Lagi Marah dengan Pasangan? Kontrol Emosi Kamu dengan Cara Ini

Tahan Ma, kamu harus bisa kontrol emosi saat marah dengan pasanganmu

8 Mei 2020

Lagi Marah Pasangan Kontrol Emosi Kamu Cara Ini
Unsplash/Annie Spratt

Kamu pasti pernah kan merasa jengkel dengan pasangan sampai ingin marah? Kalau kamu tergolong orang yang emosional dan gampang marah, pikir-pikir lagi Ma.

Apakah harus mengekspresikan rasa kesal kamu itu dengan marah-marah?

Kalau kamu merasa kesulitan untuk meredam emosi marah kamu pada pasangan, berikut ini Popmama.com bagikan tips kontrol emosi saat marah dengan pasangan.

Apalagi sekarang sedang bulan suci ramadan, sayang kan Ma kalau harus terkikis pahalanya karena sebal sama suami.

Jangan dilewatkan, baca sampai akhir ya Ma!

1. Lebih baik sendiri dulu

1. Lebih baik sendiri dulu
Unsplash/Jakob Ufeks

Kamu perlu waktu sendiri. Gunanya untuk menenangkan pikiran kamu. Ini efektif lho Ma. Apa lagi kalau penyebab kemarahan kamu adalah karena pasangan kamu berbuat kesalahan yang membuat kamu merasa kecewa.

Kamu mungkin berpikir bahwa melampiaskan amarah adalah cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah. Kamu mungkin berpikir itu bisa membuat kamu merasa puas.

Tetapi, itu bukanlah cara yang benar.

Itu hanya akan membuat keadaan menjadi semakin buruk. Jika kamu marah-marah pada pasangan kamu, itu akan meninggalkan bekas masalah dan malah menciptakan keadaan semakin memburuk.

Hindari duduk berdua bersama dengannya selama beberapa waktu, ini bisa meredam emosi kamu. Lebih baik kamu sendiri dulu.

Editors' Picks

2. Minum terlebih dulu untuk melegakan kamu

2. Minum terlebih dulu melegakan kamu
Unsplash/Parker Johnson

Saat buka puasa tiba, tapi hati seperti masih terasa jengkel. Minum segelas air bisa sedikit melegakan pikiran kamu dan membantumu membersihkan pikiran dari kemarahan.

Kamu juga bisa pilih minuman yang bisa menyegarkan supaya kamu lebih relaks.

Baca juga: Pedoman Minum Teh Hijau Secara Rutin dan Manfaatnya bagi Tubuh

3. Tarik napas panjang

3. Tarik napas panjang
Unsplash/Joe Gardner

Saat emosi berapi-api segera tarik napas panjang. Kamu akan segera merilis udara untuk masuk ke otak kamu dan ini memberi efek menenangkan kamu.

Jika kamu emosi dan meluapkan kemarahan melalui kata-kata kamu maka kamu akan mengucapkan kata-kata yang tidak baik. Kamu akan kesulitan mengontrol lisan kamu. Di situ kamu bisa memperburuk hubungan kamu dengan pasangan kamu.

Yuk, tenangkan pikiran kamu segera dengan tarik napas panjang.

Baca juga:

4. Lihat-lihat toko online

4. Lihat-lihat toko online
Unsplash/William Iven

Ambil smartphone kamu dan lihat-lihat toko online. Mungkin ini ada efek lain. Kamu jadi boros. Tapi kamu nggak harus langsung beli saat itu juga.

Kamu bisa lihat-lihat barang menarik dari online shop dan ini bisa menarik pikiran kamu. Cek koleksi terbaru dari online shop favorit kamu. Ini bisa meredakan gelisah yang kamu rasakan.

Baca juga: 7 Tips Belanja Hemat agar Uang Bulanan Bisa Ditabung

5. Tidak menuduh dan terus saling menyalahkan

5. Tidak menuduh terus saling menyalahkan
Unsplash/Ethan Haddox

Berhenti saling menuduh dan menyalahkan. Ini bukan cara yang baik untuk melepas kemarahan kamu. Kontrol emosi kamu dengan cara tidak menuduh dan terus-menerus saling menyalahkan.

Jangan memaksa pasangan kamu untuk mengakui suatu hal yang tidak ia lakukan. Jika ia sudah mengatakan tidak merasa melakukan kesalahan, kamu harus hargai itu.

Jika kamu merasa dibohongi, jangan memaksa orang lain untuk terus meladeni amarah kamu dan ikut menjawab sesuatu sesuai keinginan kamu padahal dia benar-benar tidak melakukan kesalahan tersebut.

Itulah 5 cara paling efektif mengontrol emosi saat marah dengan pasangan kamu. Kamu mungkin punya cara kamu sendiri. Tapi kamu juga bisa mencoba cara ini, nggak ada salahnya kok, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.