Tak Cepat Layu, 11 Tanaman Hias yang Tahan Jika Terkena Panas Matahari

Tak cepat layu jika terkena panas matahari, ini deretan tanaman hias yang bisa jadi pilihan

9 Juni 2021

Tak Cepat Layu, 11 Tanaman Hias Tahan Jika Terkena Panas Matahari
Pexels/Lachlan Ross

Tanaman hias menjadi ide menarik yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik pekarangan atau interior rumah. Tak hanya memberikan kesan indah saja, namun deretan tanaman hias di rumah juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tetapi nyatanya, tak semua orang dapat merawat tanaman hias dengan baik. Mulai dari kurangnya waktu dalam perawatan, bahkan penempatan tanaman hias yang salah bisa membuatnya cepat layu. Seperti halnya ketika tanaman terlalu lama terkena sinar matahari.

Bagi Mama yang ingin mempercantik pekarangan dan tengah mencari tanaman hias yang tahan dengan panas matahari, berikut Popmama.com telah merangkum 11 tanaman hias tahan panas.

Yuk, beli tanaman berikut untuk mempercantik rumahmu!

1. Kaktus

1. Kaktus
Unsplash/malte_bremer

Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dipilih lantaran mudah dalam perawatan, bahkan bisa tahan terhadap panas matahari.

Seperti yang kita ketahui, kaktus merupakan tanaman yang habitat aslinya memiliki cuaca panas yang sangat mumpuni, sehingga tak heran jika tanaman hias satu ini bisa bertahan. Mama pun yang sedang mencari tanaman hias yang tahan jika terkena panas sinar matahari, maka kaktus bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Selain untuk mempercantik pekarangan atau interior rumah, maka pemilihan kaktus juga sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki waktu dalam merawatnya. Sebab, kaktus hanya perlu disiram setidaknya dua kali dalam sebulan.

2. Bunga euphorbia

2. Bunga euphorbia
Pixabay/sarangib

Euphorbia atau yang biasa disebut bunga kancing merupakan tanaman hias lainnya yang tahan terhadap panas matahari. Meski saat ini bunga euphorbia sudah mulai terlupakan, namun bunganya yang cantik cocok dijadikan dekorasi rumah agar terlihat lebih indah. 

Selain itu, tanaman hias yang tahan panas matahari ini akan tumbuh dengan cantik jika dirawat dengan baik. Tertarik mencobanya, Ma?

3. Lili paris

3. Lili paris
Tokopedia.com

Menjadi salah satu tanaman hias populer di Indonesia, lili paris ternyata juga dapat bertahan dengan baik dalam cuaca dingin maupun panas. 

Tanaman yang mudah dirawat dan bisa menyesuaikan cuaca ini bisa kamu simpan untuk mempercantik pekarangan rumah, maupun kamu jadikan tanaman hias gantung yang bisa dipajang di dalam ruangan.

4. Bunga bougenville

4. Bunga bougenville
Pexels/Bianca

Bougenville atau disebut bunga kertas menjadi salah satu tanaman hias yang paling tangguh karena mampu bertahan pada cuaca terik sekalipun. Dengan suhu panas, bougenville justru semakin banyak mengeluarkan bunga.

Selain menjadi tanaman hias dengan bunga yang cantik, bougenville menjadi tanaman hias yang cukup mudah dalam perawatan karena tak perlu sering-sering menyiramnya.

Namun perlu diperhatikan, selain suhu panas matahari, kamu juga perlu mempersiapkan media tanam, pemupukan serta pemangkasan yang baik agar bougenville dapat menghasilkan bunga cantik nan rimbun.

Editors' Picks

5. Lidah mertua

5. Lidah mertua
Pexels/kulbir

Tanaman hias lidah mertua juga menjadi satu dari tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman yang bisa bertahan baik dalam suhu ruangan maupun panas hingga 37 derajat celcius ini menjadi tanaman yang bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Selain mempercantik rumah dan mudah dalam perawatannya, tanaman lidah mertua juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya sebagai antiseptik untuk membunuh kuman.

Jadi, double manfaat deh!

6. Kembang sepatu

6. Kembang sepatu
Pixabay/varun_saa

Kembang sepatu merupakan tanaman yang berasal dari Asia Timur yang mampu bertahan pada suhu panas matahari.

Selain memiliki bunga yang cantik untuk dekorasi interior maupun eksterior rumah, tanaman yang memiliki aneka warna seperti putih, kuning, oranye, merah serta pink ini juga dapat tumbuh dalam cuaca panas.

Tertarik mencoba menanam tanaman hias satu ini?

7. Cocor bebek

7. Cocor bebek
Instagram.com/jolie_christianto

Cocor bebek terkenal sebagai tanaman hias dengan metode reproduksinya melalui tunas daun.

Cocor bebek juga menajdi deretan tanaman hias yang tahan ketika cuaca panas dan cukup mudah merawatnya. Apalagi kamu hanya perlu menyiramnya minimal setiap 10 hari sekali. Mudah merawat namun tetap berikan kesan asri, bukan?

8. Bunga pentas

8. Bunga pentas
Pinterest.com

Tanaman hias satu ini menjadi tanaman yang paling sering berbunga di antara tanaman hias lainnya.

Sebab, pohon bunga pentas dalam setahun perawatan dapat berbunga hingga 4 kali lho! Tak memerlukan perawatan yang terlalu rumit, tanaman ini juga bisa bertahan dicuaca panas dengan warna bunga merah yang khas dan cocok untuk menghiasi pekarangan rumahmu.

9. Palem

9. Palem
Pixabay/Hans

Selain tahan dengan panas matahari, palem menjadi tanaman hias yang juga tahan pada hujan. Menjadi tanaman yang mudah dirawat, palem juga mendapatkan sendiri asupan airnya dari tanah, sehingga kamu pun tak perlu sering-sering menyiramnya.

Sifatnya yang tahan hujan dan panas matahari, serta mampu mendapatkan asupan air sendiri membuat palem dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang ada di pinggir jalan maupun taman kota.

Cocok juga untuk hiasan di halaman rumahmu, nih!

10. Bunga kamboja

10. Bunga kamboja
Pexels/Daksh Bansal

Identik dengan bunga yang banyak ditanam di pemakaman, tetapi bunga kamboja juga bisa kamu tanam sendiri di rumah sebagai dekorasi. 

Bunga cantik yang identik dengan warna putih dan aksen kuning di bagian tengahnya ini menjadi tanaman hias yang mudah ditanam, bahkan bisa cepat tumbuh meski berada dalam suhu panas sekalipun.

Nggak perlu takut mudah layu karena terkena sinar matahari. Bunga kamboja cukup kuat terhadap panas matahari lho, Ma. 

11. Bunga geranium

11. Bunga geranium
Pixabay/Hans

Bunga geranium atau sering disebut tapak dara menjadi tanaman hias yang banyak dipilih untuk mempercantik rumah. Selain bunganya yang cantik, tanaman satu ini mudah dalam perawatannya.

Bunga geranium disebut sebagai tanaman hias yang mampu beradaptasi dengan baik pada cuaca panas. Sehingga cocok kamu jadikan hiasan di halaman rumah.

Tak hanya cantik dan mudah dalam perawatan, konon katanya, bunga geranium juga disebut sebagai tanaman hias yang dapat menanangkan rumah dari serangan nyamuk lho!

Itulah deretan tanaman hias tahan panas. Tanaman hias di atas bisa dijadikan referensi bagi kamu yang ingin mempercantik rumah tanpa perlu takut layu lantaran terkena sinar matahari.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.