TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Kisah Suka dan Duka Ashanty Jadi Ibu Sambung, Penuh Perjuangan

Ashanty mengungkapkan kalau ada banyak konflik yang terjadi pada tiga tahun pertama pernikahan

17 Agustus 2022

7 Kisah Suka Duka Ashanty Jadi Ibu Sambung, Penuh Perjuangan
Instagram.com/ananghijau

Ashanty membagikan cerita perihal rumah tangganya yang dia bangun bersama Anang Hermansyah usai 12 tahun menikah. Mulai dari menghadapi masalah sebagai istri hingga menjadi seorang ibu sambung dari Aurel dan Azriel Hermansyah.

Nyatanya tak mudah bagi seorang Ashanty menjadi sosok ibu sambung. Suka dan duka turut Ashanty rasakan saat menjadi ibu sambung, terutama saat tiga tahun pertama menjalin rumah tangga bersama Anang. 

Berikut ini Popmama.com bagikan rangkuman selengkapnya mengenai suka duka Ashanty jadi ibu sambung yang dilansir dari kanal YouTube The Hermansyah A6. 

1. Menciptakan bonding tidak perlu adanya ikatan hubungan darah

1. Menciptakan bonding tidak perlu ada ikatan hubungan darah
Instagram.com/aurelie.hermansyah

Melalui obrolannya bersama suami tercinta, Ashanty membagikan kisah suka dan dukanya menjadi seorang ibu sambung. Artis kelahiran 1984 itu mengungkapkan bahwa dirinya sangat mencintai anak-anak sambungnya, Aurel dan Azriel. 

"Walau memang mungkin tidak dilahiran dari rahim sendiri, tapi aku percaya kalau bonding love itu tidak perlu adanya hubungan darah. Karena bagi aku ya, apa yang tercipta dengan ketulusan dan rasa cinta yang begitu dalam," ungkap Ashanty. 

Ashanty dan Anang pun selalu mengabaikan perkataan negatif dari orang lain. Hal yang terpenting ialah Aurel dan Azriel mengetahui betapa besar cinta orangtuanya kepada mereka, begitu juga sebaliknya. 

2. Pola mengasuh anak yang tak dibedakan

2. Pola mengasuh anak tak dibedakan
Instagram.com/ashanty_ash

Sejak menikah pada 2012, Anang serta Ashanty dikaruniai sepasang anak bernama Arsy dan Arsya. Meski demikian, cara Ashanty mengasuh anak-anaknya tak dibeda-bedakan. 

"Kadang orang kaget melihat aku lagi marah, kalau sama Azriel misalnya. Sama, cara aku marah ke Jielcara aku marah ke Arsy, cara aku marah ke Arsya, pasti orang menyangka sudah kayak anaknya sendiri, nggak ada dibeda," tutur Ashanty. 

Editors' Picks

3. Mengalami banyak ujian di tiga tahun pertama

3. Mengalami banyak ujian tiga tahun pertama
Instagram.com/ananghijau

Hubungan Ashanty kepada anak-anak sambungnya sempat mengalami kesulitan pada tiga tahun pertama pernikahan. Sebelum itu, justru Ashanty telah akrab dengan Aurel dan Azriel. Mengingat mereka butuh adanya sosok seorang mama dalam kehidupan sehari-hari. 

"Tetapi pada saat kita menikah, problemanya lain lagi. Tiga tahun pertama kali ya ada permasalahan-permasalahan, adjustment. Tapikan itu bagaimana kita mengatur segala sesuatunya dengan baik," kata Ashanty dalam konten obrolannya bersama Anang.

4. Penyesuaian diri Aurel dan Azriel kepada Ashanty

4. Penyesuaian diri Aurel Azriel kepada Ashanty
instagram/krisdayantilemos

Sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah, keduanya pernah membuat perjanjian terlebih dahulu.

"Yaudah kalau nanti kamu ada apa-apa sama anak-anak, kamu cerita aja sama aku, nanti aku yang marahin," ungkap Anang kala itu. 

Namun, pada kenyataannya hal tersebut tak terjadi. Ashanty justru turun tangan menyelesaikannya sendiri. Saat itu, Aurel atau Azriel masih mengalami masa-masa penyesuaian diri dengan pola asuh Ashanty sebagai ibu sambung. 

Hal itu membuat Aurel dan Azriel sulit menerima peraturan serta berbagai omelan dari ibu sambungnya.

5. Ashanty sempat perang batin saat penyesuaian diri

5. Ashanty sempat perang batin saat penyesuaian diri
Instagram.com/aurelie.hermansyah

Saat tahun-tahun pertama menjadi seorang ibu sambung, Ashanty menjalani proses penyesuaian diri antara dirinya dengan anak-anak Anang. Aurel dan Azriel sempat tidak terima dengan pola didik dan asuh Ashanty sebagai ibu sambung. 

Tetapi Ashanty mengambil tindakan tegas untuk tetap mendidik sesuai dengan pendiriannya.  

"Nggak aku 'iyain' mereka. Karena bagi aku ya ini rumah tangga yang sekarang, kalian mau terima ya kalian harus terima, Bundanya cara didiknya begini," ungkap Ashanty. 

6. Berusaha untuk mengerti kondisi Aurel dan Azriel

6. Berusaha mengerti kondisi Aurel Azriel
Instagram.com/aurelie.hermansyah | Instagram.com/azriel_hermansyah

Jika diputar ke belakang, Aurel dan Azriel mengalami tiga fase keluarga yang berbeda. Selama delapan tahun bersama mama kandungnya, dua tahun hanya bersama sang Papa, kemudian dilanjutkan dengan sosok Ashanty. 

Kondisi tersebut membuat Ashanty berusaha untuk mengerti kondisi Aurel dan Azriel pada saat itu. 

"Pada saat aku masuk hingga akhirnya bisa bertahan selama 12 tahun ya, mereka tuh kan menyesuaikan diri tiga kali perubahan dalam hidupnya. Jadi cara mereka menyesuaikan diri tuh pasti tidak mudah. Mereka mengalami tiga fase, sementara aku satu fase," tutur Ashanty.

7. Pada akhirnya mereka bisa menerima satu sama lain

7. akhir mereka bisa menerima satu sama lain
Instagram.com/aurelie.hermansyah

Pada tiga tahun pertama bisa dikatakan menjadi tahun yang berat bagi rumah tangga Ashanty dan Anang. Mereka harus melakukan penyesuaian diri terhadap Aurel dan Azriel juga permasalahan lainnya yang terjadi. 

Tetapi begitu keduanya sudah berhasil menyesuaikan diri dan mengerti satu sama lain, ke depannya hal itu berubah menjadi hal yang indah.

"Dan alhamdulillah berjalan dengan lancar gitu walaupun ada naik turunnya," pungkas Ashanty. 

Itulah beberapa cerita suka dan duka Ashanty jadi ibu sambung yang butuh perjuangan untuk keduanya saling menerima satu sama lain. Kita doakan agar keluarga Ashanty dan Anang selalu diberikan keharmonisan dalam menjalani rumah tangga, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk