TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Rukiah Rumah menurut Islam agar Terbebas dari Gangguan Jin

Tidak perlu memanggil ahlinya, Mama dapat merukiah rumah secara mandiri dengan cara sederhana ini

8 Agustus 2022

Cara Rukiah Rumah menurut Islam agar Terbebas dari Gangguan Jin
Freepik/dit26978

Semua orang layak mendapatkan hunian yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan setan dan jin di rumah dapat mengganggu ketentraman pemilik rumah.

Keberadaan setan dan jin ini telah diakui Allah dalam ayat suci Alquran tepatnya dalam surat Al-Jinn ayat 6, berbunyi:

وَّاَنَّهٗ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْاِنْسِ يَعُوْذُوْنَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوْهُمْ رَهَقًاۖ

“Dan sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari jin, tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) bertambah sesat.”

Maka dari itu, banyak orang rela melakukan hal apa saja untuk membuat tempat tinggal mereka terbebas dari gangguan makhluk tak kasat mata. Padahal, tanpa memanggil bantuan orang pintar atau dukun, Mama dapat merukiah rumah secara mandiri.

Terdapat beberapa ayat suci Alquran yang bisa Mama baca saat melakukan proses rukiah rumah. Selain itu, ada juga rutinitas atau kebiasaan yang perlu Mama lakukan demi mengusir jin dan setan di rumah.

Dikutip dari berbagai sumber, kini Popmama.com telah merangkum ulasan terkait cara merukiah rumah menurut Islam demi terbebas dari gangguan jin.

1. Membaca satu surat penuh Al-Baqarah

1. Membaca satu surat penuh Al-Baqarah
Freepik/freepik

Cara sederhana untuk merukiah rumah secara mandiri salah satunya yakni dengan membaca surat Al-Baqarah. Namun biasakan untuk mensucikan diri dengan berwudhu terlebih dahulu sebelum membaca ayat suci Alquran.

Cara ini tertulis dalam hadis Abu Hurairah dengan Rasulullah yang pernah bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” - (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ، خَرَجَ مِنْهُ

“Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” - (HR. Ad-Darimi 3422, At-thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir 8642)

Bila pemilik rumah sedang tidak bisa membaca Alquran, siapa saja bisa mewakilkan untuk membaca Al-Baqarah secara penuh selama dilakukan di dalam rumah yang ingin dirukiah.

Hal tersebut telah cukup memenuhi syarat untuk mengusir jin dan setan.

2. Membaca surat-surat pendek Alquran

2. Membaca surat-surat pendek Alquran
Freepik/freepik

Bila Mama merasa berat membaca surat Al-Baqarah secara penuh. Mama bisa menggantinya dengan membaca surat-surat pendek Alquran.

Surat pendek yang dianjurkan untuk dibaca ketika melakukan rukiah rumah mandiri, antara lain: Al-Fatihah, 10 ayat surat Al-Baqarah, ayat kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

“Siapa yang membaca 10 ayat dari surat Al-Baqarah di rumah, maka setan tidak masuk ke rumah tersebut malam itu hingga pagi hari, empat ayat yang pertama, ayat kursi dan dua ayat setelahnya, dan penutupnya.” - (H.R. Thabarani di Mu’jam al-Kabir no. 8592)

“Bacalah ‘Qul huwallahu ahad’, dan ‘mu’awwidzataini’ ketika pagi dan ketika sore, tiga kali, cukup untukmu segala sesuatu.” - (H.R. Abu Dawud no. 4419)

Lebih lanjut, bacaan ‘Qul huwallahu ahad’ adalah bagian dari surat Al-Ikhlas. Sedangkan ‘Muawwidzataini’ merupakan dua surat memohon perlindungan kepada Allah dari tukang sihir dan gangguan setan (surat Al-Falaq dan An-Naas).

Editors' Picks

3. Rajin beribadah dan membaca ayat suci Alquran

3. Rajin beribadah membaca ayat suci Alquran
Freepik/rawpixel.com

Setelah memastikan rumah Mama telah dibacakan surat Al-Baqarah satu surat penuh atau surat-surat pendek yang dianjurkan di atas. Jangan lupa untuk tetap melakukan ibadah secara rutin di dalam rumah.

