5 Hal yang Seringkali Membuat Pria Merasa Insecure di Depan Istri

Ternyata pria pun memiliki kekhawatiran tentang banyak hal yang sulit untuk diungkapkan

1 Desember 2018

5 Hal Seringkali Membuat Pria Merasa Insecure Depan Istri
Pixabay/Stoksnap

Tahukah Mama bahwa ada beberapa hal yang membuat Papa merasa insecure namun tak mampu dikatakannya?

Ya, bukan hanya perempuan saja, pria ternyata juga memiliki banyak kekhawatiran yang mendalam tentang banyak hal.

Misalnya, kekhawatiran mengenai sosoknya dimata istri dan anak-anaknya atau masalah sederhana yang ternyata memicu perasaan insecure-nya.

Sayangnya, kebanyakan pria enggan mengakui perasaannya itu. Pasalnya, sebagian besar pria selalu ingin tampil sebagai sosok yang kuat, cuek dan dapat selalu diandalkan oleh anggota keluarga.

Nah, kira-kira hal apa saja ya yang sering membuat Papa merasa insecure?

1. Kondisi keuangan

1.	Kondisi keuangan
Pixabay/Stoksnap

Kondisi finansial merupakan faktor paling besar yang seringkali menjadi pemicu timbulnya stress dan perasaan insecure pada pria, terutama yang sudah menikah dan memiliki anak.

Kebanyakan pria merasa insecure apabila memiliki jumlah pendapatan yang lebih rendah dibandingkan pendapatan istrinya. Pria juga memiliki kekhawatiran yang besar mengenai dana yang perlu disiapkan untuk masa depan anak-anak.

2. Jenjang karir

2.	Jenjang karir
Pixabay/Caio_triana

Sebagian besar pria merasa insecure jika jenjang karirnya tidak mengalami kemajuan. Misalnya tidak ada kenaikan gaji, mendapat bonus atau kenaikan jabatan dalam rentang waktu tertentu. Hal ini dapat membuat pria merasa minder, apalagi jika istrinya menduduki jabatan penting di kantornya.

Kesenjangan karir yang terlihat jelas dapat membuat pria merasa insecure dan bahkan tak jarang berakhir dengan pertengkaran rumah tangga.

Editors' Picks

3. Performa seks

3.	Performa seks
Freepik

Seks adalah hal yang sensitif bagi kebanyakan pria. Pasalnya, mereka seringkali mengkhawatirkan tentang bentuk dan performa alat vital saat berhubungan intim. Kebanyakan pria takut mengecewakan atau tidak mampu memuaskan istri di ranjang.

4. Penampilan

4.	Penampilan
Pixabay/Stoksnap

Tak hanya perempuan saja yang sering memusingkan masalah penampilan. Faktanya, penampilan seringkali membuat pria merasa insecure.

Timbunan lemak di perut, masalah kulit kering, bau badan atau rambut berketombe merupakan salah satu faktor yang membuat pria merasa minder di depan pasangannya.

Makanya jangan heran ya Ma, jika menemukan Papa sibuk memilih parfum atau body lotion saat belanja bulanan. Papa hanya ingin terlihat keren di mata Mama, agar Mama tidak berpaling darinya.

5. Merasa tidak bisa diandalkan

5.	Merasa tidak bisa diandalkan
Pixabay/Minanfotos

Hati-hati dalam berucap ya, Ma. Terkadang secara tidak sengaja, para Mama sering mengucapkan “Kok gitu aja nggak bisa sih?” atau berkata dengan nada menyepelekan “Sini deh biar aku aja”. Tanpa Mama sadari, hal itu kemungkinan menyakiti pride-nya.

Pria seringkali merasa insecure ketika dirinya tidak bisa mengerjakan sesuatu, tidak bisa membantu menyelesaikan masalah di rumah atau membetulkan perabot rumah yang rusak. Ketidakmampuan itulah yang membuat pria merasa minder dan khawatir jika pasangannya akan merendahkannya.