9 Cara Mencuci Baju Putih agar Terlihat Seperti Baru

Baju putih perlu perawatan ekstra agar warnanya tidak pudar

15 Januari 2022

9 Cara Mencuci Baju Putih agar Terlihat Seperti Baru
Unsplash/Mediamodifier

Baju putih cukup digemari banyak orang karena mudah untuk dipadupadankan dengan kombinasi warna apa pun. Maka tidak heran jika baju putih kerap menjadi pakaian wajib yang ada di lemari. 

Namun, mencuci dan merawat baju putih tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Baju putih perlu perawatan ekstra agar warnanya tidak pudar. Tak hanya tu, kotoran pun rentan meninggalkan noda pada baju berwarna putih sehingga menyebabkan baju menjadi kusam dan berwarna kekuningan. 

Apabila Mama mampu merawat baju putih dengan benar, maka baju bisa bertahan lama dan tetap terlihat seperti baru. Nah, berikut Popmama.com merangkum cara mencuci baju putih agar warnanya tahan lama dan tidak cepat kusam.

Simak informasi di bawah ini ya, Ma!

1. Pisahkan baju putih dengan baju lain

1. Pisahkan baju putih baju lain
Unsplash/Anniespratt

Langkah pertama, yakni perlu memisahkan baju putih dengan pakaian lainnya. Menyortir cucian kotor perlu dilakukan agar tidak ada noda yang menempel pada baju putih. 

Hal terpenting yang perlu diingat baju putih perlu dipisahkan dari baju berwarna merah atau gelap. Tujuannya untuk mencegah kelunturan warna. Nantinya, baju putih bisa berubah warna menjadi kusam dan tidak dapat digunakan lagi. 

2. Jangan menumpuk baju kotor di mesin cuci

2. Jangan menumpuk baju kotor mesin cuci
Unsplash/Mediamodifier

Mencuci banyak baju sekaligus dengan mesin cuci memang terdengar praktis. Namun, cara tersebut tidak memberikan hasil yang maksimal. 

Baju putih akan tetap kotor dan kusam. Pasalnya, saat mesin cuci kelebihan beban, tidak ada cukup ruang di antara baju dan air untuk membersihkan noda, tanah, maupun kotoran yang menempel pada baju.

Oleh karena itu, Mama perlu mencuci baju sedikit demi sedikit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Pilih deterjen yang tepat

3. Pilih deterjen tepat
Unsplash/Jmarjes

Mama sebaiknya menggunakan deterjen yang mengandung optical brighteners untuk mencuci baju putih. Kandungan tersebut bisa membuat baju semakin putih seperti baju baru. 

Kandungan optical brighteners berfungsi untuk meningkatkan cahaya biru sekaligus mencegah kadar kuning yang bisa membuat baju kusam. Namun, jangan menuangkan banyak deterjen pada baju. Sebab, deterjen berlebih bisa akan meninggalkan sisa di serat kain. 

Editors' Picks

4. Menambahkan bahan pemutih

4. Menambahkan bahan pemutih
Unsplash/Mediamodifier

Apabila Mama merasa deterjen kurang mampu membersihkan noda pada baju putih, maka mama bisa menambahkan bahan pemutih lainnya. Bahan-bahannya pun mudah didapat karena cukup sering digunakan untuk memasak.

Mama bisa menambahkan setengah gelas boraks atau satu gelas soda kue untuk satu kali pencucian. Bahan tersebut bisa memaksimalkan hasil cucian, sehingga baju putih tampak seperti baru. 

5. Kucek bagian tertentu pada baju

5. Kucek bagian tertentu baju
Unsplash/Gaspanik

Sebelum memasukkan baju putih ke mesin cuci, Mama sebaiknya mengucek bagian tertentu yang biasa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Bagian-bagian tersebut mulai dari kerah, bagian ketiak, lipatan tangan, dan kantong pakaian. 

Debu dan kotoran pada bagian-bagian tersebut akan sulit dihilangkan apabila baju putih hanya dicuci menggunakan mesin cuci. 

6. Gunakan air hangat

6. Gunakan air hangat
Unsplash/Planetcare

Selanjutnya, Mama dianjurkan menggunakan air hangat untuk mencuci baju putih. Sebab, air hangat lebih mudah melepaskan keringat maupun kotoran yang menempel di baju. 

Selain itu, air hangat juga mampu membuat baju putih terlihat baru. Air hangat bisa mengangkat kotoran yang membuat baju terlihat kusam. 

7. Bilas dengan cuka

7. Bilas cuka
Unsplash/Hayakasa

Untuk mendapatkan hasil cucian yang maksimal, Mama juga bisa membilas baju menggunakan cuka. Pasalnya, cuka bisa menghilangkan residu yang menempel pada baju. 

Caranya pun mudah, Mama hanya perlu menambahkan satu cangkir cuka putih ke bilasan air. Setelah deterjen dipastikan lepas dari serat kain, bilas kembali baju menggunakan air hangat. 

8. Cek kotoran di pakaian

8. Cek kotoran pakaian
Unsplash/Photos_by_lanty

Setelah melewati dua kali proses pembilasan, Mama harus memeriksa baju putih satu per satu sebelum dijemur. Jika masih ada noda, segera cuci kembali untuk menghilangkan noda tersebut. 

Jangan langsung mengeringkan baju terutama jika masih ada noda. Sebab, noda tersebut akan sulit dihilangkan dan menyebabkan baju putih menjadi kusam. 

9. Keringkan di bawah sinar matahari

9. Keringkan bawah sinar matahari
Unsplash/Mediamodifier

Terakhir, keringkan baju putih di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet dari matahari akan membantu mencerahkan kembali baju putih mama. 

Apabila Mama menggunakan mesin pengering, maka pastikan pengaturan panas diatur lebih rendah. Panas yang berlebihan dari mesin pengering bisa menyebabkan noda dan warna baju menjadi kusam. 

Nah Ma, itulah sembilan cara mencuci baju putih. Terlihat sulit bukan? Apabila Mama melakukan semua langkah di atas, maka dipastikan baju putih tetap awet dan terlihat seperti baru. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.