7 Koleksi Tanaman Hias Titi Kamal di Rumah, Bisa Jadi Inspirasi

Ada koleksi tanaman hias yang harganya jutaan lho, Ma!

15 Januari 2022

7 Koleksi Tanaman Hias Titi Kamal Rumah, Bisa Jadi Inspirasi
Instagram.com/titi_kamall

Aktris sekaligus model asal Indonesia, Titi Kamal terlihat semakin fanatik mengoleksi tanaman hias di rumahnya. Bagaimana tidak, berbagai jenis tanaman hias telah ia miliki, mulai Monstera Thai Constellation, Philo Birkin dan masih banyak lagi.

Hobi mengoleksi tanaman hias ini telah Titi jalani sejak lama, hingga kini teras rumahnya dipenuhi dengan berbagai koleksi tanaman hias. Jika Mama perhatikan, koleksi tersebut diperlihatkan di Instagram atau terlihat laman akun Youtube pribadinya.

Kira-kira apa saja ya koleksi tanaman hias milik Titi Kamal?

Nah, jika Mama ingin mengetahui, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Monstera Thai Constellation

1. Monstera Thai Constellation
Instagram.com/titi_kamall

Tanaman Monstera Thai Constellation termasuk jenis tanaman langka. Lantaran warna marble yang terdapat dalam daunnya disebabkan oleh kurangnya klorofil pada tanaman yang jarang terjadi di berbagai jenis tanaman.

Maka, ketika Titi atau yang kerap disapa Tikam ini mendapatkan Monstera Thai Constellation, ia sangat bahagia seperti yang diungkapkan dalam foto satu ini.

"Gantengnya aku, happy banget dapetkan dia. Luv my jumbo #monsterathaiconstellation. Akur-akur ya sama yang lain, semoga suami nggak protes," jelas Titi. 

2. Monstera Variegata

2. Monstera Variegata
Instagram.com/titi_kamall

Bagi pecinta tanaman hias, tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini.

Ya, Monstera Variegata menjadi salah satu jenis tanaman hias yang digemari banyak orang karena warna serta  motif daunnya yang terlihat sobek. Hal tersebut yang seolah menambah keunikan tersendiri bagi tanaman ini. Sama seperti pencinta tanaman hias lainnya, Tikam juga mengaku ketagihan mengoleksi Monstera Variegata ini.

"Sekarang jadi ketagihan Monstera Variegata, gemes banget sama motifnya," tulis Titi dalam unggahannya.

Meski dijual dengan harga yang cukup tinggi ternyata tanaman Monstera Variegata mudah untuk dirawat lho, Ma. Apakah Mama tertarik untuk mengoleksinya juga?

Editors' Picks

3. Calathea Crimson

3. Calathea Crimson
Youtube.com/TitidanTian

Dalam lama Yotube pribadinya, Titi Kamal memperlihatkan koleksi tanaman hias yang ia miliki, salah satunya adalah Calathea Crimson.

Jenis tanaman hias satu ini terlihat sangat indah dengan warna ungu gelap di tengah dan hijau kehitaman di pinggirnya. Bahkan, Tikam mengaku bahwa ia langsung jatuh cinta saat pertama kali melihat tanaman hias Calathea Crimson ini.

“Aku langsung jatuh cinta waktu ngeliatnya,” ungkap Tikam.

Selain itu, Mama dari dua anak ini menjelaskan bahwa salah satu koleksi tanaman hiasnya ini ia dapatkan dengan harga sekitar Rp 600.000.

4. Aglonema

4. Aglonema
Youtube.com/TitidanTian

Aglaonema atau biasa dikenal sebagai aglonema merupakan tanaman yang masih satu famili dengan talas-talasan, bahkan disebut sebagai aracaeae dan menjadi kerabat dekat dengan spathipyllum serta philodendron.

Dilansir dari The Spruce, aglaonema merupakan tanaman yang tidak menyukai sinar matahari yang berlebihan. Maka dari itu, tanaman jenis ini bagus untuk setiap sudut ruangan di dalam rumah terutama jika cahaya dari jendela adalah komoditas.

Menurut penjelasan Titi, tanaman ini dijual sekitar Rp 200.000 untuk empat lembar daun. 

“Kalau dulu, aglonema ini paling cuma, aku beli 4 daun kisarannya 200 ribu,” jelas Titi dalam videonya.

5. Alocasia Cuprea

5. Alocasia Cuprea
Youtube.com/TitidanTian

Jenis tanaman satu ini berasal dari daerah lembab yang panas, seperti Asia hingga Amerika Selatan. Melansir dari Gardening Brain, daun alocasia cuprea ini memiliki kilau logam yang khas, sehingga membuatnya dikenal sebagai “mirror plant”.

Tanaman ini juga terkenal dengan daunnya yang berbentuk hati atau berbentuk telinga gajah karena cukup mencolok. Tak heran jika banyak orang yang mengoleksi tanaman hias satu ini, tak terkecuali Titi Kamal.

Dalam video yang diunggah dalam akun Youtube pribadinya, Titi menjelaskan bahwa harga dari salah satu koleksi tanaman hiasnya ini dijual seharga Rp 600.000 - Rp 800.000.

6. Caladium White Christmas

6. Caladium White Christmas
Youtube.com/TitidanTian

Koleksi tanaman hias milik Titi Kamal berikutnya, yakni Caladium White Christmas yang mana ternyata tanaman hias ini tak hanya menjadi primadona di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Dilansir dari Calloway’s Nursery, Caladium White Christmas memiliki daun berbentuk hati ukuran besar dan berwarna putih dengan barik-barik hijau tua yang khas, bahkan ada yang sedikit berwarna hijau zaitun di sepanjang musim.

Dalam videonya, Titi mengaku ia cukup terkejut dengan harga tanaman hias ini yakni, sekitar Rp 280.000 untuk dua daun yang ia beli di salah satu toko tanaman di Jakarta.

Titi menambahkan, jika membeli caladium white christmas ini di beberapa desa hanya sekitar Rp 15.000. Perbedaan harga yang terbilang jauh ini lantaran Caladium White Christmas tengah digemari banyak orang.

Wah, kira-kira Mama tertarik nggak mengoleksi tanaman satu ini?

7. Philodendron Birkin atau Philo Birkin

7. Philodendron Birkin atau Philo Birkin
Youtube.com/TitidanTian

Menjadi salah satu tanaman yang tengah tren di kalangan pecinta tanaman hias, membuat Titi juga ikut mengoleksi Philodendron Birkin ini. Philodendron Birkin jika diperhatikan memiliki tekstur yang mewah dan menawan, sehingga sangat cocok untuk menjadi elemen dekoratif di dalam rumah.

Dilansir dari The City Wild, Philodendron Birkin merupakan salah satu tanaman jenis philodendron yang tidak suka mengering di antara penyiraman, tetapi juga tidak ingin terlalu banyak air yang menggenang. Cara terbaik untuk merawat tanaman ini, yakni dengan menyiramnya sedikit tetapi sering.

Nah, untuk harganya sendiri, Tikam mengungkapkan bahwa tanaman ini dijual dengan kisaran harga Rp 700.000 - Rp 1.000.000 di beberapa toko.

Itulah beberapa koleksi tanaman hias Titi Kamal yang bisa menjadi inspirasi bagi Mama untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.