5 Solusi Mudah Mengatasi Bak Kamar Mandi yang Bocor

Jangan dibiarkan sampai kamar mandi banjir, ya

11 Juli 2020

5 Solusi Mudah Mengatasi Bak Kamar Mandi Bocor
Unplash/Jared Rice

Setiap rumah sudah pasti memiliki kamar mandi yang terdapat bak menampung air di dalamnya.

Sayangnya permasalahan yang sering kali orang alami ialah bak mandinya bocor. Nah, bak mandi yang jarang mendapatkan perawatan kemungkinan besar akan mudah retak dan bolong.

Lalu kamu bingung bagaimana cara memperbaikinya? Simak 5 solusi mudah mengatasi bak mandi bocor dibawah ini saja. Langsung cek ulasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Deteksi kebocorannya

1. Deteksi kebocorannya
Freepik

Hal yang perlu kamu ketahui, bahwa pemakaian yang secara terus menerus dengan penekanan pada beberapa area tertentu akan menyebabkan retakan di bak kamar mandi.

Namun jika kebocoran terjadi karena umur bak mandi yang sudah lama dan tak pernah mendapat perhatian, sebagai langkah pertama adalah dengan mengisi bak mandi hingga airnya penuh.

Lalu lihatlah batas ambang maksimal air tersebut surut ketika dalam posisi diisi penuh. Jika airnya habis tak bersisa, maka sudah dapat dipastikan kebocoran tersebut ada di dasar bak kamar mandimu. Tapi kalau masih bersisa, maka kebocoran tersebut ada pada bagian dinding baknya.

Kemudian meraba letak kebocoran bak mandi dan melihat secara detail pada lapisan di sela-sela keramik yang lepas atau permukaan keramik yang sedikit amblas. Dari sini kamu dapat menemukan di mana letak kebocorannya.

Editors' Picks

2. Buat Lubang pada bak mandi

2. Buat Lubang bak mandi
Freepik/elnurfreepik

Langkah kedua yang harus kamu lakukan ialah membuat lubang di bak mandi. Hal ini dilakukan untuk melihat titik kebocoran pada bak mandi yang terlalu kecil dan sulit dilihat.

Sementara lubang yang kamu buat harus sedikit lebar agar proses penambalannya dapat lebih baik.

Pembuatan lubang ini bisa menggunakan cutter atau benda tajam lainnya untuk memperlebar titik bocor tersebut.

3. Penambalan bak kamar mandi

3. Penambalan bak kamar mandi
Freepik/Rawpixel.com

Mungkin sebagian orang banyak yang langsung mengambil tindakan ketikan terjadi kebocoran dengan menggantinya yang baru.

Padahal kalau permasalahannya hanya mengalami sedikit keretakan, menambal adalah solusi yang mudah.

Kamu cukup siapkan semen, lem fox atau lem silikon aquarium dan sapu lidi. Lalu ambillah semen dan campurkan dengan lem, selanjutnya sisipkan pada bagian yang retak. Berikutnya gunakan sapu lidi untuk menyisipkan lem pada bagian-bagian yang retak.

Hal yang tidak boleh dilewatkan setelah proses penambalan bak mandi yang bocor adalah merapikannya dengan memotong beberapa bagian yang menonjol dan meratakannya di setiap bagian, sehingga bak mandi yang ditambal akan lebih rapi dan rata.

4. Proses pengeringan bak mandi

4. Proses pengeringan bak mandi
Pexels/Buenosia Carol

Setelah melakukan penambalan pada bak mandi, maka dari itu tunggu tambalan tersebut selama 3 hingga 4 hari hingga benar-benar mengering sempurna.

Setelah plesteran benar-benar 100% mengering dan mengeras, kemudian lapisi bagian bak mandi dengan pelapis anti-air pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi.

Sementara untuk pinggiran bawah dan sudut bak sebaiknya gunakan serat fiber. Tunggulah selama 2 hari hingga mengering, lalu ulangi pelapisannya kembali agar sempurna.

5. Lakukan percobaan

5. Lakukan percobaan
Freepik

Setelah kamu mendapati tambalan pada bak mandi sudah kering, kemudian periksalah apakah masih ada bagian yang bocor atau tidak.

Jika proses penambalan bak mandi yang bocor terlihat belum sempurna, maka keluar rembesan air dan menggenang di kamar mandi.

Langkah terakhir ialah memakai keramik kamar mandi anti selip dan membuat lubang pembuangan di bagian dasar sehingga pengurasan bak mandi menjadi jauh lebih mudah.

Begitulah 5 cara menambal bak mandi yang bocor. Sebaiknya hindari menyikat kamar mandi selagi proses penambalan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.