5 Cara Tepat Mengatasi Pertengkaran Masalah Keuangan dengan Suami

Atur keuangan secara lebih bijak, yuk!

3 April 2019

5 Cara Tepat Mengatasi Pertengkaran Masalah Keuangan Suami
Freepik/Yanalya

Membahas mengenai masalah uang, tentu menjadi sesuatu yang sangat rentan. Alasannya karena uang menjadi sumber perpecahan antara satu orang dengan orang lain, begitu pun di dalam rumah tangga.

Masalah keuangan juga bukan hal mudah untuk dijelaskan, apalagi uang sering kali menjadi sumber pertengkaran antara suami istri.

Tenang. Popmama.com punya 5 cara mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga. Apa sajakah itu? Langsung cek ulasannya, yuk!

1. Bekerjasama mengatur keuangan

1. Bekerjasama mengatur keuangan
Freepik

Saat terjadi pertengkaran masalah keuangan, cobalah tetap berpikir jernih dan melihat kesalahan untuk menjadi perubahan lebih baik.

Daripada terus beradu argumen, lebih baik menciptakan teamwork yang baik. Mama dan suami bisa menemukan cara dalam menggunakan uang di dalam keluarga secara bijak.

Ayo, saling bekerjasama untuk mengatur keuangan. Entah itu membuat rencana investasi, menabung atau lebih berhemat.

Mulailah dari sekarang untuk aktif dengan pengeluaran atau pengaturan keuangan. Cara ini sangat efektif agar kedua belah pihak saling kompak dan mengetahui keuangan rumah tangga.

2. Ciptakan komunikasi yang baik

2. Ciptakan komunikasi baik
Freepik/Pressfoto

Cara mencapai kesepakatan dalam mengatasi pertengkaran yaitu dengan komunikasi yang baik.

Jangan sampai Mama dan Papa malas melakukan komunikasi, jika seperti itu maka pertengkaran pun tidak akan mencapai kedamaian.

Jadi mulailah bicarakan semuanya dan cobalah saling terbuka untuk menyelesaikan pertengkaran yang disebabkan karena uang.
Bicarakan baik-baik soal apapun tentang uang, mau itu kartu kredit, hutang maupun tabungan yang dibicarakan secara bersama-sama.

Editors' Picks

3. Jujur

3. Jujur
Freepik/Yanalya

Dalam mengatasi permasalahan yang pelik mengenai keuangan, yang harus Mama lakukan bersama suami ialah harus saling terbuka dan jujur tentang penghasilan maupun pengeluaran.

Sebab kejujuran itu menjadi pondasi penting dalam menghindari konflik pernikahan yang disebabkan oleh sistem keuangan di dalam rumah tangga kalian.

Saat mengolah keuangan rumah tangga juga harus dibangun rasa saling percaya, tidak menyembunyikan masalah pengeluaran, pemasukan, tabungan, dan lainnya.

4. Membuat kesepakatan bersama

4. Membuat kesepakatan bersama
Freepik/tirachardz

Solusi saat terjadi pertengkaran soal keuangan yaitu membuat kesepakatan bersama. Jangan hanya memendam rasa kekesalan atau saling berdebat.

Tapi cobalah berdiskusi dan mencari jalan keluar dengan cara win-win solution. Mama dan Papa juga harus membahas mengenai budget khusus untuk liburan dan pengeluaran mendadak yang disepakati kedua belah pihak.

Membuat aturan yang disepakati bersama akan menciptakan kedamaian dan terbebas dari pertengkaran. 

Selain itu Mama dan suami juga bisa membuat kesepakatan mengenai sumber pemasukan dalam rumah tangga. Berkomitmenlah untuk menomor satukan kepentingan bersama, ya.

5. Saling memahami

5. Saling memahami
Freepik

Masalah uang sering kali menjadi masalah yang sensitif dalam sebuah hubungan rumah tangga.

Mama dan Papa harus melakukan sesuatu agar semuanya kembali baik. Cobalah untuk saling memahami kepribadian masing-masing untuk mengelola keuangan.

Bersabarlah dalam memberikan pengertian kalau memang kondisi keuangan belum sampai di titik aman. Sementara Mama dan Papa sama-sama punya kebutuhan, dengan saling memahami maka dapat mengatur keuangan lebih bijak.

Nah, itulah 5 cara mengatasi pertengkaran karena masalah keuangan dalam berumah tangga. Dengan begitu, Mama bisa mencegah terjadinya pertengkaran keuangan dengan Papa.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!