7 Tanaman Hias Berdaun Lebar Ini Bikin Taman di Rumah Makin Cantik

Bisa jadi statement di halaman atau ruangan, Ma

18 Agustus 2021

7 Tanaman Hias Berdaun Lebar Ini Bikin Taman Rumah Makin Cantik
Freepik/jcomp

Bagi Mama yang berencana menambah koleksi tanaman hias, coba cari yang berdaun lebar. Tidak hanya memanjakan mata karena bentuknya yang cantik saja, namun tanaman hias berdaun lebar juga bisa menghiasi sudut di rumah. 

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis tanaman hias yang memiliki kecantikan berbeda, termasuk yang memiliki daun lebar. 

Jika memilih tanaman jenis ini, kamu bisa membuatnya terlihat sebagai statement, baik di dalam maupun luar ruangan. 

Kira-kira tanaman hias apa saja yang memiliki daun lebar nan cantik? Sebagai rekomendasi, Popmama.com punya 7 tanaman hias yang berdaun lebar. 

Yuk Ma, disimak!

1. Pisang-pisangan yang bisa mencapai 120 cm

1. Pisang-pisangan bisa mencapai 120 cm
gardeningkhowhow.com

Pohon yang pertama bernama pisang-pisangan yang memang daunnya terlihat dan bertekstur seperti daun pisang. Memiliki nama Heliconia rostrata, tanaman ini sangat cocok ditanam di halaman rumah. 

Bisa menjadi pagar tanaman karena bentuk daunnya yang lebar dan jenis pohonnya yang mudah dipelihara. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 120 cm dan memiliki bunga yang berwarna merah dengan ujung kuning dan hijau. 

Jika ingin menambah aksen di rumah, Mama bisa memotong daunnya dan menyertakan bunganya dan taruh di vas. Letakkan di pojok ruangan atau di meja dan rumah pun terlihat lebih segar.

2. Tanaman karet kebo dengan daun yang mewah

2. Tanaman karet kebo daun mewah
greeneryunlimited.co

Nama tanaman ini adalah karet kebo. Daunnya berwarna hijau pekat dengan bagian bawah berwarna kecoklatan. Kuncup daunnya berwarna merah, terlihat menarik untuk dipandang. 

Karet kebo memiliki daun yang lebar dan keras, juga berkilau. Sangat cantik dijadikan koleksi tanaman hias di rumah. 

Selain cantik, tanaman ini juga berfungsi menyerap udara kotor dan racun yang ada di sekitarnya. Sehingga, menempatkan tanaman ini di dalam rumah bisa membantu menyegarkan udara ruangan.

Editors' Picks

3. Kuping gajah si daun berbentuk hati

3. Kuping gajah si daun berbentuk hati
Wikimedia Commons

Tanaman selanjutnya adalah kuping gajah. Sesuai dengan namanya, daunnya lebar seperti telinga gajah. Bentuknya memang seperti talas, namun cukup cantik karena berbentuk hati. 

Tanaman ini memiliki warna beragam, mulai dari hijau sampai merah. Cara merawatnya pun cukup mudah. Yang penting tidak terkena sinar matahari langsung, dan tanahnya cukup lembab. 

Sedangkan untuk perawatannya, usahakan rutin membersihkan daunnya dari debu karena bisa menjadi pemicu jamur membuatnya terlihat kusam. 

4. Monstera deliciosa king yang berdaun lebar

4. Monstera deliciosa king berdaun lebar
greeneryunlimited.co

Ada banyak jenis monstera yang ada di pasaran, jika ingin mencari yang daunnya lebar, maka pilihan jatuh pada monstera deliciosa king. 

Bisa dibilang, ini adalah daun monstera yang banyak dipilih orang. Selain bentuknya yang cantik, pohonnya pun bisa menambah kecantikan taman maupun ruangan. 

Daun dari tanaman ini bisa sangat lebar, bahkan mencapai 30-50 cm. Pohon ini akan senang jika ditempatkan di area yang sejuk namun tetap mendapat sinar matahari. 

5. Tanaman anthurium pedatoradiatum variegated

5. Tanaman anthurium pedatoradiatum variegated
pinterest.com

Seperti monstera, anthurium juga punya banyak jenis. Salah satu yang sedang banyak diminati akhir-akhir ini adalah anthurium pedatoradiatum variegated. 

Daunnya besar dan lebar. Lebih unik lagi, daunnya berbentuk seperti jari tangan manusia. Untuk warna, daunnya memiliki tone hijau muda dengan sedikit putih lembut di permukaannya. 

6. Philodendron congo rojo

6. Philodendron congo rojo
plantcircle.co

Tanaman yang satu ini memiliki kemiripan warna dengan karet kebo. Warnanya sama-sama hijau pekat dengan warna burgundy di bagian bawah daun dan batangnya. 

Philodendron congo rojo atau red congo sangat cantik dijadikan tanaman hias di dalam rumah. 

Cara merawatnya pun cukup ringkas. Ia senang dengan tanah yang kering dan tidak senang dengan cahaya matahari langsung. 

7. Tanaman calathea ornata

7. Tanaman calathea ornata
reddit.com

Yang terakhir adalah calathea ornata yang memiliki corak nan cantik. Daunnya yang lebar memiliki garis terang berwarna pink muda. 

Daunnya bisa berwarna hijau pekat atau hijau muda. Jenis ini juga salah satu yang banyak diincar pecinta tanaman, lho. 

Itulah 7 jenis tanaman hias yang memiliki daun lebar. Segera lengkapi koleksi Mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.