7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Tanpa Obat Kimia dengan Efektif

Coba atasi dengan cara alami yuk, Ma

8 April 2021

7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Tanpa Obat Kimia Efektif
Freepik

Kaki bengkak bisa diakibatkan oleh banyak hal. Yang pasti apabila hal ini akan terjadi, pasti sangat menjengkelkan karena menghambat aktivitas sehari-hari.

Dalam dunia medis, pembengkakan pada kaki biasanya diakibatkan oleh penumpukan cairan di dalam tubuh atau edema, yang mana hal ini juga dipengaruhi oleh penyakit tertentu.

Penderita penyakit jantung, ginjal atau ibu hamil berpotensi mengalami gejala semacam ini. Lantas adakah cara mengatasi kaki bengkak yang aman dan efektif? Berikut Popmama.com berikan ulasan selengkapnya.

1. Rendam kaki dengan air garam

1. Rendam kaki air garam
Freepik

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa air garam sering digunakan sebagai obat sakit gigi. Selain itu, ternyata air garam cukup efektif mengatasi kaki bengkak.

Gosok area kaki yang bengkak dengan air garam. Namun khusus untuk penderita yang kondisinya sudah cukup parah, sebaiknya lakukan mandi dengan air garam agar segera bisa segera pulih.

2. Pijat dengan minyak jeruk

2. Pijat minyak jeruk
Freepik/Jcomp

Pernah dengar nggak Ma, manfaat minyak jeruk apa saja?

Seperti halnya air garam, minyak jeruk juga sering dipakai untuk mengobati pembengkakan di kaki.

Cara mengatasi kaki bengkak dengan minyak jeruk adalah dengan merendam kaki di dalam bak berisi air yang telah ditetesi minyak jeruk. Minyak jeruk juga bisa digunakan dengan cara digosok pada area kaki.

Editors' Picks

3. Melakukan olahraga yoga secara rutin

3. Melakukan olahraga yoga secara rutin
Freepik/Jcomp

Mungkin pembengkakan di kaki kamu terjadi karena kurang olahraga sehingga sirkulasi darah tidak lancar. Sebagai solusinya, lakukan olahraga seperti yoga dengan tujuan menggerakkan tubuh namun tetap fokus pada peredaran darah.

Yoga bisa dilakukan sendiri tanpa instruktur, tetapi akan lebih baik jika didampingi instruktur.

4. Berenang

4. Berenang
Freepik

Selain olahraga yoga, berenang juga bisa menyembuhkan pembengkakan di kaki. Pada saat berenang, kaki kita akan terus bergerak agar tubuh bisa mengambang. Nah, aktivitas inilah yang membantu tubuh melawan gravitasi sehingga edema dapat teratasi.

Setelah renang, luruskan kaki untuk merelaksasinya. Pijat sedikit pada bagian betis. Kalau kamu punya cukup waktu, lakukanlah secara rutin.

5. Gunakan stoking medis

5. Gunakan stoking medis
Freepik

Beberapa produsen produk kesehatan kini mulai memproduksi stoking medis. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah baik di toko online maupun offline. Produk ini cocok dipakai oleh kaum perempuan untuk mengatasi kaki bengkak.

6. Pijat perlahan

6. Pijat perlahan
Freepik/chevanon

Ibu hamil yang mengalami kaki bengkak bisa menjajal solusi ini. Namun pastikan kamu benar-benar dipijat oleh ahlinya. Biasanya setelah dipijat bengkak akan segera mereda dan ibu hamil bisa kembali beraktivitas normal lagi.

7. Minum air putih yang cukup

7. Minum air putih cukup
Unsplash/Ibrahim Boran

Salah satu penyebab kaki bengkak adalah tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu jangan malas minum air terutama air putih. Supaya tidak bosan dan lebih menyegarkan, kamu juga bisa menambahkan lemon atau mentimun dan es batu.

Ini karena lemon dan mentimun sangat baik sebagai anti-inflamasi.

Itu dia tujuh cara mengatasi kaki bengkak secara efektif dan tanpa harus minum obat. Khusus bagi kamu yang gejalanya tampak serius, disarankan untuk periksa ke dokter agar segera mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.