7 Makna Hiasan Pohon Natal, Penuh dengan Arti Mendalam

Pohon Natal bermakna harapan dan kehidupan baru, lalu apa arti hiasan di pohon Natal?

9 Desember 2021

7 Makna Hiasan Pohon Natal, Penuh Arti Mendalam
Pexels/Element5 Digital

Bulan Desember identik dengan perayaan Natal yang jatuh pada 25 Desember. Saat Natal, orang-orang yang merayakan akan menghadirkan pohon Natal di rumah masing-masing. Ornamen dan pohon Natal yang cantik juga dipajang di mal, toko, atau jalan-jalan protokol. 

Pohon Natal bermakna harapan dan kehidupan baru menyambut Natal. Hal ini menggambarkan kasih Yesus pada manusia yang tidak pernah berubah sejak dulu hingga sekarang. 

Selama ini, Mama mungkin hanya mengagumi ornamen-ornamen hiasan pohon Natal seperti bintang, kaos kaki, hingga pita. Ternyata semua ornamen itu enggak sembarangan digantung di pohon Natal loh, Ma. Pasalnya, setiap ornamen memiliki makna dan arti yang berbeda. 

Yuk, intim makna dari tujuh ornamen hiasan pohon Natal yang dirangkum Popmama.com dari The Spruce. 

1. Bintang

1. Bintang
Unsplash/Jon_chng

Bintang adalah ornamen pohon Natal yang paling sering ditemui. Bintang biasanya diletakkan di puncak pohon Natal.

Bintang ternyata memiliki makna simbol dari bintang timur yang menuntut tiga orang majus dan gembala menuju palungan tempat Yesus dilahirkan yakni kota Betlehem.

Bintang juga melambangkan ketaatan umat pada Yesus dan kerendahan hati. 

2. Permen tongkat

2. Permen tongkat
Unsplash/Blondinator92

Permen tongkat merupakan salah satu makanan khas Natal yang juga bisa digantung di pohon Natal. Permen tongkat atau candy cane berbentuk seperti tongkat dengan warna merah dan putih. 

Ternyata permen tongkat bukan sekedar kudapan Natal saja. Permen tongkat melambangkan tongkat gembala di mana menggambarkan Yesus adalah Gembala yang baik untuk menuntun manusia. 

Sementara itu, warna putih pada permen tongkat menunjukkan kemurnian Yesus, sedangkan merah melambangkan darah-Nya yang tercucur. 

Editors' Picks

3. Kaos kaki

3. Kaos kaki
Unsplash/Lyndaann1975

Kaos kaki Natal juga ornamen wajib yang perlu dihadirkan saat perayaan Natal. Kaos kaki Natal umumnya berwarna merah dan digantung di pohon Natal bersama ornamen lainnya. 

Kaos kaki Natal ternyata memiliki makna mendalam yakni perjalanan hidup manusia di dunia menuju kehidupan yang lebih kekal bersama Tuhan dalam sukacita dan kemuliaan-Nya. 

4. Lingkaran holly

4. Lingkaran holly
Unsplash/Laurachouette

Lingkaran holly tidak hanya dipasang di pohon Natal, melainkan juga bisa dipajang di depan pintu rumah. Ornamen ini berbentuk lingkaran yang terbuat dari daun cemara dan dihias dengan buah beri. 

Lingkaran holly memang terkenal karena keindahannya, namun siapa sangka jika ornamen ini juga menyimpan makna terdalam tentang kematian Yesus. Lingkaran Holly menggambarkan mahkota duri yang dikenakan Yesus saat menjalani sengsara-Nya yakni ketika disalib di Bukit Golgota. 

Sementara buah beri dalam lingkaran melambangkan darah Yesus yang bercucuran ketika mengenakan mahkota duri tersebut. 

5. Lonceng

5. Lonceng
Unsplash/Frostroomhead

Hiasan lonceng juga memiliki makna mendalam tentang kehadiran Yesus. Lonceng adalah simbol sukacita akan kedatangan Yesus sekaligus menunjukkan bahwa Yesus adalah Imam Agung. 

Lonceng juga melambangkan kegembiraan menyambut kelahiran Yesus. Dalam Misa Natal, pihak Gereja akan membunyikan lonceng sebagai tanda mulainya ibadah Misa. Mama juga bisa memasang lonceng sebagai hiasan pohon Natal di rumah. 

6. Pita 

6. Pita 
Unsplash/Tonicuenca

Pita umumnya dirangkai pada pohon Natal atau digunakan sebagai pengikat kado Natal. Faktanya, pita bukan sekedar ornamen Natal yang mempercantik kado Natal. 

Pita Natal melambangkan kekeluargaan dan persatuan. Artinya, tidak ada perpecahan atau pemutusan hubungan antar umat Yesus di bumi. Semua umat Yesus harus hidup berdampingan dan penuh kekeluargaan. 

7. Kado

7. Kado
Unsplash/Eugenivy_now

Terakhir adalah kado yang diletakkan pada kaki pohon Natal. Kado merupakan simbol bahwa manusia telah menerima kado terindah yakni kelahiran Yesus yang akan menjadi juru selamat bagi manusia. 

Selain itu, kado juga melambangkan manusia yang harus memberikan berkat kepada orang-orang tersayang dan orang yang membutuhkan. 

Nah Ma, itulah makna dari tujuh hiasan pada pohon Natal. Ternyata hiasan itu tidak sekedar mempercantik pohon Natal, namun juga memiliki arti yang mendalam bagi umat Kristiani dan Katolik untuk memperingati kelahiran Yesus. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk