7 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah

Perawatan tanaman sayuran lebih mudah dibandingkan dengan tanaman hias, lho!

23 November 2021

7 Bibit Tanaman Sayuran Mudah Ditanam Rumah
Pixabay/jag2020

Berkebun merupakan salah satu aktivitas untuk mengisi waktu luang, bahkan mempunyai banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan, yakni dapat meredakan stres dan hasil dari bercocok tanam tersebut bisa menjadi konsumsi bersama keluarga. 

Salah satu kegiatan bercocok tanam yang hasilnya bisa dikonsumsi sendiri adalah tanaman sayuran. Sebelum menanam sayuran, penting untuk memilih bibit benih yang terbaik agar dapat dirawat dan tumbuh dengan baik. 

Ternyata perawatan tanaman sayuran lebih mudah dibandingkan dengan tanaman hias lho, Ma! 

Dalam menanam sayuran tidak harus di lahan yang luas, bisa juga di sekitar pekarangan rumah. Berikut ini Popmama.com memberikan informasi selengkapnya mengenai bibit tanaman yang mudah ditanam di rumah. Disimak yuk, Ma!

1. Bibit cabai paprika yang berwarna campuran

1. Bibit cabai paprika berwarna campuran
Unsplash/Bekky Bekks

Cabai paprika berjenis warna campuran menjadi salah satu tanaman sayur yang bisa Mama tanam di halaman rumah dengan menggunakan pot atau langsung di pekarangan. Bibit ini dapat ditanam di pot atau polybag ukuran diameter 30-40 cm dengan jarak tanaman 30-40 cm. 

Namun, apabila tidak ingin memakai tanah Mama bisa mencobanya dengan sistem hidroponik. 

Ketika tanaman ini dirawat dengan baik dan rutin akan membuatnya lebih tahan penyakit, usia panen yang jelas, dan bobotnya baik sehingga hasil panennya bisa optimal. Untuk harga bibit paprika cukup menyiapkan biaya sekitar Rp 12.000 hingga Rp 15.000 saja, sangat terjangkau bukan?

2. Bibit sayuran kale lacinato

2. Bibit sayuran kale lacinato
Unsplash/Char Beck

Kale lacinato merupakan keluarga dari sawi-sawian. Perbedaan kedua tanaman tersebut terlihat dari fisiknya, kale memiliki daun yang lebih keriting dibandingkan sawi lainnya. Tanaman ini telah dibudidayakan turun-temurun yang bisa disebut heirloom

Kale lacinato menjadi salah satu sayuran yang sangat populer di pasar Eropa dan Amerika. Uniknya, tanaman ini mempunyai julukan tersendiri yaitu dinosaurus karena ukurannya yang besar dan bergelombang. 

Keunggulan kale adalah bisa dipanen kapan saja dan memiliki waktu pertumbuhan yang cepat. Bibit kale bisa dibeli dengan kisaran harga Rp 12.000 hingga Rp 20.000.

3. Bibit seledri batang besar Tall Utah 52-70

3. Bibit seledri batang besar Tall Utah 52-70
Pixabay/ulleo

Seledri termasuk salah satu tanaman sayuran yang mudah ditanam di pekarangan rumah karena perawatannya tidak sulit. Seledri Tall Utah 52-70 atau seledri batang besar menjadi jenis seledri yang ideal untuk ditanam karena cocok di semua musim.

Tanaman yang mempunyai batang besar ini ketika dipanen bisa mencapai ukuran 6 inci. Selain itu, kelebihannya adalah daunnya lebih hijau dan lebih besar daripada jenis seledri lainnya. Untuk membeli bibit seledri batang besar diperlukan biaya sekitar Rp 8.000 hingga Rp 20.000.

Editors' Picks

4. Kangkung hidroponik

4. Kangkung hidroponik
Instagram.com/hidroponikuntuksemua

Bagi pencinta makanan kangkung wajib untuk menanam tanaman satu ini. Kangkung menjadi salah satu tanaman yang sangat populer terutama bagi pemula yang ingin belajar home farming atau hidroponik. 

Tanaman ini memiliki perawatan yang mudah dan masa panen yang terbilang cepat. Sehingga cocok bagi Mama yang hobi menanam sayuran. 

Kangkung yang ditanam secara hidroponik memiliki keunggulan dari segi tekstur dan rasa yang lebih renyah daripada ditanam di tanah. Untuk membeli bibit kangkung diperlukan biaya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 63.000.

Apakah Mama tertarik untuk membelinya?

5. Bibit ciplukan kuning

5. Bibit ciplukan kuning
Pixabay/paedhi001

Ciplukan atau ground cherry adalah sejenis sayuran kecil yang memiliki rasa manis dan segar berwarna kuning keemasan. Buahnya seperti ceri yang tertutup oleh perbesaran kelopak bunganya. 

Usia panennya di antara 70-75 hari setelah tanam dan buahnya bisa bertahan 3 bulan selama masih di dalam kelopaknya. Biasanya ciplukan cocok digunakan untuk salad buah atau dikonsumsi mentah. 

Harga bibit kuning ini sangat terjangkau, yakni Rp 8.000 hingga Rp 20.000.

6. Bibit daun bawang

6. Bibit daun bawang
Pixabay/jackmac34

Tanaman ini juga cocok ditanam oleh para pemula karena mudah dalam menanam dan merawatnya. Daun bawang dapat ditanam didalam pot, polybag, atau lahan yang sudah disiapkan. 

Masa panen daun bawang setelah 2,5 bulan terhitung dari hari setelah tanam. Jika ada daun yang mulai menguning artinya daun bawang sudah siap untuk dipetik. Untuk membeli bibit ini diperlukan biaya sekitar Rp 7.000 hingga Rp 56.000.

7. Bibit bayam

7. Bibit bayam
Pixabay/Showmeyourflowers

Apakah Mama termasuk pencinta bayam? Jika iya, menanam bayam bisa menjadi salah satu solusi berhemat. Bayam bisa ditanam sepanjang tahun di dataran rendah, dataran tinggi, kebun, atau pekarangan rumah. 

Namun, perlu diingat dalam pemilihan waktunya, saat awal musim hujan dan awal musim kemarau adalah waktu yang paling baik untuk menanamnya. Jika tertarik untuk menanamnya, bibit ini memiliki harga yang terjangkau mulai dari Rp 2.400 hingga Rp 11.000.

8. Bibit cabai

8. Bibit cabai
Pixabay/tranthithuylinh

Tanaman cabai merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dirawat dan dibudayakan. Kelebihannya, Mama tidak perlu menyiapkan lahan yang luas untuk menanam cabai. 

Ketika tidak mempunyai halaman luas untuk menanamnya, Cabai bisa ditanam di dalam pot atau polybag. Cukup tanam bibit ke dalam tanah atau lahan yang sudah disediakan dan berikan pupuk. Jangan lupa untuk menyiramnya dan tunggu 2-3 bulan untuk memetiknya. 

Menanam cabai bisa menjadi solusi berhemat ketika harganya sedang naik, jadi Mama tidak perlu khawatir lagi!

Itulah beberapa bibit tanaman yang mudah untuk ditanam di sekitar rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama yang ingin menanam sayuran ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.