5 Tanaman untuk Menyambut Imlek yang Dianggap Membawa Keberuntungan

Bisa menjadi referensi dekorasi di rumah nih, Ma

11 Januari 2021

5 Tanaman Menyambut Imlek Dianggap Membawa Keberuntungan
Freepik/sensvector

Jelang tahun baru China, tentunya bagi yang merayakan imlek akan menyiapkan segala selalu agar lebih bermakna. Salah satu yang dipersiapkan oleh orang China, yaitu dekorasi rumah dengan berbagai pernak-pernik imlek.

Menghias rumah dengan pernak-pernik khas imlek merupakan tradisi yang wajib dilakukan saat perayaan imlek. Tak hanya di rumah, sejumlah pusat pembelanjaan juga menghiasnya dengan dekorasi khas imlek.

Dekorasi yang sering digunakan untuk menghias rumah atau pusat pembelanjaan, yaitu lampion, barongsai, tanaman, dan pernak-pernik lainnya. Perlu diketahui bahwa ada beberapa bunga atau tanaman yang biasa digunakan untuk dekorasi mempunyai banyak makna dan membawa keberuntungan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum tanaman untuk menyambut imlek yang dapat membawa keberuntungan.

1. Bunga mei hwa mirip seperti bunga sakura

1. Bunga mei hwa mirip seperti bunga sakura
Freepik/jamookajeab

Bunga mei hwa menjadi perlengkapan dekorasi yang wajib ada saat perayaan imlek. Tak hanya untuk dekorasi di rumah atau pusat pembelanjaan, bunga ini juga dapat menjadi gambar kartu ampao dan kartu undangan.

Bentuknya seperti bunga di Jepang, sering kali bunga mei hwa ini disebut bunga sakura. Walau bentuknya sama dan satu jenis, tetapi beda ya Ma antara bunga sakura dan mei hwa. Di Tiongkok, bunga mei hwa diartikan sebagai bunga yang cantik.

Bunga mei hwa memiliki beberapa simbol yang mengandung makna, yaitu kemakmuran, kesejahteraan, keberuntungan, kebahagian. Hal ini dipercaya karena bunga ini dapat tumbuh dalam keadaan dingin dan musim semi.

Bunga mei hwa atau dapat disebut plum blossom dapat digunakan sebagai obat tradisional dengan tidak memiliki efek samping. Pohon ini memiliki antioksidan alami yang berfungsi sebagai menjaga sistem dalam tubuh agar lancar dan merawat kulit.

Editors' Picks

2. Lucky bamboo atau pohon bambu membawa keberuntungan

2. Lucky bamboo atau pohon bambu membawa keberuntungan
Freepik/thanthima

Lucky bamboo dikenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Tanaman ini sangat populer bagi orang China dan pada umumnya mereka akan menaruhnya di halaman atau depan rumah untuk menjadi hiasan yang cantik.

Tak hanya untuk perayaan imlek, tanaman ini sering dipakai sebagai hadiah untuk ulang tahun, pindah rumah, buka usaha agar mendapatkan keuntungan.

Pohon bambu ini memiliki beberapa makna, yaitu membawa keberuntungan, mengontrol energi di rumah, mendatangkan rezeki, menjaga kesehatan, dan keharmonisan keluarga. Di dalam tanaman ini terdapat 5 elemen dari Feng Shui, yaitu elemen kayu, bumi, logam, air, dan api.

Merawat tanaman ini cukup mudah untuk dilakukan, berikut ini tipsnya:

  • Menentukan media yang akan digunakan. Tanaman ini mempunyai dua media yang dapat dilakukan, yakni air dan tanah. Jika Mama memilih menggunakan media tanah, tanaman ini harus rajin disiram agar tanah tidak kering dan terasa lembab. Jika memilih media air, sebaiknya berikan beberapa kerikil di dalam pot untuk menopang akar tanaman ini dan berikan air seminggu sekali.
  • Berikan pupuk. Pemberian pupuk ke tanaman ini wajib dan harus sesuai. Kelebihan pupuk pada tanaman akan membuat pohon ini mati.
  • Hindari dari paparan matahari secara langsung. Tanaman ini memang memerlukan cahaya matahari, namun jika terkena langsung akan membuatnya menjadi kering dan mati. Untuk mencegahnya, Mama dapat menaruh pot di tempat yang teduh dan jangan terkena paparan matahari secara langsung.

3. Pohon jeruk mandarin memberi energi positif

3. Pohon jeruk mandarin memberi energi positif
Freepik/jcomp

Pohon jeruk mandarin sangat banyak ditemukan saat menjelang perayaan imlek. Dalam Bahasa katon, pohon ini disebut gam gat sue yang memilki arti emas dan keberuntungan.

Dari segi warna, yaitu orange melambangkan warna yang dapat dianggap sebagai kehidupan akan cerah dan mendapatkan energi positif.

Merawat pohon jeruk mandarin juga tergolong mudah, dengan cara:

  • Melakukan penyiraman setiap seminggu sekali, namun jika hujan tidak perlu disiram.
  • Memberi pupuk. Pohon ini memerlukan pupuk yang cukup, Mama bisa memberi pupuk organic maupun anorganik.
  • Memotong dahan pohon yang rusak. Pemangkasan ini bertujuan agar dahan atau cabang pohon lainnya tidak ikut rusak dan mati. Pemotongan dapat dilakukan selama 3-4 kali dalam setahun.

4. Bunga bakung melambangkan simbol keberuntungan

4. Bunga bakung melambangkan simbol keberuntungan
Freepik/devmaryna

Bunga bakung merupakan salah satu tanaman yang ada saat menyambut perayaan imlek. Bunga bakung atau sering disebut bunga lily melambangkan simbol keberuntungan bagi siapa saja yang menanam dan merawat tanaman ini.

Tak hanya sebagai simbol keberuntungan, bunga ini juga melambangkan kesucian, kebajikan, kemurnian, dan kemakmuran. Bunga bakung memiliki beberapa warna yang dapat membuat tanaman ini semakin cantik.

Bunga bakung atau bunga lily termasuk ke dalam tanaman yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Perawatannya cukup mudah, yaitu:

  • Rutin menyiram di pagi dan sore hari, namun jangan memberikan banyak air agar tidak mati.
  • Pemberian pupuk. Bunga ini juga perlu diberikan pupuk secara rutin agar tumbuh kembangnya bagus, tetapi jangan sampai berlebihan ya Ma.
  • Menempatkan lokasi yang tepat. Bunga bakung perlu ditaruh di tanah yang cepat kering jika terkena air dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

5. Bunga krisan dapat membuat pemiliknya panjang umur

5. Bunga krisan dapat membuat pemilik panjang umur
Freepik/stockking

Bunga krisan diharapkan dapat membuat pemiliknya menjadi panjang umur dan sehat selalu. Bunga ini juga memiliki aneka warna, sehingga membuat orang menjadi tertarik.

Warna-warna pada bunga ini memiliki makna. Bunga krisan merah menyimbolkan cinta, warna kuning menyimbolkan kebahagiaan dan ceria. Sedangkan warna putih menyimbolkan setia. Pada umumnya warna pada bunga ini, yaitu kuning dan orange.

Merawat bunga krisan masih tergolong cukup mudah, yaitu:

  • Menempatkan pada lokasi yang tepat. Bunga krisan hanya memerlukan cahaya matahari 6 hingga 8 jam, setelahnya Mama dapat memilih tempat yang tidak terkena paparan cahaya matahari.
  • Rutin menyiram tanaman. Bunga ini memerlukan air yang cukup, Mama dapat menyiram tanaman ini setiap pagi hari.
  • Memberikan pupuk tanaman. Mama dapat memberi pupuk selama sebulan sekali, setelah dua bulan ditanam. Pupuk yang tepat untuk bunga ini, yaitu organik.

Nah, itulah beberapa tanaman untuk menyambut imbel dan dianggap dapat membawa keberuntungan. Tanaman mana yang menjadi favorit nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.