menenangkan pikiran seseorang.

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck menceritakan perbedaan soal hobi mereka sebelum menikah hingga sudah punya dua anak. Diakui pasangan ini jika hanya ada satu hobi mereka yang bisa berjalan hingga kini berumah tangga, yaitu fotografi.

"Hobi yang masih bisa dijalani berbarengan sebelum dan setelah nikah adalah motret. Kita bukan fotografer ya, suka aja," tuturnya saat wawancara eksklusif dengan Popmama.com.

Diakui Ringgo dan Sabai jika memang hasilnya kadang tidak bagus. Namun, mereka menganggap itu adalah hobi yang membuat pasangan ini menyatu. Bahkan karena hobi ini, Millennial Family of The Month Februari 2021 ini selalu membawa kamera kemana-mana lho. 

Kira-kira bagaimana ya Ringgo Agus dan Sabai menyesuaikan hobi masing-masing? Ringgo sempat menyebut ingin mengajarkan Bjorka diving saat anaknya itu sudah cukup umur. 

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya mengenai cerita keluarga Ringgo dan Sabai!

1. Sebelum punya anak, Ringgo sangat hobi riding dan diving

1. Sebelum pu anak, Ringgo sangat hobi riding diving
Instagram.com/ringgoagus

Sebelum menikah, Ringgo mengaku jika ia memiliki berbagai macam hobi salah satunya adalah riding. Namun, ketika berkeluarga dan punya anak, hobi itu bukan lagi jadi prioritasnya. Ringgo mengaku, waktu bersama keluarga saat ini adalah hal yang terbaik selama ia hidup.

Meski hobinya berubah, Ringgo tak menyayangkan hal itu. Sebab, ia menemukan berbagai keasyikan baru terutama hobi ketika sudah memiliki anak. Salah satunya adalah dengan fotografi. 

"Kalau hobi berubah jelas. Dulu saya suka motoran, sekarang jarang banget, dulu juga bisa diving bareng (Sabai)," jelas Ringgo kepada Popmama.com.

Editors' Picks

2. Sabai Morscheck suka diving sebelum ia menikah

2. Sabai Morscheck suka diving sebelum ia menikah
Dok. Pribadi Ringgo Agus dan Sabai Morscheck

Begitu pun istri Ringgo, Sabai Morscheck ada beberapa hobinya yang berubah. Dulu ia gemar diving sebelum menikah. Perempuan yang menghabiskan masa kecilnya di Bali ini menyebut terakhir kali ia melakukan diving adalah sebelum resmi menjadi istri Ringgo Agus Rahman.

Meski begitu, ia pun tak menyesali atau menyayangkan hal itu. Sebelum keduanya menikah, Sabai yang hobi diving pun ikut mengenalkan kegiatan yang ia gemari ini kepada Ringgo. 

"Saya semenjak nikah belum diving lagi sampai sekarang," tutur Sabai. 

Ringgo menjelaskan soal hobi divingnya bersama sang Istri, ia ingin menjelajahi seluruh laut indah di Indonesia. Namun, karena satu dan lain hal mimpi itu belum bisa terwujud. Belum lagi keadaan pandemi saat ini sehingga membuat rencana besar tersebut ditunda dalam waktu yang cukup lama.

Saking bingungnya dan tidak tahu kepastian untuk mereka bisa diving, Sabai sempat berpikir ingin menjual alat-alat divingnya lho. 

"Tadinya, kita mengincar laut yang indah di suatu tempat, kami ingin diving bareng. Sebelum pandemi, paling sering memang di Bali. Tapi sekarang, Diving belum bisa dilakukan, ingin sekali. Sabai kemarin kepikiran, apa jual saja alat-alat diving-nya, untungnya nggak jadi. Kita juga ingin bisa ajak anak-anak kalau sudah besar ke lokasi-lokasi indah di Indonesia," tutur Ringgo.

3. Ringgo dan Sabai cerita awal mula suka hobi fotografi bersama

3. Ringgo Sabai cerita awal mula suka hobi fotografi bersama
Instagram.com/ringgoagus

Meski banyak hobi keduanya yang berubah, tak membuat mereka sedih atau kehilangan semangat.

Saat ini setidaknya ada dua hobi yang bisa dijalani berbarengan dengan kesibukan Ringgo dan Sabai menjadi orangtua sekaligus bekerja di dunia hiburan. 

"Hobi ada banget yang berubah, yang berjalan hanya motret saja, sama main game sih," tutur Ringgo.

Sabai yang sebelum menikah suka diving, berubah hobinya setelah menikah. Berkat Ringgo, dirinya pun menjadi suka fofotgrafi. Ia menceritakan momen pertama kali menyukai fotografi adalah ketika Ringgo memberikannya kamera dan lensa. 

"Semenjak Ringgo belikan saya kamera (mulai hobi motret)," jelas Sabai. 

Karena hadiah dari suaminya itu, Sabai pun jadi ketularan suka motret suaminya. Meskipun menurut Ringgo itu awalanya adalah akal-akalannya, agar ketika pergi ke suatu tempat tidak fokus untuk berbelanja hadiah atau makanan dan lebih baik fokus untuk motret tempat-tempat indah. 

"Ya, jadi hadiah ulang tahunnya saya belikan kamera, sebenarnya ituakal-akalan awalanya. Jadi kalau jalan-jalan yang diincar bukan belanja, incarnya foto-foto, jadi kamera itu investasi supaya pasangan tidak boros," ujarnya sambil bercanda. 

Padahal menurut Sabai, meski tidak boros untuk belanja alat untuk keperluan fotografi seperti lensa dan kameranya tetap saja membuat boros. 

"Padahal boros juga, karena yang doyan belanja itu dia lho (belanja lensa, kamera)," jelas Sabai. 

Meski cukup merogoh kocek, Ringgo dan Sabai tak menyesal membeli seperangkat kamera yang layak untuk memenuhi hobi mereka. Karena ketika mereka berlibur bersama, aset foto dan kenangan ini jadi harga yang tak terkira.

"Jadi kalau ke luar negeri, kita sukanya nyasar-nyasar, jalan-jalan untuk cari spot yang bagus," tutur Ringgo. 

4. Kalau sudah dewasa, Ringgo dan Sabai ingin ajak Bjorka diving

4. Kalau sudah dewasa, Ringgo Sabai ingin ajak Bjorka diving
Instagram.com/ringgoagus

Seperti yang sudah diceritakan, pasangan ini memiliki hobi diving. Meski pun belum bisa melaksanakannya bersama. Ringgo dan Sabai ingin bisa mengenalkan hobi mereka ini ke Bjorka, anaknya, saat ia sudah cukup dewasa.

Pantai, diakui Ringgo jadi salah satu wishlist Bjorka ketika liburan datang. Untungnya, di Jakarta sendiri masih ada tempat atau wilayah dengan pantai yang bagus untuk dinikmati. Ringgo menyebut jika ia dan Sabai sempat mengajak anaknya itu ke Pulau Seribu untuk menikmati pantai. 

"Kita pasti akan mengenalkan ke Byorka (hobi diving). Soalnya pantai juga jadi salah satu destinasi liburan pertamanya bahkan jadi destinasi utama. Bjorka kemarin sudah kita bawa ke Pulau Seribu, dan kita akan kenalkan ke diving meski baru nanti ketika dia SMA. Karena menunggu ukuran paru-parunya kuat. Mungkin kalau SD atau SMP bisa, tapi kedalamannya juga terbatas," tutur Ringgo.

Keinginan Ringgo sebagai Papa yang punya hobi diving, ingin mengajak keluarganya bisa melihat keindahan laut bersama. Ia juga berharap agar anak-anaknya kelak bisa menjelajah alam secara untuk 'bermain' dan bertualang.

"Jadi saya ingin nanti dia dikenalkan sama diving, pokoknya kita ingin Byorka tidak mengkotak-kotakkan liburan. Mulai dari pantai gunung apapun biar dia kenal dengan alam," jelas Ringgo.

Untuk salah satu hobi mereka yang fotografi, Sabai menyebut Bjorka kini sudah mulai juga hobi motret karena melihat kedua orangtuanya. Meski pun perangkat yang baru ia pakai hanya handphone. Nantinya ketika sudah dewasa Ringgo juga ingin memfasilitasi Bjorka dengan kamera untuk mendukung hobinya jika memang suka fotografi. 

"Saya akan kasih dia kamera juga, buat dia berekspresi secara bebas nantinya," tutup Ringgo.

Demikian cerita menyenangkan Ringgo dan Sabai mengenai hobinya yang harus tertunda karena adanya pandemi.

Semoga saat pandemi selesai, Baba dan Mama bisa segera mengajarkan Bjorka diving agar bisa menjelajahi laut indah di muka dunia.

#MillennialFamily of the Month Edisi Februari 2021 – Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck
Millennial Mama

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck

"Rumah kami kecil, jelek, tapi kami suka"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.