Lebih Sehat dengan Membiasakan Tidur Sebelum Jam 10 Malam

Jangan sepelekan waktu tidur karena sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh

26 Januari 2022

Lebih Sehat Membiasakan Tidur Sebelum Jam 10 Malam
Pexels/Ivan Oboleninov

Menjaga kualitas tidur merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kualitas hidup yang lebih baik.

Bukan saja baik secara fisik tapi juga mental dan pikiran menjadi lebih sehat dengan memenuhi waktu tidur di malam hari.

Mencukupi waktu tidur di malam hari sangatlah penting. Waktu tidur di malam hari tidak bisa digantikan di waktu pagi atau siang hari.

Walaupun jumlah waktu tidur tetap 6 hingga 9 jam, tetapi tidur di malam hari tak tergantikan. Sebab, banyak proses biologis yang terjadi oleh tubuh di waktu malam.

Dalam berbagai penelitian juga menyatakan bahwa tidur malam sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

Hal ini dikarenakan oleh tubuh memiliki waktu kerja. Sehingga, apabila tubuh mendapatkan haknya di waktu yang tepat maka tubuh dapat bekerja dengan baik.

Inilah beberapa alasan mengapa penting untuk membiasakan tidur sebelum jam 10 malam. Simak rangkuman informasi dari Popmama.com berikut ini ya, Ma!

1. Terhindar dari berbagai penyakit

1. Terhindar dari berbagai penyakit
Pixabay/nastya_gepp

Membiasakan tidur sebelum jam 10 malam terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan pada saat tidur di waktu antara jam 10 malam hingga 2 pagi tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa ini berperan penting terhadap sel-sel kekebalan tubuh. Senyawa ini akan membantu tubuh melawan peradangan dan infeksi.

Orang-orang yang membiasakan tidur sebelum jam 10 malam memiliki kemungkinan yang lebih kecil terkena penyakit mematikan, seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan kanker. Mereka akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan kuat.

Editors' Picks

2. Tubuh menjadi lebih berenergi

2. Tubuh menjadi lebih berenergi
Freepik/marymarkevich

Tidur merupakan hal utama yang diperlukan oleh tubuh untuk beristirahat. Pada beberapa penelitian, seseorang yang membiasakan tidur sebelum jam 10 malam terbukti semangat hidup yang lebih baik. Sebab, ia menjadi lebih berenergi di pagi hari dibandingkan dengan orang yang tidur larut malam.

Menurut Matt Walker, pemimpin Sleep and Neuroimaging Lab University of California bahwa antara pukul 8 hingga 12 malam otak akan mendapatkan REM (Rapid Eye Movement) dan non REM yang dibutuhkan berfungsi secara optimal.

Tidur REM adalah tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak mata. Sedangkan non REM adalah tidur dengan pergerakan mata yang lambat. Jika kebutuhan tubuh REM terlewatkan maka kemungkinan tubuh akan merasa lelah keesokan harinya.

3. Berat badan yang lebih terkontrol

3. Berat badan lebih terkontrol
Freepik

Salah satu manfaat dari membiasakan tidur sebelum jam 10 malam adalah terhindar dari kenaikan berat badan. Sebab, tidur tepat waktu sangat memengaruhi tubuh dalam mengontrol berat badan.

Terbukti bahwa orang-orang yang sering tidur larut malam memiliki bobot tubuh yang lebih tinggi. Sebab, tidur terlalu larut merangsang hormon ghrelin diproduksi oleh tubuh. Hormon ini adalah hormon yang membuat rasa lapar.

Sedangkan disaat bersamaan metabolisme tubuh melambat sehingga makanan yang dikonsumsi akan tersimpan menjadi lemak.

4. Menjaga kondisi kesehatan mental

4. Menjaga kondisi kesehatan mental
Freepik/master1305

Seseorang yang terbiasa tidur larut malam sangat rentan terhadap masalah mental, seperti mudah cemas, stres, hingga depresi. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon kortisol yang meningkat. 

Hormon ini biasa dikenal juga sebagai hormon stres yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah ke otak sehingga otak bisa aktif bekerja.

Hormon kortisol dalam kondisi normal akan meningkat di pagi hari dan akan menurun di malam hari. Jika yang terjadi adalah produksi hormon kortisol meningkat di malam hari maka otak akan aktif di malam hari dimana seharusnya otak beristirahat. Hal ini yang memicu seseorang rentan terhadap masalah mental.

Dengan membiasakan tidur sebelum jam 10 malam maka alarm tubuh akan bekerja normal. Sehingga, hormon kortisol hanya akan diproduksi di waktu yang dibutuhkan. Dengan begitu, kondisi kesehatan mental akan terjaga.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

5. Meningkatkan kemampuan kognitif
Pexels/Min An

Membiasakan diri tidur sebelum jam 10 malam terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Tidur yang cukup akan membuat seseorang menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan fokus. Bahkan, ia cenderung produktif dan memiliki ide-ide yang inovatif dan kreatif. Tidur yang cukup akan membantu otak untuk berfungsi secara optimal.

Memiliki kualitas tidur yang baik memiliki dampak baik yang sangat banyak dalam meningkatkan kualitas hidup.

Bahkan, membiasakan tidur sebelum jam 10 malam terbukti dapat menghindari beberapa penyakit mematikan. Jadi, jangan sepelekan hal ini sebagai sesuatu yang tidak penting karena efek jangka panjangnya sangat banyak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk