5 Alasan Kenapa Kamu Susah Dapat Teman di Usia 40 Tahun

Semakin senja usia katanya semakin susah dapat teman

10 Januari 2021

5 Alasan Kenapa Kamu Susah Dapat Teman Usia 40 Tahun
Unsplash/Duy Pham

Usia mulai menanjak, pergulan malah semakin sempit. Bertemu teman dia lagi dia lagi. Tapi dialah memang yang sudah berteman sejak lama dan mengenal pribadi kita dengan baik ya kan, Ma? Tapi justru usia bukan batasan untuk tidak memperluas pergulan, lho.

Banyak teman banyak gunanya juga kok, entah itu hanya untuk sekadar sharing atau berbagi pengalaman saja.

Apakah sesulit itu mendapatkan teman di usia 40-an? Nggak harus begitu kok, Ma.

Mugkin kita juga punya beberapa alasan mengapa begitu sulit mendapatkan teman di usia yang semakin senja. Berikut ini Popmama.com sudah merangkum beberapa alasannya.

1. Orang sudah sibuk dengan keluarga mereka

1. Orang sudah sibuk keluarga mereka
mirror.co.uk

Alasan utama kenapa sangat sulit berteman di usia 40-an adalah karena pada saat itulah orang-orang sudah fokus pada keluarga dan punya komitmen lain.

Usia 40-an biasanya memiliki anak remaja dan cenderung membutuhkan banyak waktu. Jadinya Mama akan sulit menemukan orang seusia Mama untuk bersosialisasi.

Editors' Picks

2. Lingkaran sosial biasanya jarang berubah setelah 30 tahun

2. Lingkaran sosial biasa jarang berubah setelah 30 tahun
Pexels/Daria Shevtsofa

Setelah mencapai usia 30 tahun, orang-orang lebih menghargai kualitas persahabatan daripada kuantitas. Begitu lingkaran sosial berkurang, orang-orang akan puas dengan persahabatan yang sedikit tapi dalam itu.

Cara mengatasinya mungkin bisa bergabung dengan klub atau kegiatan sosial yang sesuai dengan kepribadian dan minat Mama.

3. Saat usia mulai senja, dibutuhkan lebih dari satu kesamaan untuk berteman

3. Saat usia mulai senja, dibutuhkan lebih dari satu kesamaan berteman
Freepik/Katemangostar

Ketika kita masih kecil, jauh lebih mudah berteman karena punya banyak kesamaan, seperti sepak bola atau bermain sepeda. Hal yang sama terjadi juga pada kita yang berusia 40 tahun. Hanya saja di usia tersebut kita sudah punya spesifikasi diri kita apa yang kita suka atau tidak.

Kita jadinya lebih mengenal kita yang lebih rumit. Mangkanya kita pun akan lebih memilih-milih hubungan sosial.

4. Tidak punya bahan obrolan

4. Tidak pu bahan obrolan
storyfox.ru

Biasanya usia 40 tahun yang dibicarakan adalah tentang keluarga. Jika kamu tidak memiliki topik percakapan lain mungkin sudah waktunya kamu memperluas wawasan entah itu lewat film, bacaan buku, atau artikel.

Kamu tak perlu membicarakan perusahaan kok, bicarakan hal yang kecil namun sangat membantu obrolan dan kamu pun bisa berbagi dengan nyaman.

5. Keterampilan sosial kamu berubah

5. Keterampilan sosial kamu berubah
unsplash/Simon Maage

Mungkin karena terlalu lama mengurusi keluarga, kamu lupa caranya kembali berteman dengan orang lain.

Bagaimana cara menghadapi orang, bagaimana menjadi diri sendiri, dan bagaimana cara menghadapi sesuatu. Coba latih kembali skill tersebut agar kamu dengan mudah bisa berteman meski sudah memasuki usia 40 tahunan.

Nah itu tadi alasan kenapa usia 40 tahun kamu susah mendapatkan teman. Jangan lupa ikuti caranya, meski sulit kamu pasti bisa kok. Tapi jangan dipaksakan ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.