7 Cara Menghilangkan Noda Pulpen di Baju

Noda pulpen bisa membuat baju terlihat kotor

3 Agustus 2022

7 Cara Menghilangkan Noda Pulpen Baju
Unsplash/Nicolasthomas

Noda pulpen yang menempel di baju kerap menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama pekerja kantoran. Noda pulpen itu bisa membuat baju terlihat kotor dan tidak menarik secara estetika. Noda pulpen yang dibiarkan akan mengering dan semakin sulit dibersihkan. 

Itulah sebabnya, Mama harus segera mencuci bersih baju yang terkena noda pulpen. Cara menghilangkan noda pulpen pun cukup mudah dengan bahan-bahan yang bisa didapatkan di rumah. Bagaimana caranya?

Simak beberapa cara menghilangkan noda pulpen seperti dirangkum Popmama.com yuk, Ma!

1. Menggunakan pasta gigi

1. Menggunakan pasta gigi
Unsplash/John_jennings

Pasta gigi dikenal ampuh untuk membersihkan noda membandel di tembok, kaca, dan baju. Apabila terdapat noda pulpen di baju, maka Mama perlu mengoleskan pasta gigi secukupnya pada bagian baju yang terkena noda tersebut. 

Lalu, gosok noda tersebut dengan sikat gigi bekas secara perlahan. Pastikan sikat gigi bekas tersebut telah dicuci bersih agar tidak meninggalkan noda baru di baju. Setelah noda pulpen sedikit memudar, segera bilas baju dengan deterjen dan air bersih. 

2. Menggunakan alkohol dan garam

2. Menggunakan alkohol garam
Unsplash/Anotherleaf

Cara selanjutnya untuk menghilangkan noda pulpen ialah menggunakan alkohol dan garam. Pertama, tuangkan alkohol secukupnya pada bagian baju yang terkena noda pulpen. Kemudian, usap noda tersebut dengan kain bersih. 

Setelah noda pulpen sedikit memudar, segera celupkan baju ke dalam ember yang berisi air garam. Rendam baju selama 30 menit, lalu cuci baju seperti biasa menggunakan deterjen dan air mengalir. 

Editors' Picks

3. Menyemprotkan hairspray

3. Menyemprotkan hairspray
Unsplash/Tuvaloland

Apabila Mama tidak memiliki alkohol untuk menghilangkan noda pulpen, maka bisa menggunakan hairspray. Caranya pun cukup mudah, yakni menyemprotkan hairspray pada bagian baju yang terkena noda pulpen. 

Lalu, gosok noda pulpen tersebut dengan kapas. Lakukan berulang hingga noda pulpen memudar. Selanjutnya, cuci baju seperti biasa menggunakan deterjen dan jemur di bawah sinar matahari. 

4. Menggunakan air dan cuka

4. Menggunakan air cuka
Unsplash/Laurachouette

Kandungan asam pada cuka dipercaya bisa mengangkat noda membandel di baju, termasuk noda pulpen. Mama cukup mencampur beberapa tetes cuka dan air hangat. Kemudian, rendam baju yang terkena noda pulpen dalam larutan air cuka. 

Diamkan selama 30 menit, lalu gosok baju secara perlahan menggunakan spons. Apabila noda pulpen belum hilang, maka Mama perlu merendam kembali baju dalam larutan air cuka.

5. Memanfaatkan susu

5. Memanfaatkan susu
Unsplash/Jagodakondratiuk

Jika selama ini berpikir susu hanya bermanfaat untuk kesehatan, maka Mama perlu berpikir ulang. Sebab, susu dapat digunakan untuk menghilangkan bekas pulpen di baju. 

Mama cukup menyiramkan susu secukupnya pada baju yang terkena noda pulpen. Diamkan beberapa menit, lalu gosok-gosok baju secara perlahan hingga noda pulpen hilang. 

6. Menggunakan cairan pembersih cat kuku

6. Menggunakan cairan pembersih cat kuku
Unsplash/Digitalcontentwritersindia

Mama bisa menggunakan aseton atau cairan pembersih cat kuku untuk menghilangkan noda pulpen di baju. Caranya pun cukup mudah, tuangkan satu hingga dua tetes aseton pada baju yang terkena noda pulpen. Pastikan aseton tersebar merata pada noda pulpen. 

Selanjutnya, tekan-tekan noda pulpen itu dengan kain bersih. Tujuannya, noda pulpen itu akan terserap oleh kain. Setelah itu, rendam baju dengan air hangat dan deterjen selama 10-30 menit. Lalu, cuci bersih baju seperti biasa. 

7. Mengoleskan mentega

7. Mengoleskan mentega
Unsplash/Meguminachev

Terakhir, Mama bisa memanfaatkan mentega untuk menghilangkan noda pulpen yang sudah kering di baju. Mama hanya perlu mengoleskan mentega secukupnya pada bagian baju yang terkena noda pulpen. Kemudian, jemur baju di bawah sinar matahari. 

Setelah mentega kering, segera bersihkan baju dengan sabun dan air mengalir. Mama bisa mengulang prosesnya apabila noda pulpen belum terangkat sempurna. 

Itulah beberapa cara menghilangkan noda pulpen dengan mudah. Mama sebaiknya segera mencuci pakaian yang terkena noda pulpen dengan sabun dan air mengalir. Jangan menunggu hingga noda pulpen kering karena noda tersebut akan semakin sulit dibersihkan ya, Ma.  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk