8 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner 

Waspada, benda-benda ini bisa bikin mesin vacuum cleaner cepat rusak!

5 Agustus 2021

8 Benda Tidak Boleh Dibersihkan Vacuum Cleaner 
Freepik/senivpetro

Kehadiran vacuum cleaner atau penyedot debu kini mampu menggantikan fungsi sapu. Apalagi saat ini banyak yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih. 

Debu dan kotoran lainnya yang berceceran di lantai dan permukaan furnitur jadi lebih mudah dibersihkan dalam waktu singkat. Namun, tidak semua benda bisa dibersihkan dengan penyedot debu, lho! 

Apabila salah menggunakannya, maka vacuum cleaner akan berpotensi mengeluarkan bau tak sedap. Kemudian, kapasitas kerjanya juga akan menurun atau bahkan tidak bekerja sama sekali. 

Nah Ma, penasaran benda apa saja yang tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner? Kali ini Popmama.com sudah merangkumnya dari Bright Side. 

Yuk Ma, ketahui informasinya!

1. Kopi dan cokelat bubuk 

1. Kopi cokelat bubuk 
Pixabay/jhusemannde

Rasanya malas untuk membereskan kopi dan cokelat bubuk yang tumpah berserakan. Namun, sebaiknya jangan dibersihkan dengan penyedot debu

Selain kopi dan cokelat, benda yang berbentuk bubuk halus seperti tepung akan menempel pada bagian dalam vacuum cleaner dan sangat sulit untuk membersihkannya. 

Selain itu, kopi atau cokelat bubuk juga bahaya bagi penyedot debu karena dapat menyumbat filter. Partikel-partikel kecilnya akan masuk ke dalam mesin dan menonaktifkannya. 

2. Tanah, bunga dan daun kering

2. Tanah, bunga daun kering
Freepik

Apakah anak-anak sering lupa melepas sepatu mereka saat masuk ke dalam rumah? Akibatnya, karpet jadi kotor karena tanah dan sulit dibersihkan. 

Mama pun langsung membersihkan semua tanah yang menempel dengan vacuum cleaner. Padahal, akan lebih efektif jika karpet langsung dicuci dan disikat. 

Penggunaan penyedot debu justru akan membuat tanah lebih menempel pada karpet, apalagi jika terbuat dari bahan bulu-bulu tebal. 

Tanah yang basah atau bunga dan daun kering dapat menyumbat selang dan filter penyedot debu. Setelah terperangkap di dalamnya, maka akan tetap lembap sehingga bisa menyebabkan sejumlah masalah teknis pada mesin. 

3. Rambut dan bulu hewan peliharaan

3. Rambut bulu hewan peliharaan
Pexels/Inge Wallumrød

Hampir di setiap ruangan, pasti ada saja rambut rontok yang berserakan.

Selain itu, jika di rumah ada hewan peliharaan, maka bulu-bulu halusnya pasti akan menempel di sofa atau karpet. Rambut dan bulu-bulu ini tanpa sengaja pasti akan tersedot ke dalam vacuum cleanersaat Mama membersihkan ruangan.

Sebetulnya hal ini tidak berbahaya, tetapi jika terlalu banyak rambut atau bulu-bulu yang masuk ke dalam alat bisa menyumbat filternya. Pada akhirnya kinerja penyedot debu bisa menurun.

Beberapa vacuum cleaner dilengkapi dengan sikat berputar cepat yang dapat menggulung rambut. Namun, Mama harus membersihkan sikat secara manual dengan membongkar perangkatnya. 

Editors' Picks

4. Kosmetik bertekstur bubuk

4. Kosmetik bertekstur bubuk
Freepik

Apabila kosmetik Mama pecah dan hancur berantakan, sebaiknya jangan dibersihkan dengan vacuum cleaner

Kosmetik dengan tekstur bubuk, seperti bedak tabur, blush on, dan eyeshadow ternyata mengandung zat yang bisa meleleh jika terlalu lama disimpan dalam suhu panas.

Lelehannya ini akan menyumbat filter dan sulit untuk dibersihkan. Satu-satunya cara, Mama harus menggantinya dengan komponen baru. 

5. Konfeti dari kertas-kertas kecil berbahan foil

5. Konfeti dari kertas-kertas kecil berbahan foil
Freepik

Setelah mengadakan pesta ulang tahun, biasanya ruangan akan dipenuhi dengan konfeti. Rasanya malas untuk membersihkan lantai dan furnitur dari kertas-kertas kecil yang berserakan ini.

Namun, sebaiknya jangan membersihkan konfeti dengan penyedot debu. Terutama konfeti dari foil, ternyata lebih berbahaya daripada yang terbuat dari kertas.

Konfeti jenis foil akan cepat meleleh di dalam vacuum cleaner yang bersuhu panas. Selain itu, ia juga bisa tersangkut di tempat yang sulit dijangkau dan menonaktifkan mesin.

6. Gulungan kabel listrik yang berdebu

6. Gulungan kabel listrik berdebu
Freepik/rawpixel.com

Gulungan kabel biasanya sengaja diletakkan di tempat yang tersembunyi agar tidak merusak pemandangan ruangan. Akhirnya, kabel bisa kotor dan berdebu karena jarang dibersihkan.

Namun, sebaiknya Mama jangan menyedot debunya dengan vacuum cleaner. Daya isap mesin yang kuat dapat merobek kabel-kabel kecil. Sobekan tersebut tidak kasat mata, sehingga tiba-tiba bisa saja terjadi korsleting listrik.

7. Lantai yang masih basah

7. Lantai masih basah
Freepik/proostoleh

Menyedot debu di lantai yang basah ternyata sangat bahaya, lho! Mama bisa tersengat listrik dan kemungkinan akan terjadi korsleting.

Apabila lantai hanya basah sedikit, sebetulnya tidak apa-apa untuk dibersihkan dengan vacuum cleaner. Namun, debu yang tersedot akan mengeras dan menimbulkan bau busuk di tabungnya.

8. Pecahan beling yang berukuran kecil

8. Pecahan beling berukuran kecil
Pixabay/kirahoffmann

Saat Mama tak sengaja memecahkan gelas atau piring, pasti ada pecahannya yang sulit dijangkau saat dibersihkan. Oleh karena itu, vacuum cleaner kerap digunakan untuk menyedot semua serpihan beling di area seperti kolong meja atau sela-sela lemari. 

Setelah melakukan proses pembersihan ini, Mama disarankan untuk mengganti selang penyedot debu, filter, dan kantong yang menampung debu. 

Dikhawatirkan penyedot debu akan mengalami kerusakan kecil, misalnya kantongnya sobek. Akhirnya, mesin tidak mampu menahan debu di dalamnya dan debu akan kembali keluar melalui bagian yang rusak. 

Nah Ma, itulah beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner. Yuk, ikuti tipsnya agar perabot rumah tangga tidak cepat rusak! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.