TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Kering, Perhatian agar Tak Iritasi

Beberapa orang dengan kulit kering memiliki sensitifitas kandungan sunscreen

22 November 2021

Cara Memilih Sunscreen Kulit Kering, Perhatian agar Tak Iritasi
Freepik/Yanadjana

Menggunakan sunscreen sama pentingnya dengan menggunakan pelembap. Tak peduli baik itu saat berada di rumah ataupun keluar rumah, sunscreen tetap harus digunakan.

Tetapi memang tidak semua orang cocok menggunakan berbagai macam merek sunscreen. Bagi sebagian orang memilih sunscreen harus sangat berhati-hati agar tidak membuat kulitnya mengalami iritasi.

Bagi sebagian orang dengan jenis kulit kering memilih sunscreen harus sangat berhati-hati. Jika tidak sesuai dengan jenis kulit akan membuat kulit menjadi iritasi hingga terkelupas.

Agar tahu bagaimana memilih sunscreen yang cocok untuk kulit kering, ikuti informasi Popmama.com berikut ini ya.

1. Kenapa harus pakai sunscreen?

1. Kenapa harus pakai sunscreen
Freepik/cookie_studio

Untuk memiliki kulit yang sehat dan awet muda tidak cukup hanya menggunakan pelembap wajah. Penggunaan sunscreen harus dilakukan setiap hari walaupun tidak ada aktivitas di luar rumah. Saat di dalam rumah, sunscreen juga tetap harus digunakan. Mengapa demikian?

Ada 3 spektrum sinar matahari, yaitu sinar UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVC adalah sinar yang paling berbahaya. Tetapi hampir mustahil manusia di bumi akan terpapar sinar ini karena tidak dapat menembus atmosfer. Sinar UVB adalah sinar yang dapat membuat efek kulit menjadi terbakar. Sedangkan UVA adalah sinar yang dapat membuat flek hitam dan kulit berkerut. 

Walaupun kekuatan sinar UVA lebih kecil dari UVB tetapi sinar ini dapat menembus kaca. Itulah mengapa walaupun berada di dalam rumah penting untuk menggunakan sunscreen.

2. Bagaimana cara penggunaan sunscreen yang tepat?

2. Bagaimana cara penggunaan sunscreen tepat
Freepik/cookie_studio

Menggunakan sunscreen, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak hanya digunakan saat beraktivitas di dalam rumah saja. Sunscreen juga tetap harus digunakan walaupun berada di dalam rumah seharian.

Hal yang harus diperhatikan juga adalah waktu penggunaan sunscreen. Ternyata, penggunaan sunscreen tidak cukup mengoleskan satu kali selama seharian penuh. Penggunaan sunscreen harus diulang setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Selain itu, perhatikan juga kandungan SPF pada sunscreen. Semakin tinggi angka SPF maka proteksi sunscreen terhadap paparan sinar matahari akan semakin kuat. Pilih angka SPF yang tinggi jika akan melakukan aktivitas di luar ruangan dengan durasi yang cukup lama. Namun, jika hanya berada di ruangan cukup gunakan SPF 20 hingga 50 saja.

Angka SPF juga harus diperhatikan saat memilih sunscreen untuk kulit kering. Beberapa sunscreen dengan angka SPF yang tinggi dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Jadi sebaiknya batasi angka SPF jika tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan.

Editors' Picks

3. Cara penggunaan sunscreen yang benar untuk kulit kering

3. Cara penggunaan sunscreen benar kulit kering
Freepik/benzoix

Bagi orang yang memiliki kondisi kulit kering dan sensitif, pemilihan sunscreen tidak boleh sembarangan. Asal memilih sunscreen bisa menyebabkan iritasi. Jenis kulit kering harus menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan yang melembapkan dan terbebas dari kandungan alkohol.

Ada 3 hal yang harus diperhatikan saat memilih sunscreen bagi orang berjenis kulit kering.

4. Gunakan sunscreen yang mengandung bahan pelembap

4. Gunakan sunscreen mengandung bahan pelembap
Freepik

Perhatikan kandungan sunscreen yang hendak digunakan. Lihat apakah sunscreen tersebut memiliki kandungan yang dapat melembapkan atau tidak.

Biasanya, bahan aktif yang berfungsi untuk melembapkan pada produk sunscreen mencantumkan bahan centella asiatica, aloe vera, glycerin, dan hyaluronic acid. Bahan-bahan tersebut biasa digunakan pada sunscreen untuk kulit kering.

5. Gunakan sunscreen yang berlabel broad spectrum

5. Gunakan sunscreen berlabel broad spectrum
Pexels/Karolina Grabowska

Memilih sunscreen untuk kulit kering juga perlu melihat apakah ada label broad spectrum atau tidak. Adanya label ini menunjukkan kemampuan sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB tanpa merusak skin barrier pada kulit kering.

6. Hindari sunscreen dengan kandungan bahan yang dapat mengiritasi

6. Hindari sunscreen kandungan bahan dapat mengiritasi
Pexels.com/cottonbro

Kondisi kulit kering sangat sensitif terhadap beberapa jenis kandungan yang dapat mengiritasi kulit.

Kandungan yang perlu dihindari saat memilih sunscreen untuk kulit kering antara lain alkohol, paraben, dan parfum. Ketiga kandungan itu dapat menyebabkan peradangan pada kulit hingga kulit yang mengelupas.

Bagi sebagian orang, memilih sunscreen untuk kulit kering perlu dicoba beberapa kali hingga bisa menemukan produk yang sesuai. Jika masalah kulit yang dialami cukup serius, ada baiknya untuk mengonsultasikan kepada dokter kulit untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk