Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin

Dengan menerapkan kelima cara berikut, dijamin masakanmu akan lezat kembali!

16 Oktober 2020

Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Mengatasi Masakan Terlalu Asin
Freepik/senivpetro

Garam merupakan bumbu dapur yang tidak akan pernah ketinggalan di setiap hidangan. Tak hanya membuat makanan lebih gurih, garam juga dapat memperkuat cita rasa sebuah masakan.

Nah, karena pengaruhnya yang kuat, takaran garam dalam masakan pun harus sangat diperhitungkan. Jika tidak, makanan akan terasa hambar atau justru keasinan.

Namun bagaimana jika masakan sudah terlanjur asin? Eitsss... jangan badmood dulu atau malah sampai membuang masakanmu. Ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mengoreksi rasa asin pada masakan seperti diungkap pada laman She Knows.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum kelima tips lengkapnya! 

1. Tambahkan air pada masakan berkuah

1. Tambahkan air masakan berkuah
Pixabay/Baudolino

Untuk mengatasi masakan berkuah yang terlalu asin, kamu cukup menambahkan sedikit air atau kaldu tanpa garam kedalam masakan. Hal ini akan membantu mengurangi rasa asin yang berlebih.

Namun, jangan didihkan kembali masakanmu, karena rasa asinnya akan kembali terasa. Menurut Selebriti Chef, Rachel Ray, menambahkan bubur nasi plus air ke dalam masakan juga bisa jadi solusi karena mampu menyerap rasa asin tanpa merusak cita rasa hidangan.

Editors' Picks

2. Tambahkan krim pada masakan bertekstur kental

2. Tambahkan krim masakan bertekstur kental
Freepik/nensuria

Bahan makanan berbasis krim seperti susu dan yogurt dapat menetralkan rasa asin pada beberapa resep. Jika ditambahkan dalam bentuk cair pada hidangan berkuah, maka krim akan mengurangi rasa asin.

Sour cream, plain yogurt, dan keju bersodium rendah (seperti keju Swiss atau rocotta) juga dapat membantu menetralkan rasa asin dari pemakaian garam berlebih pada resep seperti mac and cheese dan kari ayam.

3. Tambahkan beragam bahan ekstra

3. Tambahkan beragam bahan ekstra
Freepik/free picture

Menambahkan bahan seperti potongan kentang dan wortel pada sup akan mengurangi rasa asin. Makanan itu akan menyerap kandungan garam berlebih pada masakan. Suku Indian juga memiliki teknik bernama chhaunk yang dapat kamu coba.

Caranya mudah, panaskan rempah aromatik dalam minyak atau ghee (mentega yang kandungan susu dan airnya dibuang) lalu tambahkan secukupnya pada makanan yang keasinan.

Kamu juga dapat menambahkan bahan lain pada makanan yang sudah jadi untuk menyeimbangkan rasa asinnya. Seperti potongan alpukat untuk daging isian taco yang keasinan atau nasi sebagai pendamping masakan.

4. Tambahkan gula sebagai penyeimbang rasa

4. Tambahkan gula sebagai penyeimbang rasa
carousell.com

Rasa manis pada gula mampu menyeimbangkan rasa asin berlebih pada suatu hidangan. Cukup tambahkan sedikit gula atau bahan manis lainnya seperti madu pada masakan yang dianggap keasinan.

Agar rasanya lebih netral dan tidak terlalu manis, kamu bisa menambahkan brown sugar atau gula Jawa pada masakanmu.

5. Koreksi dengan penambahan rasa asam

5. Koreksi penambahan rasa asam
allrecipes.com

Air jeruk lemon, air jeruk nipis, cuka atau air asam Jawa dapat mengoreksi rasa asin akibat terlalu banyak garam pada masakan. Sama seperti asin, rasa asam juga merupakan cita rasa penting yang dapat mendominasi masakan.

Metode ini tidak mengurangi rasa asin, namun akan menutupinya. 

Nah, itulah kelima cara mengatasi masakan yang terlalu asin. Semoga dapat menjawab segala keresahanmu saat memasak dan selamat mencobanya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.