Rukiah yang telah dilakukan tidak akan afdal bila rumah Mama jarang dijadikan tempat salat. Bahkan, Mama disarakan untuk beribadah di setiap ruangan berbeda demi menyucikan setiap sudut rumah yang ada.

Hal ini tertera dalam sabda Rasulullah, yakni: 

اجْعَلُوا فِي بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا

“Jadikanlah bagian salat kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.” - (HR. Bukhari 432, Muslim 777, dan yang lainnya)

Dalam hadis ini Nabi SAW memerintahkan umatnya agar tidak membuat tempat tinggal mereka sepi dan jarang disalatkan seperti kuburan. Sebaliknya, Mama harus meramaikan rumah dengan cara rutin beribadah dan rajin membaca ayat suci Alquran.

4. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan dari setan

4. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan dari setan
Freepik/cookie_studio

Memiliki sikap cuek atau tidak peduli ternyata dapat berguna dalam mengusir gangguan setan di rumah. Ketika manusia menanggapi perbuatan setan, maka setan akan semakin senang mengganggu dan merasa senang menempati hunian Mama.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang:

لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

“Janganlah kamu ucapkan ‘celakalah setan”, karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, ‘Itu semua terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah “Bismillah”. Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat.” - (HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982 dan dishahihkan al-Albani)

Dari hadis ini, Mama dapat belajar jika merasa ada yang mengganggu, maka sebisa mungkin janganlah menanggapi atau bahkan memberikan umpatan kasar. Berusahalah bersikap cuek, kemudian berdoa meminta perlindungan Allah.

5. Biasakan mengingat Allah serta baca doa ketika masuk rumah dan sebelum makan

5. Biasakan mengingat Allah serta baca doa ketika masuk rumah sebelum makan
Freepik/topntp26

Hal kecil berdampak besar yang perlu Mama biasakan dari sekarang, yakni mengingat Allah serta membaca doa ketika masuk rumah dan makan. Hal ini tertera dalam sabda Rasulullah:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” - (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

Dengan membiasakan hal kecil seperti ini, setan akan merasa terganggu dan menganggap tidak ada tempat untuk menganggu manusia saat berada di dalam rumah Mama.

6. Baca doa ketika hendak menutup pintu rumah

6. Baca doa ketika hendak menutup pintu rumah
Freepik/topntp26

Rasulullah SAW menjelaskan banyak cara untuk mengusir keberadaan jin dan setan agar tidak menempati tempat tinggal Mama. Salah satunya, yakni membaca doa ketika hendak menutup pintu.

وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” - (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

Dalam hadis ini, dijelaskan bahwa doa yang dibacakan setelah pintu rumah tertutup akan membuat setan enggan memasuki wilayah rumah. Dengan begitu, maka tidak akan mengganggu penghuni rumah di dalamnya.

7. Singkirkan pajangan makhluk bernyawa

7. Singkirkan pajangan makhluk bernyawa
Freepik/wirestock

Dari berbagai dekorasi pajangan di rumah Mama, apakah salah satunya terdapat makhluk bernyawa? Jika iya, maka segera singkirkanlah demi mengusir keberadaan setan dan jin pengganggu.

Hal ini telah disampaikan Rasulullah yang berbunyi, yakni: 

لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ تَمَاثِيلُ أَوْ تَصَاوِير

“Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung – patung serta gambar – gambar (yang bernyawa)” - (HR. Bukhari)

أَنَّ المَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ

“Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada gambar.” - (HR. Bukhari)

Karena tanpa Mama sadari, ternyata gambar atau pajangan makhluk bernyawa dapat membuat malaikat enggan memasuki rumah dan menarik perhatian setan.

Nah, itulah beberapa informasi terkait cara rukiah rumah menurut ajaran agama Islam demi terbebas dari gangguan jin.

Dari informasi ini, Mama bisa belajar bahwa disarankan untuk menghiasi rumah dengan rajin beribadah dan taat kepada Allah agar tidak menjadi tempat peristirahatan yang nyaman bagi makhluk tak kasat mata lainnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk