Ereksi Makin Mantap dengan 5 Gerakan Senam Kegel untuk Laki-Laki

Dijamin bikin suami makin jago di ranjang!

23 Agustus 2021

Ereksi Makin Mantap 5 Gerakan Senam Kegel Laki-Laki
Freepik/freepic.diller

Tak hanya perempuan, ternyata laki-laki pun disarankan untuk melakukan senam kegel. Bagi kamu yang belum tahu, senam kegel merupakan latihan untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah.

Adapun yang termasuk otot panggul bagian bawah, di antaranya otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar. Namun senam kegel nyatanya tak kalah penting untuk dilakukan oleh laki-laki.

Beberapa studi penelitian megungkapkan senam kegel untuk laki-laki dapat membantu menjaga kontrol otot untuk buang air hingga membantu meningkatkan fungsi seksual.

Lantas, kira-kira seperti apa gerakan senam kegel untuk laki-laki? Berikut Popmama.com telah merangkum kelima gerakan lengkapnya! 

1. Cari letak otot panggul bawah

1. Cari letak otot panggul bawah
Freepik/drobotdean

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan senam kegel adalah mencari letak otot panggul bawah. Untuk mencarinya, coba hentikan atau perlambat aliran air seni saat buang air kecil.

Otot yang digunakan tersebut adalah otot panggul bawah. Ketika sudah menemukan letak otot panggul bawah, kosongkan kantung kemih, kemudian lakukan latihan senam kegel dengan ragam posisi.

Editors' Picks

2. Pilih posisi terbaik

2. Pilih posisi terbaik
Freepik/drobotdean

Untuk melakukan senam kegel, cobalah dengan beberapa posisi untuk menentukan mana posisi terbaik.

Misalnya saat mencoba senam kegel pertama kali, lakukan dengan posisi berbaring telentang sampai merasakan kontraksi pada otot panggul bawah. Jika sudah terbiasa, lakukan sambil duduk atau bahkan berdiri.

  • Senam kegel berbaring telentang

Berbaringlah dengan kedua lutut ditekuk dan lengan di samping. Buang napas dan tekan otot panggul bawah selama 3 detik, tarik napas dan lemaskan selama 3 detik.

  • Senam kegel duduk

Duduk degan tangan di samping tubuh dan posisikan kaki selonjoran dan direnggangkan selebar panggul. Tekan otot panggul bawah selama 3 detik dan lemaskan selama 3 detik. 

  • Senam kegel berdiri

Berdiri tegak dengan posisi tangan di samping. Posisikan kaki selebar panggul. Tekan otot panggul bawah selama 3 detik dan lemaskan selama 3 detik. 

3. Lakukan teknik kontraksi otot panggul bawah

3. Lakukan teknik kontraksi otot panggul bawah
Freepik/prostooleh

Jika telah menemukan posisi terbaik, kontraksikan otot panggul bawah. Caranya dengan mengencangkan atau menekan otot panggul, tahan kontraksi selama selama 3 sampai 5 detik, lalu lemaskan selama 3 sampai 5 detik.

Ulangi selama 10 kali. Perlu diingat, sebaiknya beri jeda waktu selama 10 detik untuk mengulangi senam kegel agar otot tidak tegang. 

4. Jaga otot agar tetap rileks

4. Jaga otot agar tetap rileks
Freepik/javi_indy

Demi mendapatkan hasil yang bagik dari senam kegel untuk laki-laki, ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Pertama, fokuskan pada otot panggul bawah.

Jangan mengencangkan otot perut, paha, bokong, atau mengangkat panggul. Kedua, hindari menahan napas karena akan membuat tubuh terengah-engah. Bernapaslah secara biasa atau rileks. 

5. Lakukan secara rutin dan konsisten

5. Lakukan secara rutin konsisten
Freepik/drobotdean

Jika sudah terbiasa melakukan senam kegel, tambah panjang kontraksi dan relaksasi. Misalnya dengan  menambah waktu kontraksi dan relaksasi hingga 10 detik. Cobalah melakukan 30 kali senam kegel per harinya dengan dibagi menjadi 3 kali latihan.

Misalnya saat pagi hari, siang hari, dan malam hari. Lakukan saat berkegiatan sehari-hari, seperti saat menggosok gigi, menunggu lift, atau menonton TV. 

Nah, itulah kelima gerakan senam kegel untuk laki-laki yang diketahui ampuh menjaga kontrol otot untuk buang air hingga membantu meningkatkan fungsi seksual. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.