8 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Mendekorasi Apartemen Minimalis 

Kesalahan ini bisa bikin apartemen justru berantakan dan terlihat kotor lho, Ma!

18 Juni 2021

8 Kesalahan Sering Terjadi saat Mendekorasi Apartemen Minimalis 
Freepik/diana.grytsku

Desain minimalis sering diterapkan pada hunian seperti apartemen, sehingga bisa menciptakan kesan luas dan bersih. Poin penting dalam desain minimalis, yakni simpel dengan tetap terkesan modern dan mewah.

Namun, saat mendekorasinya kadang sering terjadi kesalahan yang justru menghilangkan kesan minimalis di ruangan tersebut. Beberapa kesalahan dalam mendekorasi apartemen dapat membuat ruangan tampak berantakan, kotor dan bahkan suram. 

Merangkum dari Bright Side, kali ini Popmama.com akan membagikan beberapa tips mendekorasi apartemen sederhana agar terlihat mewah. 

Yuk, diperhatikan baik-baik! 

1. Menyimpan banyak barang dalam rak terbuka

1. Menyimpan banyak barang dalam rak terbuka
designideasguide.com

Rak terbuka merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan buku dan beberapa pajangan kecil.

Namun, ingat rak terbuka tidak boleh diisi terlalu banyak barang. Hal ini bisa mengurangi nilai estetikannya dan membuat apartemen terasa sempit. Beri jarak antara barang satu dengan lainnya. Ini bertujuan agar ada ruang kosong untuk mengistirahatkan mata. 

2. Memajang buku-buku lama

2. Memajang buku-buku lama
elledecor.com

Banyak orang mencoba memajang setiap buku yang mereka punya, tetapi ini adalah kesalahan besar. Sebaiknya pertimbangkanlah untuk menyingkirkan buku-buku lama yang sudah jarang atau tidak pernah dibaca lagi.

Demi rak buku terlihat elegan, Mama perlu pastikan untuk tidak meletakkan buku dengan jarak terlalu dekat. Sebaiknya letakkan 2-3 tumpukan buku kecil di rak dan sisakan ruang kosong untuk beberapa pajangan kecil.

Rak akan dianggap penuh jika kita telah mengisi 80 persen dari ruangnya. 

3. Menggunakan terlalu banyak bantal sofa

3. Menggunakan terlalu banyak bantal sofa
Freepik/alexandercho

Bantal sofa atau cushion dapat membuat tampilan ruang tamu terlihat elegan.

Namun, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak. Jumlah yang ideal, yakni 2-3 bantal untuk setiap ujung sofa. Jika Mama mengatur bantal di sofa dalam satu baris, tampilan ruang tamu akan terlihat aneh. 

Editors' Picks

4. Terlalu banyak dekorasi bingkai foto

4. Terlalu banyak dekorasi bingkai foto
simplelifeprattle.com

Banyaknya foto dalam bingkai dapat membuat ruangan tampak tidak proporsional, apalagi jika bingkai tersebut warna-warni dan modelnya berbeda. 

Sebaiknya pajang beberapa foto dalam bingkai yang serupa. Tempatlan pada dinding, di atas kabinet atau rak terbuka. Namun, pilihlah satu tempat saja. Jika Mama menggantung 2 foto di dinding dan 4 foto lagi di atas meja. 

5. Kabel-kabel yang berantakan

5. Kabel-kabel berantakan
Freepik/rawpixel.com

Tentunya setiap rumah atau apartemen dilengkapi dengan berbagai peralatan elektronik.

Namun, perhatikan juga kabel-kabelnya. Jika tidak ditata dengan baik, maka kabel-kabel tersebut dapat mengganggu keindahan ruangan. 

Gunakanlah klem kabel untuk menatanya agar lebih rapi. Klem kabel tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, caranya bisa ditempel ataupun dibaut di dinding untuk membentuk alur kabel yang rapi.  

6. Memilih furnitur yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan

6. Memilih furnitur tidak sesuai ukuran ruangan
Freepik

Saat memilih furnitur, sesuaikanlah dengan ukuran ruangannya.

Perabotan yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat membuat tampilan ruangan jadi tidak enak dilihat. Apartemen akan tampak sesak atau bisa juga terlalu kosong. 

7. Menggunakan konsep warna-warna gelap

7. Menggunakan konsep warna-warna gelap
acnnhome.com

Ruangan dengan konsep warna gelap akan membuat tampilannya terasa kusam dan suram. Persepsi ini dipengaruhi alam bawah sadar kita yang menganggap semakin putih ruangan, maka akan semakin bersih. 

Namun, Mama tak perlu repot-repot mengganti cat warna dinding atau membeli furnitur baru dengan warna terang. Cukup hanya tambahkan aksen warna terang saja ke ruangan dengan konsep gelap. Misalnya, menempatkan lukisan warna-warni. 

Selain itu, bisa juga menambahkan 1 atau 2 cermin besar dengan bingkai tipis. Cermin dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak terang dan lega. 

8. Terlalu banyak pola dalam ruangan 

8. Terlalu banyak pola dalam ruangan 
thespruce.com

Perabotan dengan pola atau motif yang mencolok kini dianggap sudah ketinggalan zaman. Misalnya sofa atau cushion berpola abstrak.

Terlalu banyak pola di satu tempat dapat membuat ruangan terkesan sesak dan berantakan. Alternatifnya, Mama bisa memadukan bantal bantal sofa berpola abstrak dengan yang yang berwarna polos. 

Nah Ma, itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mendekorasi apartemen. Yuk, mulai sekarang buat hunian kita semakin nyaman dan rapi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.