7 Manfaat Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Kebiasaan untuk bangun pagi dan minum segelas air putih baik bagi kesehatan

8 Desember 2020

7 Manfaat Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Pexels/Andrea Piacquadio

Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk rutin meminum segelas air putih setelah bangun tidur dan saat perut masih kosong. Hal ini menjadi salah satu upaya yang perlu diterapkan dalam gaya hidup yang lebih sehat.

Memang mengonsumsi air putih terbukti baik bagi kesehatan. Apalagi 60 hingga 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga, kebutuhan air harus dipenuhi setiap harinya. Bahkan, tidak hanya dilakukan setelah bangun tidur tapi juga dalam beraktivitas sehari-hari.

Membiasakan diri untuk minum air putih setelah bangun tidur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut ini Popmama.com telah merangkumkan beberapa manfaat dari kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur.

1. Membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh

1. Membantu mengeluarkan racun ada dalam tubuh
freepik/tirachardz

Minum air putih setelah bangun tidur akan membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin. Selain itu, minum air putih di saat perut dalam keadaan kosong juga akan mendorong kotoran yang berada di dalam usus.

2. Menjaga kelembaban kulit

2. Menjaga kelembaban kulit
Freepik/master1305

Memiliki kulit yang cantik dan sehat bisa didapatkan dengan rutin minum air putih setelah bangun tidur. Air putih yang masuk ke dalam tubuh akan membuat kulit terhidrasi sehingga terjaga kelembabannya. Hal ini adalah salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Editors' Picks

3. Mampu mengendalikan nafsu makan

3. Mampu mengendalikan nafsu makan
Freepik/Bearfotos

Saat perut masih kosong yang kemudian diisi dengan air putih di pagi hari akan membuat ruang perut terisi. Dengan begitu, minum air putih setelah bangun tidur akan membantu Mama untuk mengendalikan nafsu makan. Porsi makan pun akan menjadi berkurang karena perut sudah merasa terisi. Sehingga, keinginan makan banyak akan berkurang.

4. Mencegah risiko kenaikan badan yang berlebih

4. Mencegah risiko kenaikan badan berlebih
Freepik/drobotdean

Jika sebelumnya sudah dibahas bahwa minum air putih setelah bangun tidur membuat nafsu makan terkendali maka dampak yang akan terjadi berikutnya adalah berat badan yang lebih terjaga. Bahkan, beberapa kasus ditemukan terjadinya penurunan berat badan setelah rutin membiasakan diri untuk minum air putih setelah bangun. Dengan demikian, Mama dapat tercegah dari risiko kenaikan berat badan berlebih.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

5. Meningkatkan metabolisme tubuh
Freepik/marymarkevich

Rutin membiasakan minum air putih setelah bangun tidur diklaim mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan, ada yang mengatakan dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 24 persen. Dengan demikian, minum air putih setelah bangun tidur akan membantu Mama yang sedang dalam program penurunan berat badan.

6. Mencegah terjadinya batu ginjal dan infeksi saluran kemih

6. Mencegah terjadi batu ginjal infeksi saluran kemih
Freepik/Tutatama

Mencegah terjadinya batu ginjal dan infeksi saluran kemih juga bisa dilakukan dengan membiasakan untuk minum air putih setelah bangun tidur. Hal ini disebabkan oleh hancurnya asam yang bisa membuat terbentuknya batu ginjal. Selain itu juga air putih yang diminum akan mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan infeksi saluran kandung kemih.

7. Membuat aktivitas menjadi lebih produktif

7. Membuat aktivitas menjadi lebih produktif
freepik.com/boonsom

Membiasakan diri untuk selalu minum air putih setelah bangun tidur akan membuat tubuh lebih produktif melakukan aktivitas.

Sebab, air putih akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, air putih juga dapat mengontrol keinginan untuk makan. Sehingga, tubuh tidak terlalu berat mencerna makanan yang bisa membuat tubuh kelelahan mencerna.

Kebiasaan untuk minum air putih setelah bangun harus mulai dilakukan untuk menjaga tubuh lebih sehat.

Tidak hanya saat setelah bangun tidur saja tapi juga di sela-sela aktivitas harian minum air putih tetap harus dilakukan hingga kebutuhan air putih selama sehari terpenuhi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.