5 Warna Cat Rumah yang Bisa Mengusir Stres, Biru Paling Efektif

Warna biru terbukti bisa mengurangi stres lho, Ma

10 Juli 2024

5 Warna Cat Rumah Bisa Mengusir Stres, Biru Paling Efektif
Freepik/wayhomestudio

Warna pada cat rumah atau lingkungan tempat tinggal dapat memengaruhi tingkat stres seseorang. Fenomena ini dikenal sebagai psikologi warna, bahkan telah menjadi topik penelitian yang signifikan dalam psikologi lingkungan.

Sebagai informasi, tingkat stres seseorang dapat dipengaruhi oleh apakah mereka menyukai warna yang digunakan dalam lingkungannya. Orang yang menyukai warna-warna tertentu cenderung merasa lebih nyaman dan lebih sedikit stres.

Sebut saja warna cat rumah biru muda atau hijau pucat, kedua warna ini sering dikaitkan dengan ketenangan dan relaksasi. Kedua warna tersebut bisa membantu menurunkan tingkat stres dan menciptakan suasana yang lebih tenang di dalam rumah.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi terkait beberapa warna cat rumah yang bisa mengusir stres secara lebih detail. 

Simak penjelasan warna cat rumah kali ini, yuk!

Kumpulan Warna Cat Rumah yang Bisa Mengusir Stres

1. Warna cat rumah biru

1. Warna cat rumah biru
Pinterest.com/MalAndSeitz

Beberapa penelitian salah satunya National Institue of Health telah menunjukkan bahwa paparan terhadap warna biru dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Hal ini dikarenakan warna biru memiliki efek menenangkan pada sistem saraf dan dapat membantu meredakan ketegangan emosional. Ketika seseorang melihat warna biru, maka otak mereka cenderung merespons dengan menurunkan tingkat aktivitas. Selain itu, dapat mengurangi produksi hormon stres seperti kortisol yang menyebabkan perasaan bisa lebih tenang dan rileks. 

Selain itu, warna biru memiliki efek fisiologis yang menguntungkan, termasuk menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, yang merupakan indikator fisik dari tingkat stres yang lebih rendah.

Sebagai hasilnya, cat rumah warna biru sering dianggap sebagai pilihan yang baik untuk menciptakan lingkungan yang santai dan menenangkan di rumah. Apalagi jika cat warna biru diaplikasikan di ruang tidur atau ruang santai.

Editors' Pick

2. Warna cat rumah hijau

2. Warna cat rumah hijau
Pinterest.com

Cat rumah warna hijau umumnya dikaitkan dengan suasana yang menenangkan dan meredakan stres. Warna hijau sering dianggap sebagai warna alam dan kehidupan, sehingga dapat menciptakan hubungan kuat dengan unsur-unsur alam yang memberikan rasa ketenangan.

Rasa menenangkan itu terjadi melalui pada sistem saraf, sehingga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Melihat warna hijau dapat merangsang perasaan rileks dan mengurangi aktivitas otak yang berhubungan dengan stres.

3. Warna cat rumah putih

3. Warna cat rumah putih
Pinterest.com/Katrina

Warna putih menciptakan kesan ruang yang lebih besar dan lapang, bahkan di ruang yang lebih kecil. Ruang yang terasa lebih terbuka dan luas dapat memberikan perasaan lega dan nyaman, sehingga dapat membantu meredakan stres.

Selain itu, warna putih memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya dengan baik. Dengan begitu, ini akan membantu meningkatkan pencahayaan alami di dalam ruangan. Pencahayaan alami telah terbukti memiliki efek positif pada kesejahteraan mental dan emosional seseorang. 

4. Warna cat rumah abu-abu

4. Warna cat rumah abu-abu
Pexels/Curtis Adams

Cat rumah dengan warna abu-abu juga dapat membantu mengurangi stres. Warna abu-abu kerap kali dianggap sebagai warna netral yang menenangkan dan serbaguna, bahkan sering kali digunakan dalam desain interior untuk menciptakan suasana tenang.

Keuntungan lain yang ditawarkan cat berwarna abu-abu, seperti mampu menciptakan kontras dengan warna-warna lain atau elemen dekoratif lainnya di dalam ruangan.

Kontras yang dihasilkan dapat memberikan kedalaman visual dan menarik perhatian tanpa menjadi terlalu mencolok, bahkan dapat membantu menciptakan lingkungan yang menenangkan.

5. Warna cat rumah kuning cerah

5. Warna cat rumah kuning cerah
Pinterest.com

Warna kuning cerah sering dikaitkan dengan kesegaran, keceriaan, dan semangat. Paparan terhadap warna kuning cerah dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan kebahagiaan dan optimisme. Pengaruh yang cukup besar dari penggunaan car warna kuning cerah ini dapat membantu mengurangi tingkat stres.

Meskipun warna kuning cerah bisa memberikan suasana yang ceria dan menyenangkan bagi sebagian orang, namun dampaknya terhadap tingkat stres dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan konteks penggunaannya.

Nah, itu dia deretan warna cat rumah yang bisa mengusir stres. Sekali lagi, warna-warna di atas tergantung preferensi warna kesukaan dan favorit Papa dan Mama, ya.

Baca juga:

The Latest