Ternyata Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Gigi Anak!

Berikan anak makanan ini yuk Ma untuk menunjang kesehatan giginya!

4 Januari 2019

Ternyata Makanan Ini Baik Kesehatan Gigi Anak
Freepik

Tak hanya mengajari anak cara merawat kesehatan gigi dan rutin ke dokter gigi saja, Mama juga harus memberikan asupan nutrisi tertentu untuk menunjang kesehatan gigi anak

Makanan kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan gigi anak harus Mama masukkan ke dalam menu makanan yang dikonsumsi anak setiap harinya.

Mama penasaran apa saja  makanan yang baik untuk kesehatan gigi anak? Dilansir dari laman Parents, berikut beberapa diantaranya:  

1. Buah dan sayur yang kaya vitamin C

1. Buah sayur kaya vitamin C
Freepik

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin C rupanya baik untuk kesehatan gigi anak. Ini karena kandungan vitamin C mampu berperan dalam membantu membunuh bakteri dalam mulut sekaligus meningkatkan pasukan kolagen dalam gusi.

Mama dapat memberikan anak buah-buahan seperti jeruk, kiwi, strawberry, dan pepaya untuk mendapatkan gigi anak yang kuat. Atau berikan anak sayuran seperti paprika, tomat dan ubi jalar untuk mendapatkan manfaat vitamin C untuk gigi.

Dalam memberikan makanan yang mengandung vitamin C ini, hindari menyuruh anak menggosok gigi segera ya Ma. Setidaknya anak harus menunggu 30 menit sebelum meyikat gigi kembali pascimengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung citrus.

Sebab citrus acid dalam sementara waktu bisa melemahkan enamel gigi dan membuatnya rentan mengalami erosi jika langsung menyikat gigi.

2. Produk susu

2. Produk susu
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Direktur kesehatan gigi anak di Children's Memorial Hospital di Chicago, AS, Ray J Jurado, DDS mengungkap bahwa susu dan produk susu seperti yo​gurt dan keju baik untuk kesehatan gigi anak Ma.

Hal ini karena minuman dan makanan tersebut kaya akan kandungan kalsium, vitamin D, dan fosfor sehingga mampu meningkatkan kadar pH mulut, menurunkan kadar asam, dan menngurangi risiko gigi berlubang pada anak.

Editors' Picks

Sayuran garing

Sayuran garing
freepik/Josep M Suria

Sayuran garing juga bisa menjadi makanan yang menyehatkan gigi anak Ma. Hal ini karena sayuran garing menjadi makanan yang bisa dikunyah dan secara mekanik dapat membersihkan gigi dan gusi.

Menurut dokter gigi keluarga, Jimmu Wu, DDS, dari San Diego, makanan bertekstur garing secara alami dapat mengikis plak yang tertimbun di antara makanan atau ketika anak lupa menggosok gigi

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

4. Biji-bijian kacang-kacangan
Freepik

Mama bisa memberikan kacang dan biji-bijian kepada anak seperti wijen, biji bunga matahari, biji labu dan kacang. Sebab kacang dan biji-bijian ini mengandung lemak alami yang dapat melindungi gigi dari bakteri. Minyak alami yang terdapat pada biji-bijian mampu memperkuat enamel sehingga tidak membuat gigi mudah berlubang. Selain itu sebagian biji-bijian juga mengadung

5. Permen karet

5. Permen karet
Freepik

Ternyata tidak semua permen berbahaya untuk kesehatan gigi Ma. Sebab permen karet bebas gula baik untuk kesehatan gigi anak.

Saat anak mengunyah permen karet, ludah akan bekerja melonggarkan plak dan meningkatkan jumlah antibodi alami di dalam mulut dan menjadikan gusi tetap terhindrasi.

Selain itu, mengunyah makanan yang merangsang produksi ludah bisa membantu mencegah pengeroposan gigi. Jadi kalau anak ingin permen, lebih baik berikan permen karet bebas gula ya Ma!