Ini Ma, Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga!

Ada beragam pilihan makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga Ma!

9 Januari 2019

Ini Ma, Makanan Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga
Freepik/Freepic.diller

Tak hanya sebelum olahraga saja, Mama juga harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga. Sebab pasca olahraga, tubuh kehilangan banyak energi sehingga rasa capek dan lapar biasanya akan Mama rasakan sehingga perlu untuk mengonsumsi asupan makanan yang bernutrisi agar kembali berenergi.

Mama ingin langsung makan berat agar energi kembali terkumpul? Jangan dulu Ma. sebab olaraga Mama rasanya akan sia-sia saja jika langsung “dihajar” dengan makanan yang tinggi kalori.

Mama ingin tahu apa saja makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga? Dilansir dari Men’s Journal, berikut beberapa diantaranya:

1. Oatmeal

1. Oatmeal
Unsplash/Yanina Trekhleb

Agar energi Mama kembali terisi, oatmeal bisa menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga. Oatmeal meruapak sumber karbohidrat dan energi penting Ma.

Mama dapat mencampurkan oatmeal dengan selai kacang favorit atau buah-buahan agar lebih memiliki rasa yang beragam.

2. Ikan tuna

2. Ikan tuna
Freepik/Natthapon Ngamnithiporn

Makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga berikutnya adalah ikan tuna. Tuna mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh Mama dan mengembalikan energi yang hilang.

Mama dapat mengonsumsi sandwich tuna atau tuna panggang yang dicampurkan dengan saus yogurt plain agar lebih bernutrisi lagi.

3. Sup kaldu

3. Sup kaldu
Freepik/Foodiesfeed

Dilansir dari Insider, Mama juga dapat mengonsumsi sup kaldu  sebagai makanan yang dikonsumsi setelah olahraga Ma.

Sup kaldu selain baik untuk kesehatan, juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh mulai dari protein, kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan juga posfor.

Karena berupa cairan, rasanya sup kaldu juga dapat menghidrasi tubuh dengan mudah setelah berolahraga.

Baca juga: Lebih Berenergi, Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga! 

Editors' Picks

4. Kacang-kacangan

4. Kacang-kacangan
Freepik/Wei Tang

Kacangan-kacangan juga bisa menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi setelah olahraga Ma. Sebab salah satu sumber protein nabati ini juga mengandung elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh seperti natrium dan kalium.

Kedua kandungan ini terbilang penting karena mampu menjafa keseimbangan tubuh. Mama dapat mengonsumsi berbagai macam jenis kacang-kacangan termasuk kacang pistachio panggang.

5. Keju dan crackers

5. Keju crackers
Unspash/Rawpixel

Masih dilansir dari Insider, Mama bisa menjadikan keju sebagai pilihan makanan yang dikonsumsi setelah berolaraga. Sebatang keju dengan sepiring crackers mampu memilihkan energi dan memberikan nutrisi penting dengan cepat setelah berolahraga.

Dalam setiap ons keju, setidaknya terkandung lebih dari 6 gram protein berkualitas tinggi seperti asam amino esensial. Untuk Mama yang alergi terhadap kandungan laktosa, dapat beralih ke crackers dan daging kalkukn tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat yang sama.

6. Telur dan roti panggang

6. Telur roti panggang
Unsplash/Sofiya Levchenko

Tak hanya sebelum olahraga, telur juga baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga Ma. Jika Mama memiliki waktu, sempatkanlah untuk membuat telur dadar atau telur orak-raki dengan tambahan sayur-sayuran.

Jika butuh yang lebih cepat, Mama bisa membuat telur rebus dengan roti panggang sebagai pengganti. Makanan ini dapat memulihkan energi kembali pasca berolaharaga.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!