9 Cara Membuat Ruangan Sejuk Tanpa AC, Bisa Lebih Hemat

Caranya mudah dan bisa menghemat keuangan keluarga

3 Desember 2021

9 Cara Membuat Ruangan Sejuk Tanpa AC, Bisa Lebih Hemat
Pexels/rachel-claire

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kelembapan udara yang cukup tinggi. Namun, di Indonesia curah hujan juga tinggi dengan hembusan angin yang cukup kencang. 

Selain itu, matahari yang ada sepanjang tahun membuat kita dilimpahi cahaya terus-menerus. Uniknya, meski faktor matahari ini bersinar sepanjang tahun masih banyak masyarakat yang kurang bisa beradaptasi dengan cuaca panas. 

Sejak murahnya harga pendingin udara atau AC membuat orang memiliki ruangan yang lebih sejuk. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan memanfaatkan jendela atau pintu untuk mengalirkan udara ke dalam ruangan. Ini membuat kita bisa biaya listrik setiap bulannya lebih hemat dengan cara mudah.

Berikut Popmama.com rangkum cara membuat ruangan sejuk tanpa AC agar lebih hemar dan mudah.

1. Menggunakan kipas angin

1. Menggunakan kipas angin
Pixabay/StockSnap

Salah satu cara membuat ruangan dingin instan, yakni dengan memasang kipas angin. Bisa memasang kipas di ruangan kita.

Ada banyak pilihan kipas angin mulai dari yang dipasang di dinding, di plafon, kipas angin di meja, hingga kipas angin dengan dudukan yang tinggi. 

2. Aplikasi cat eksterior anti-panas

2. Aplikasi cat eksterior anti-panas
Freepik/freepik

Teknologi untuk hunian semakin berkembang, salah satunya dengan cat eksterior yang bisa mengurangi panas. Cat ini memang dirancang untuk mengurangi penyerapan sinar matahari dan memantulkannya kembali.

Dengan menggunakan cat ini, maka suhu di dalam ruangan bisa turun 2-3 derajat dari temperatur di luar rumah.

3. Menaruh tanaman indoor

3. Menaruh tanaman indoor
Pexels/Golnar sabzpoush rashidi

Adanya tanaman indoor tidak hanya bisa memperindah rumah saja, tapi juga bisa membuatnya sejuk. Tanaman ini juga akan menghasilkan oksigen yang tentunya menjadikan ruangan lebih sejuk.

Meski tanpa AC, adanya tanaman indoor ini bisa menyerap racun yang ada di rumah. Ini membantu rumah dan ruangan menjadi lebih sehat.

Editors' Picks

4. Menaruh mangkuk berisi air dingin di bawah kipas angin menyala

4. Menaruh mangkuk berisi air dingin bawah kipas angin menyala
Pexels/cottonbro

Ini bisa menjadi cara kita membuat 'AC portabel' sederhana di rumah. Taruh saja mangkuk berisi air dingin di bawah kipas angin yang menyala.

Cara ini akan membuat ruangan dingin tanpa AC. Kalau sudah tidak dingin kita bisa ganti airnya atau tambahkan es batu kembali.

5. Memakai bahan katun ketika ada di dalam rumah

5. Memakai bahan katun ketika ada dalam rumah
Pexels/cottonbro

Selanjutnya yang bisa dilakukan, yakni menggunakan kain dari material katun 100 persen untuk perlengkapan rumah tangga misalnya sprei, sarung bantal, dan selimut. 

Kita juga bisa memasang kain katun ini di sarung bantal seperti sofa atau cushion sehingga bisa digunakan lebih nyaman. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian dari katun agar lebih nyaman dan bisa menyerap keringat.

6. Mengurangi peralatan elektronik yang menimbulkan panas

6. Mengurangi peralatan elektronik menimbulkan panas
Freepik/lifeforstock

Saat siang hari, biasakan untuk mematikan lampu agar tidak silau. Ini juga membuat kita lebih hemat untuk mengurangi energi.

Matikan juga peralatan elektronik di rumah yang tidak terpakai, terutama barang-barang yang bisa menghasilkan panas. 

Untuk membantu sirkulasi udara yang baik, sebaiknya rumah juga dilengkapi dengan ventilasi yang tepat. Ini juga membantu pencahayaan lebih baik masuk ke ruangan.

7. Memasang exhaust fan

7. Memasang exhaust fan
Pexels/Min An

Kalau kita punya ruangan yang tidak memungkinkan ventilasi atau jendela ada maka langkah selanjutnya ialah menggunakan exhaust fan. Fungsinya untuk mengatur udara di dalam ruangan bisa bertukar dengan udara di luar. 

Jika ada pergantian udara secara rutin, maka udara di ruangan bisa sejuk meskipun tidak memiliki AC. 

8. Buka jendel dan pintu saat udara di luar lebih sejuk

8. Buka jendel pintu saat udara luar lebih sejuk
Pexels/Yan Krukov

Ada cara mudah agar kita bisa menyejukkan ruangan tanpa membutuhkan. Caranya hanya tinggal membuka pintu dan jendela lebar-lebar agar udara bisa masuk.

Membuka jendela dan pintu lebar saat musim hujan biasa membantu temperatur ruangan lebih rendah. Udara sejuk di luar rumah akan masuk ke dalam, sehingga terasa lebih dingin dari sebelumnya.

9. Menutup jendela jika udara di luar lebih panas

9. Menutup jendela jika udara luar lebih panas
Pexels/Marie Lemaistre

Jika udara di luar lebih panas, lebih baik menutup pintu dan jendela agar tidak masuk. Ini membuat udara di dalam ruangan yang mungkin lebih dingin juga tidak keluar. 

Tutup jendela saat udara luar panas atau buka jendela ketika udara luar lebih dingin. Bisa langsung dipraktikan nih, Ma. 

Itulah tadi cara membuat ruangan sejuk tanpa AC lebih hemat dan mudah. Bisa langsung coba dipraktikan di rumah mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.