Yuk, Terapkan Mindful Parenting Agar Lebih Bahagia!

Apa sih mindful parenting yang katanya bisa bikin lebih bahagia? Yuk baca penjelasannya!

24 November 2018

Yuk, Terapkan Mindful Parenting Agar Lebih Bahagia
Pexels/J Carter

Setiap orang tua tentunya menginginkan hadirnya kebahagiaan dalam rumah pada setiap harinya. Oleh karena itu penting sekali menjaga keharmonisan hubungan antar anggota keluarga, khususnya hubungan anak dan orang tua.

Tidak sedikit anak yang sering membangkang dikarenakan salahnya pola asuh dimulai saat ia masih kecil.

Banyak pula Mama yang tidak menikmati perannya sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) karena merasa tidak bisa mengembangkan diri dengan baik.

Padahal Mama tetap bisa berkarya dari dalam rumah lho!

Kalaupun tidak bekerja, Mama bisa benar-benar full memberi perhatian pada rumah dan anak-anak. Hal ini bisa dinikmati agar rasa bahagia senantiasa terpelihara dengan menerapkan mindful parenting.

Apa itu mindful parenting?

Apa itu mindful parenting
Pexels/pixabay

Mindful parenting adalah pola asuh orang tua dengan kesadaran penuh setiap kali bertindak atau melakukan sesuatu, meskipun hal tersebut rutin dilakukan setiap harinya bersama anak.

Hal rutin yang dilakukan sehari-hari seperti sudah terjadwal di otak kita sehingga tanpa kita sadari kita melakukannya tanpa melibatkan rasa dan emosi cinta di dalamnya.

Apabila ini terjadi maka hidup kita menjadi kehilangan makna. Inilah mengapa penting sekali menghadirkan kesadaran penuh dalam mengasuh anak yaitu dengan menerapkan mindful parenting.

Bagaimana ciri Mama yang sudah mencapai taraf mindfull?

Bagaimana ciri Mama sudah mencapai taraf mindfull
Pexels/Brett Sayless

Apa sih ciri seorang Mama yang sudah mencapai tahap mindful? Yaitu saat Mama benar-benar menikmati kebersamaan dengan anak pada detik itu juga, memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan.

Mama dapat memberi perhatian seutuhnya dengan penuh kebijaksaan dan keterbukaan pada anak serta tidak lagi menjadi terlalu reaktif akan apa yang terjadi diluar prediksi.

Misalnya saat anak Mama yang berusia 2 tahun menghamburkan sereal ke lantai, Mama tidak lagi meresponnya dengan berteriak.

Akan tetapi menyadari hal tersebut lumrah dilakukan anak seusianya.

Cara terbaik yang dapat Mama lakukan adalah mengajak si Kecil membereskan makanan yang ditumpahkannya. Ini akan merangsang rasa tanggung jawabnya saat melakukan sesuatu. 

Editors' Picks

Keuntungan memiliki sikap mindfull bagi orang tua dan anak

Keuntungan memiliki sikap mindfull bagi orang tua anak
Pexels/JoshWillink

Apa keuntungan memiliki sikap mindful? Mama bisa menjadi lebih tenang merespon sesuatu dan tidak mudah stress.

Selain itu Mama dapat lebih memahami psikologis anak dengan lebih baik. Dengan begitu Mama dapat meresponnya dengan baik pula.

Dengan sendirinya anak akan merasa dicintai seutuhnya oleh orang tuanya.

Lalu apa keuntungannya bagi anak? Anak tentunya akan merasa bahwa ia didengarkan, dipahami, dicintai dan disayangi, serta dihargai keinginannya oleh kedua orangtua. 

Kalau sudah begitu, anak biasanya akan lebih nurut dan tidak melawan orang tua.

Rangsangan dari orang tua misalnya berupa pelukan, ciuman, dan canda tawa bisa menjadi sarana meningkatkan kedekatan emosional antara anak dan orang tua dan menjadi kunci sukses mindful parenting.

Apa yang dapat dilakukan untuk menerapkan mindful parenting?

Apa dapat dilakukan menerapkan mindful parenting
Pexels/Pixabay

Mindful parenting dapat dicapai dengan usaha yang terus-menerus dan berkelanjutan.

Diperlukan keinginan yang kuat pada diri Mama. Beberapa hal yang dapat membantu Mama dalam menerapkan mindful parenting antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menyadari apa yang dirasakan pada diri saat memiliki konflik dengan anak.
  2. Berusaha bersikap tenang ketika anak melakukan hal tidak terduga dan jangan merespon dengan amarah.
  3. Mencoba mendengarkan sudut pandang anak kemudian nasehati dan beri pengertian dengan cara yang efektif.

Ketiga hal diatas akan membantu Mama tetap tenang saat menghadapi situasi tidak menyenangkan yang disebabkan oleh tingkah laku si Kecil.

Berusahalah berhenti sejenak untuk mencoba menghayati, merasakan dan memahami apa yang sedang terjadi pada kita dan anak kita.

Buatlah perasaan Mama tetap tenang dan relaks serta buang pikiran-pikiran jelek yang dapat mengganggu.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai mindful parenting. Mama pasti tidak sabar mencoba metode ini di rumah bersama si Kecil.