Tak Perlu Renov, Ini 5 Cara Bikin Rumah Lebih Nyaman saat PPKM

Dijamin bikin keluarga jadi enggan untuk keluar rumah!

21 Juli 2021

Tak Perlu Renov, Ini 5 Cara Bikin Rumah Lebih Nyaman saat PPKM
Freepik/tirachardz

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kita masih dianjurkan untuk tetap beraktivitas di rumah selama masa PPKM. Namun, rasa bosan berbulan-bulan berada di rumah pasti tak bisa dihilangkan.

Nah, bagaimana caranya agar kamu dan keluarga tetap betah di rumah, namun tidak perlu renovasi agar rumah semakin cantik dan nyaman?

Dilansir dari laman Real Simple, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara mudah membuat rumah lebih nyaman tanpa perlu renovasi. 

1. Bawa elemen alam ke dalam rumah 

1. Bawa elemen alam ke dalam rumah 
Pexels/Valeria Ushakova

Menghabiskan waktu selama berbulan-bulan di dalam rumah dapat menciptakan stres dan penat. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan elemen alam ke dalam rumah.

Tujuannya, yakni agar bisa menghubungkan ruangan di dalam rumah dengan alam luar. Salah satu langkah yang paling mudah itu dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah.

Editors' Picks

2. Segarkan udara di rumah dengan wewangian

2. Segarkan udara rumah wewangian
Freepik/Nastyaofly

Berbicara mengenai dekorasi, kita biasanya terlalu fokus pada tampilan rumah. Namun, sebenarnya udara di dalam rumah juga merupakan faktor penting yang memengaruhi emosi dan perasaan kita.

Jika kamu menghabiskan waktu berbulan-bulan di rumah, maka bisa jadi tidak lagi memperhatikan udara di dalam ruangan.

Maka dari itu, mulailah dari melakukan hal untuk mengharumkan ruangan, yakni dengan memasang diffuser dengan minyak esensial favorit. Ini bertujuan untuk menyebarkan aroma yang menenangkan, seperti lavender dan ekaliptus. 

3. Tambahkan aksen pencahayaan 

3. Tambahkan aksen pencahayaan 
Shopee/ikeru01

Para desainer dan arsitek sangat memikirkan pencahayaan.

Faktanya, pencahayaan memang memiliki dampak besar bagi perasaan di dalam ruangan tersebut. Pertimbangkan cara untuk menambahkan aksen pencahayaan di dalam rumah.

Misalnya dengan menempatkan lampu kecil di meja dapur, lampu gantung di ruang keluarga, atau di nakas di kamar. Daripada menempatkan lampu yang terang di atas kepala, pertimbangkan lampu yang ditempatkan di lantai dan meja.

Penataan ini pastinya akan membuat ruangan terasa lebih teduh. Yuk, bisa dicoba!

4. Ubah tampilan sofa 

4. Ubah tampilan sofa 
Pixabay/StockSnap

Ada trik mudah mengganti sofa yang sudah usang.

Perubahan sederhana seperti menambahkan lebih banyak serat, mengganti kaki, atau berinvestasi pada sarung bantal baru dapat membuat sofa lama terasa lebih mewah.

Selain mengganti sarung bantal, Mama juga bisa melapisi sofa lama dengan sarung sofa yang baru. Mama bisa membelinya secara online di e-commerce kesayanganmu.

5. Atur ulang rak dan singkirkan yang tidak perlu

5. Atur ulang rak singkirkan tidak perlu
designideasguide.com

Jika Mama telah memajang pernak-pernik yang sama di rak ruang tamu dalam waktu lama, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan penyegaran.

Atur ulang pajangan dan barang koleksi untuk membuat tampilan baru.

Ini menjadi salah satu cara termudah untuk memberikan perubahan kecil pada ruangan. Jika ada barang-barang yang sudah lama tak terpakai pada rak, sebaiknya buanglah atau jual kembali untuk mendapatkan uang tambahan.

Nah, itulah beberapa trik membuat rumah lebih nyaman saat PPKM tanpa harus renovasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.