7 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam, Sudah Disebutkan di Al-Qur'an

Selain membawa rezeki, sejumlah tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

31 Mei 2024

7 Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam, Sudah Disebutkan Al-Qur'an
Freepik/Jcomp

Bagi umat muslim, Al-Qur'an dijadikan sebagai sumber pengetahuan dan rujukan dalam menjalani kehidupan, baik di dunia maupun akhirat. Tak hanya itu, rupanya Al-Qur'an juga menjelaskan tentang tanaman di dalamnya lho, Ma.

Ada banyak tanaman yang disebutkan dalam kitab suci umat Islam itu. Beberapa di antaranya dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Diketahui, Rasulullah SAW menggunakan aneka tanaman sebagai sumber obat-obatan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Setidaknya terdapat tujuh jenis tanaman yang disebutkan dalam Al-Qur'an bisa membawa rezeki. Melansir dari berbagai sumber, berikut Popmama.com rangkum sederet tanaman pembawa rezeki menurut Islam secara lebih detail.

1. Tanaman kurma

1. Tanaman kurma
Freepik/freepik

Tanaman hias pembawa rezeki dalam Islam yang pertama ialah tanaman kurma atau Phoenix Dactylifera. Banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah satu ini. Di antaranya seperti penambah energi, melancarkan pencernaan, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Mempunyai rasa yang manis serta struktur kenyal, buah kurma bagus dikonsumsi bagi Mama sedang menjalani program diet karena kaya akan vitamin dan mineral. Kurma disebutkan dalam ayat suci Al-Qur'an yang berbunyi:

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu," (QS. Maryam 26).

2. Tanaman zaitun

2. Tanaman zaitun
Freepik/kotkoa

Tanaman zaitun atau Olea Europaea merupakan salah satu pohon yang banyak ditemukan di wilayah Timur Tengah. Pohonnya menghasilkan buah bernama zaitu, sehingga disebut oleh banyak orang sebagai pohon zaitun.

Buah satu ini bisa dipadukan dengan segala jenis makanan dan bahkan dibuat menjadi minyak. Manfaat lain mengonsumsi buah zaitun di antaranya dapat mengurangi diabetes, memecah batu ginjal, hingga menambah nafsu makan.

Jenis tanaman ini telah disebutkan berulang kali dalam kitab suci Al-Qur'an, salah satunya dalam firman Allah yang berbunyi:

“Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir,” (QS. An-Nahl 11).

Editors' Pick

3. Tanaman anggur

3. Tanaman anggur
Freepik/wirestock

Tanaman anggur atau Vitis Vinifera merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh secara merambat. Di musim panen, tanaman ini menghasilkan buah yang segar dan dinikmati oleh banyak orang.

Buah anggur dipercaya memiliki khasiat untuk membantu melancarkan pencernaan, mengurangi risiko terkena serangan jantung, hingga mendorong produksi darah.

Berikut bunyi ayat Al-Qur'an yang menyebutkan pohon anggur sebagai tanaman pembawa rezeki:

“Atau engkau mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur, lalu engkau alirkan di celah-celahnya sungai yang deras alirannya,” (QS. Al-Isra: 91).

4. Pohon pisang

4. Pohon pisang
Pexels/FRANK MERIÑO

Siapa di antara Mama menyukai buah pisang? Maka patut berbangga karena buah satu ini dianggap sebagai salah satu buah surga lho, Ma.

Pohon pisang atau Musa Paradisiaca bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditanam di pekarangan rumah. Pisang dikenal dapat merangsang memori dan mengaktifkan pikiran.

Selain itu, manfaat lain yang dapat diperoleh dalah mengonsumsi pisang, yaitu dapat menurunkan berat badan dan melancarkan sistem pencernaan.

Tanaman pisang telah disebutkan dalam Al-Qur'an, yang berbunyi:

 “Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),” (QS. Al-Waqi’ah: 29).

5. Pohon buah tin

5. Pohon buah tin
Pinterest/Jay Simmons

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam selanjutnya ialah pohon buah tin. Tumbuhan ini sangat istimewa karena disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an. Tin termasuk tanaman yang populer dalam budaya Islam, karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Maka tak heran bila harga yang ditawarkan tidak main-main karena memiliki nilai jual yang tinggi. Begini bunyi ayat Al-Qur'an yang menyebutkan pohon tin di dalamnya:

“Demi buah tin dan buah zaitun.” (QS. At-Tin: 1).

6. Pohon delima

6. Pohon delima
Freepik/KamranAydinov

Siapa sangka jika pohon delima juga termasuk tanaman yang dipercaya dapat membawa berkah dalam budaya Islam. Disebutkan di Al-Qur'an, buah ini memiliki banyak manfaat menguntungkan bagi manusia.

Manfaatnya yang sangat banyak tidak hanya dapat menunjang kesehatan fisik, tetapi juga kecantikan tubuh. Buah delima disebutkan sebanyak tiga kali dalam Al-Qur'an, yaitu pada surah Al-An'am ayat 99 dan 141, serta Ar-Rahman ayat 69. Tentu hal tersebut membuat pohon satu ini begitu istimewa.

Buah delima disebutkan dalam ayat suci Al-Qur'an yang berbunyi:

”Delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan," (QS. Al-An'am: 99).

7. Pohon bidara

7. Pohon bidara
photo/flickr/Nelindah

Pohon Bidadara disebutkan sebagai tumbuhan surga pembawa berkah yang ada di dunia saat ini. Dalam Al-Qur'an, daun bidara dikenal dengan istilah daun Sidr. Daunnya kerap digunakan sebagai obat herbal yang dinilai ampuh mengatasi gangguan kesehatan.

Manfaat yang diperoleh dari daun bidara, dia antaranya mengeringkan luka diabetes, mempercepat penyembuhan luka, meredakan gangguan lambung, hingga mengobati keputihan.

Jenis tanaman ini disebutkan dalam firman Allah yang berbunyi:

“Berada di antara pohon bidara yang tak berduri,” (QS. Al-Waqi’ah: 28).

Jadi itulah sejumlah tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Yakin nggak tertarik menanam salah satu tumbuhan di atas, Ma?

Baca juga:

The Latest