6 Bahan Alami untuk Membersihkan Alat Masak Berbahan Aluminium

Bisa menghilangkan noda hitam di bagian bawah panci dan wajan lho, Ma!

15 April 2021

6 Bahan Alami Membersihkan Alat Masak Berbahan Aluminium
Pixabay/olafBroeker

Setelah memasak, biasanya Mama akan menemukan noda hitam pada bagian bawah panci atau wajan aluminium. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan apalagi jika noda tersebut susah untuk dihilangkan. 

Aluminium merupakan logam ringan yang membutuhkan perawatan khusus dalam membersihkannya. Selain noda hitam di luarnya, bagian dalam panci atau wajan juga harus dibersihkan secara teratur agar kotoran dari sisa masakan tidak menumpuk. Jika dibiarkan, maka bisa menjadi tempat untuk berkembang biaknya bakteri. 

Dengan rutin membersihkan peralatan masak dari aluminium juga bisa mencegah terjadinya korosi atau perkaratan. Dengan begitu, alat masak jadi awet dan tidak cepat rusak.

Nah Ma, ingin tahu cara membersihkan peralatan masak dari aluminium? Yuk, simak tips-tips dariPopmama.comberikut ini!

1. Air panas mendidih

1. Air panas mendidih
Freepik

Jika ada sisa masakan yang mengendap di dasar panci atau wajan yang berkerak dan sulit dibersihkan. Mama bisa membersihkannya dengan merebus air panas.

Caranya hanya perlu menuangkan air ke dalam panci atau wajan, lalu didihkan selama lima menit. Kalau sudah, matikan api dan tunggu sampai agak dingin.

Kemudian angkat panci atau wajan dari kompor, lalu pakai pinggiran sudip atau spatula untuk mengikis endapan sisa masakan tersebut. Air panas dapat melunakkan sisa masakan yang menempel pada bagian dasarnya.

2. Pasta cuka, tepung dan garam

2. Pasta cuka, tepung garam
Pixabay/StockSnap

Bersihkan peralatan masak aluminium dengan pasta yang terbuat dari campuran cuka, tepung dan garam.

Caranya, campur satu sendok teh garam dalam 230 ml cuka putih. Aduk sampai merata dan tambahkan dengan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai menjadi pasta yang kental.

Oleskan pasta pada peralatan alumunium menggunakan kain. Diamkan selama 15 menit atau bisa juga 1 jam, jika nodanya memang sulit dibersihkan. Bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan kain microfiber yang lembut. 

Editors' Picks

3. Rebusan kulit apel

3. Rebusan kulit apel
Freepik/stockking

Cara lain untuk membersihkan bagian dalam alat masak dari aluminium, yaitu dengan rebusan kulit apel. Hal ini karena zat asam yang terkandung di dalam apel mampu menghilangkan noda yang sulit dibersihkan. 

Rebus kulit apel dan air di dalam panci atau wajan yang terdapat noda. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 20-30 menit. Buang air rebusan kulit apel tadi, kemudian bilas menggunakan air. 

4. Saus tomat

4. Saus tomat
Freepik/user14908974

Berbagai alat masak dari aluminium seperti spatula, saringan santan, kuali dan lainnya yang hampir berkarat. Mama bisa menggunakan saus tomat untuk menghilangkan bagian nodanya.

Membersihkan dengan saus tomat sangat direkomendasikan terutama untuk area kecil yang sulit dijangkau. 

Caranya, oleskan alat masak alumunium yang kotor dengan saus tomat. Biarkan selama 15-20 menit. Gosok dengan kain lembut. Segera bilas untuk mengurangi potensi goresan dan noda. Setelahnya keringkan dengan kain microfiber yang lembut. 

5. Garam dan lemon

5. Garam lemon
Freepik/Racool_studio

Nah, untuk menghilangkan noda hitam di bagian bawah panci dan wajan aluminium, Mama hanya perlu garam dan lemon.

Caranya bubuhkan garam ke bagian panci atau wajan yang hitam dan berkarat, kemudian digosok dengan lemon. Jika seluruh kotoran sudah meluruh bilaslah dengan air.

6. Rebusan cuka

6. Rebusan cuka
Pixabay/evita-ochel

Untuk membersihkan peralatan aluminium kecil seperti saringan atau spatula. Rebuslah larutan cuka bersama alat masak aluminium selama 15 menit. Setelah itu matikan api, lalu keluarkan benda aluminium dengan hati-hati dan bilas.

Jika ingin membersihkan wajan atau panci, Mama bisa merebus 2 sendok makan (30 ml) cuka per satu liter air. Setelah itu, didihkan di kompor selama 15 menit, lalu buang. 

Nah Ma, itulah beberapa bahan alami yang bisa membersihkan peralatan masak berbahan aluminium. Ikuti tipsnya ya agar peralatan masak semakin bersih dan kinclong!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.