5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Tak hanya jahe putih, jahe merah juga membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan

15 Mei 2019

5 Manfaat Jahe Merah Kesehatan
deltomed.id

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe menjadi salah satu rempah yang membawa manfaat bagi kesehatan. Rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masak dengan aroma yang cukup menyegarkan ini sudah sejak lama dijadikan sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Namun tahukah kamu tak hanya jahe putih saja yang eksis sebagai obat tradisional. Ada pula si jahe merah yang tak kalah membawa manfaat bagi kesehatan.

Kamu ingin tahu apa saja manfaatnya? Dilansir dari Whfoods dan beberapa sumber lainnya, berikut beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan

1. Mencegah gangguan pencernaan

1. Mencegah gangguan pencernaan
Freepik

Sudah sejak dulu kala, jahe putih maupun jahe merah dipercaya mampu mengatasi berbagai macam gangguaan pencernaan.

Ekstrak minyak jahe merah misalnya, dianggap dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri sehingga dapat mencegah atau meminimalisir gangguan pencernaan seperti sakit perut.

Tak hanya itu saja, jahe merah jua bersifat antibakteri sehingga mampu melawan bakteri jahat yang mungkin menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Mengatasi batuk

2. Mengatasi batuk
Freepik

Konsumsi jahe merah hangat tak hanya mampu melegakan tenggorokan yang gatal saja, tetapi juga mampu membantu mengatasi batuk yang kamu derita.

Hal ini karena jahe merah mengandung zat bernama flavonoids, yang mamu menghangatkan dan peredakan peradangan yang dialami saat kamu sedang menderita batuk.

Baca juga:

Editors' Picks

3. Mengatasi nyeri otot dan nyeri sendi

3. Mengatasi nyeri otot nyeri sendi
Freepik

Tak hanya batuk saja, konsumsi jahe hangat juga dapat membantu mengurangi nyeri otot dan nyeri sendi akibat peradangan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet sepak takraw menunjukkan bahwa pemberian ekstrak jahe selama 10 hari dapat membantu mengurangi nyeri otot yang diderita para atlit.

Nah, tak hanya itu saja, kandungan oleoresin yang tinggi pada jahe merah juga dapat bekerja sebagai antiperadangan.

4. Meredakan sakit kepala

4. Meredakan sakit kepala
Freepik/Katemangostar

Bagi kamu yang sedang menderita sakit kepala dan enggan untuk mengonsumsi obat, jahe merah bisa menjadi solusinya. Jahe merah juga dianggap efektif dalam meredakan sakit kepala yang diderita.

Cara memanfaatkan jahe merah sebagai obat sakit kepala cukup mudah, kamu hanya perlu memotong jahe merah menjadi beberapa bagian kemudian rebus hingga matang dan minumlah secukupnya.

5. Menurunkan kadar kolesterol

5. Menurunkan kadar kolesterol
Freepik/Javi_indy

Manfaat jahe merah berikutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

Nah, kamu pasti tahu, kadar kolesterol dan kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan, terutama kesehatan jantungmu.

Meski jahe merah membawa berbagai macam manfaat, jangan konsumsi secara berlebih. Sebab efek samping berupa perut kembung, sakit perut, mulas, dan diare bisa saja kamu alami apabila dikonsumsi secara berlebih. 

Selain itu, bagi kamu yang sedang hamil atau mengonsumsi obat tertentu, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terkait konsumsi jahe yang direkomendasikan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!