Sering Terjebak Macet? Ini Cara Mencegah Sakit Punggung saat Nyetir!

Ada beragam cara mencegah sakit punggung saat nyetir yang bisa kamu lakukan lho!

11 Januari 2019

Sering Terjebak Macet Ini Cara Mencegah Sakit Punggung saat Nyetir
Freepik

Kemacetan memang menjadi “teman” bagi para pekerja ibukota. Kamu yang kerap membawa kendaraan sendiri khususnya kendaraan beroda empat, tentu sudah tidak asing lagi dengan nyeri punggung, terutama saat sedang menyetir dalam jangka waktu yang lama.  

Ya, duduk dibelakang kemudi selama berjam-jam rupanya dapat memicu terjadinya nyeri punggung. Alan Hedge, PhD, CPE, professor ergonomi dari Cornell University mengungkap bahwa getaran, gerakan, hingga posisi jok mobil yang tidak tepat bisa  menyebabkan seseorang merasakan nyeri punggung saat menyetir.

Saat badan terlalu dipaksakan untuk duduk terlalu lama dalam kondisi tubuh yang tidak nyaman memang dapat memicu terjadinya nyeri punggung, bahkan tak jarang juga memicu terjadinya nyeri leher.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari laman express, kamu bisa meminimalisir nyeri punggung saat nyetir dengan cara mengatur jok mobil dengan ketinggian yang tepat dan senyaman mungkin. Berikut panduannya:

1. Mengatur posisi jok dan kaca spion sebelum mengemudi

1. Mengatur posisi jok kaca spion sebelum mengemudi
Freepik

Biarkan jok mobil sedikit condong ke belakang agar tubuh bisa bersandar secara nyaman.

Atur posisi kaca spion sedemikian rupa hingga kamu dapat melihat ke arah belakang atau samping dengan mudah tanpa perlu banyak menggerakkan badan.

Cara ini dapat menghindari ketegangan pada otot saat menyetir.

2. Cari posisi yang nyaman

2. Cari posisi nyaman
Freepik/Josep M Suria

Pastikan bahwa posisi duduk telah benar-benar nyaman. Duduk dengan benar dan pastikan tulang punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi.

Cara ini dapat meminimalisir nyeri punggung saat nyetir, terutama saat harus menyetir dalam jangka waktu yang lama. 

Editors' Picks

3. Atur posisi tangan pada setir

3. Atur posisi tangan setir
Freepik

Tak hanya posisi duduk, kamu juga harus mengatur posisi tangan senyaman mungkin saat sedang menyetir.

Sandarkan tangan pada setir dan usahakan tangan sedikit agak menekuk saat menyetir. Ini merupakan posisi memegang setir yang cukup direkomendasikan.

4. Kenakan sepatu dengan sol lunak

4. Kenakan sepatu sol lunak
Freepik

Ternyata, sepatu yang kamu kenakan juga berpengaruh lho! Kamu disarankan untuk menghindari sepatu berhak tinggi atau bersol tebal karena sepatu jenis ini dapat membatasi ruang gerak kaki.

Jadi, pilih sepatu bersol lunak agar lebih nyaman dan leluasa dalam beraksi saat kaki harus menginjak pedal. Dengan menggunakan sepatu yang nyaman pula, nyeri punggung dapat diminimalisir.

5. Berisitirahatlah sejenak

5. Berisitirahatlah sejenak
Freepik

Saat menyetir lama dan nyeri punggugn mulai kamu rasakan, ada baiknya untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Menepilah ke tempat yang memungkinkan untuk sekedar beristirahat sebelum kembali menyetir.

Sebab tubuh manusia tidak diatur untuk duduk pada satu posisi dalam waktu yang lama, sehingga penting untuk mengistirahatkan tubuh sejenak setelah menyetir selama berjam-jam.

Baca juga: 5 Makanan untuk Mencegah Anak Mabuk Perjalanan

Baca juga: 6 Perlengkapan Si Kecil Wajib Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!