Ide Unik Olahan Makanan dan Minuman dari Beras

Ternyata beras tidak hanya bisa dijadikan nasi. Ada ide olahan unik dan lezat terbuat dari beras

14 April 2020

Ide Unik Olahan Makanan Minuman dari Beras
Freepik/Lifeforstock

Nasi menjadi makan pokok masyarakat Indonesia. Belum makan jika belum makan nasi, mungkin begitu pendapat sebagian besar masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, sudah tentu tidak asing dengan beras, jenis palawija yang belum diolah menjadi nasi.

Walaupun umumnya beras diolah menjadi nasi, tapi beras bisa menjadi olahan menarik dan unik selain nasi. Kira-kira apa saja olahan unik itu? Simak informasi dari Popmama.com berikut ini.

1. Rice milk sebagai pengganti susu hewani

1. Rice milk sebagai pengganti susu hewani
Freepik

Rice milk atau susu beras ini berbeda dengan air tajin. Untuk membuat rice milk ini beras harus dimasak terlebih dahulu hingga menjadi nasi.

Kemudian nasi yang sudah matang diblender bersama air matang. Setelah nasi menjadi halus, disaring dan diperas hingga mendapatkan airnya. Warna air perasan air ini putih seperti layaknya susu.

Biasanya susu beras ini dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menghindari susu hewani dengan berbagai alasannya.

Editors' Picks

2. Rice pudding yang lembut dan legit

2. Rice pudding lembut legit
uprootkitchen

Pudding nasi mungkin terasa asing bagi masyarakat Indonesia. Tetapi pudding nasi sudah umum di beberapa negara.

Pudding nasi ini mirip bubur yang padat dan manis. Dalam pembuatannya, biasanya nasi dicampur dengan telur, gula, dan susu.

Untuk tambahan rasa bisa diberi taburan bubuk kayu manis, vanila, atau buah-buahan.

3. Tteokpokki olahan beras dari Korea

3. Tteokpokki olahan beras dari Korea
id.wikipedia

Makanan olahan dari beras berikutnya berasal dari Korea. Tteokpokki adalah makanan yang sangat digemari oleh warga Korea.

Makanan ini termasuk street food di Korea. Artinya makanan ini adalah jajanan yang mudah ditemukan di jalan-jalan di berbagai kota di Korea karena begitu banyak yang menyukainya.

Tteokpokki biasanya diolah dengan bubuk cabai dan bumbu khas Korea lainnya. Rasa makanan ini manis dan pedas. Rasa yang digemari sebagian besar masyarakat Korea.

4. Rice crackers yang renyah dan gurih

4. Rice crackers renyah gurih
stuff.co.nz

Makanan yang satu ini adalah salah satu jenis kudapan populer di negara Jepang. Rasanya yang gurih dan renyah banyak digemari orang.

Berbeda dari varian olahan dari beras yang lainnya, rice crackers ini diolah menjadi makanan bertekstur renyah dan garing. Rasanya cenderung asin. Tetapi banyak juga yang membuatnya menjadi rasa manis.

Mungkin kalau di Indonesia namanya jadi akan kerupuk ya, Ma.

5. Kue bikang yang cantik seperti bunga

5. Kue bikang cantik seperti bunga
kreasimom.blogspot.com

Ini dia olahan dari beras khas Indonesia, kue bikang. Bahan utama kue bikang adalah dari tepung beras. Kue yang satu ini mulai jarang ditemukan karena terkalahkan dengan adanya kue-kue modern berbahan tepung terigu.

Kue bikang ini memiliki cita rasa yang legit dan guris dari santan. Bentuknya pun sangat menarik karena mirip seperti bunga.

Dari kelima jenis ide unik olahan makanan dan minuman dari beras di atas, Mama sudah mencoba yang mana? Mungkin ide olahan itu masih ada yang terasa asing ya. Tapi jika diolah dengan campuran yang tepat maka akan menghasilkan rasa yang lezat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.