Cara Memasak Salmon agar Tak Amis dan Menjadi Hidangan Lezat

Supaya tidak bosan, Mama bisa mencoba beragam cara ini untuk memasak salmon

22 Januari 2022

Cara Memasak Salmon agar Tak Amis Menjadi Hidangan Lezat
Freepik/timolina

Salmon mungkin menjadi salah satu makanan yang harus Mama dan keluarga konsumsi. Sudah pasti karena kandungan asam lemak omega 3 yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Belum lagi, kandungan protein dan vitaminnya.

Meskipun begitu, Mama tetap harus memperhatikan warna dan tekstur saat membelinya. Salmon segar tidak boleh berbau amis. Dagingnya harus cerah, lembab, dan tidak berubah warna di sepanjang tepinya.

Jika Mama membeli salmon utuh, matanya harus cerah dan jernih, kulitnya keperakan, berkilau, dan elastis saat disentuh. Apabila salmon terlihat kusam, berwarna keabu-abuan, dan berlendir, lebih baik jangan membelinya.

Nah, untuk menghasilkan masakan segar, baiknya salmon dimasak pada hari yang sama ketika membelinya. Salmon akan sangat lezat diolah dengan cara apapun, mau dipanggang, ditumis, atau direbus.

Berikut Popmama.com sajikan 4 cara memasak salmon menjadi hidangan lezat yang bisa Mama coba.

1. Memanggang salmon seperti steak atau kebab di atas panggangan besi

1. Memanggang salmon seperti steak atau kebab atas panggangan besi
happyhealthymama.com

Memanggang salmon fillet di atas panggangan besi seperti steak daging sapi adalah salah satu cara mengolahnya menjadi hidangan lezat dan mudah. Mama bisa melakukannya bersama Papa dan anak-anak di halaman rumah.

Mulailah dengan memanaskan bara. Setelah panas, letakkan satu sisi yang terlapisi kulit dan sudah diolesi sedikit minyak di atas panggangan. Balik ke sisi lainnya setelah 5 menit dengan menggunakan spatula stainless steel.

Jika daging ikan menempel pada panggangan, biarkan selama satu atau dua menit lagi, baru coba membaliknya. Panggang selama 5 menit lagi dan periksa kematangannya.

Mama juga bisa mengolahnya menjadi salmon kebab. Caranya, potong dadu salmon, lalu aduk dengan bumbu beraroma. Kemudian, tusuk daging pada tusukan sate dengan diselingi irisan lemon supaya harum dan segar. Setelah itu, panggang setiap sisinya 3-5 menit.

Editors' Picks

2. Memanggang salmon fillet di dalam oven

2. Memanggang salmon fillet dalam oven
4sonrus.com

Cara memasak salmon menjadi hidangan lezat lainnya adalah dengan memanggangnya di dalam oven. Jika memasak salmon fillet dalam jumlah banyak, gunakan loyang untuk memanggangnya.

Untuk metode dasar memanggang, bumbui salmon dengan sedikit garam dan merica. Olesi loyang dengan sedikit minyak. Lalu, letakkan sisi salmon yang ada kulitnya menghadap ke bawah sehingga bagian kulitnya mengenai loyang.

Kemudian, panggang salmon di dalam oven dengan suhu 400°F selama sekitar 12-15 menit tanpa perlu membaliknya.

3. Menumis salmon dengan saus teriyaki di atas wajan panas

3. Menumis salmon saus teriyaki atas wajan panas
dinnerwithtayo.com

Menumis salmon berbeda dengan menumis daging atau ayam. Jika daging atau ayam dipotong kecil-kecil maka salmon tetap dalam potongan besar ketika ditumis. Ini supaya daging salmon tidak pecah ketika dimasak.

​​Selain itu, Mama dan keluarga juga akan mendapat gigitan yang memuaskan dengan potongan besar tersebut.

Lapisi ikan dengan tepung maizena dan bakar setiap sisinya (selama sekitar 2-3 menit) dengan sedikit minyak di wajan panas. Lalu, angkat setelah berubah warna dan hampir matang.

Kemudian, masak saus teriyaki dan bumbu lain di wajan hingga mengental. Masukkan kembali salmon fillet.

Lumuri seluruh permukaan salmon dengan saus teriyaki yang akan membuatnya terasa manis, tajam, dan sangat gurih.

Balik ke sisi lainnya hingga seluruh permukaan matang. Lalu, matikan api dan angkat. Taburi apapun sesuai selera.

4. Merebus salmon fillet dengan air kaldu menggunakan panci

4. Merebus salmon fillet air kaldu menggunakan panci
carmelites.net

Merebus adalah metode memasak bebas lemak. Merebus juga termasuk cara memasak salmon menjadi hidangan lezat.

Untuk merebus salmon fillet, siapkan air kaldu di dalam panci kira-kira hingga tingginya bisa merendam potongan ikan itu. Lalu, masukkan bumbu aromatik, seperti daun salam, potongan lemon, tangkai herba, dan lain sebagainya.

Setelah kaldu mendidih, kecilkan api dan masukkan salmon ke dalam panci. Tutup panci lalu tunggu hingga berubah warna dan matang.

Cara terbaik untuk memeriksa kematangan adalah sama seperti saat memeriksa kue. Apabila tanpa hambatan saat menusuk ke bagian tengah fillet, berarti sudah matang.

Mama bisa mencoba 4 cara memasak salmon menjadi hidangan lezat tersebut. Papa dan anak-anak pun jadi tidak bosan jika harus mengonsumsi salmon lebih sering.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk