Ini Perubahan yang Terjadi Pada Payudara Setelah Terangsang

Jangan bingung, setelah kamu terangsang memang secara alami ada perubahan yang terjadi pada payudara

13 November 2019

Ini Perubahan Terjadi Payudara Setelah Terangsang
Pixabay/Engin_Akyurt

Perubahan sebagian anggota tubuh saat terangsang adalah hal yang lazim terjadi bagi orang dewasa yang sudah paham. Tidak hanya pria yang mampu menonjolkan ciri saat terjadi rangsangan, namun wanita juga bisa menimbulkan reaksi ilmiah saat dirinya merasa terangsang.

Tidak hanya di bagian vagina yang bisa mengeluarkan cairan pelumas, namun terlihat juga di bagian intim wanita lainnya yakni payudara. Namun banyak wanita yang belum sadar terhadap perubahan payudara setelah terangsang.

Perubahan anggota fisik seorang pria yang terangsang sangatlah jelas terlihat, berbeda halnya dengan seorang perempuan.

Umumnya perempuan yang terangsang menimbulkan kondisi yang samar. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang apa yang berubah pada payudara saat terangsang.

Apa saja perubahan payudara setelah terangsang?

Berdasarkan hasil penelitian seorang seksolog menyatakan bahwa terdapat empat perubahan payudara wanita yang terangsang seksualitasnya. Berikut Popmama.com rangkum penjelasan selengkapnya.

1. Payudara akan tampak membesar dan membengkak

1. Payudara akan tampak membesar membengkak
Pixabay/Xiaonaooo

Hal pertama yang akan terjadi pada wanita saat perubahan payudara setelah terangsang adalah payudara yang membengkak dan tampak membesar. Kebanyakan payudara perempuan akan membengkak dan ukuran payudaranya akan lebih bertambah membesar saat dirinya terangsang dan mulai menyiapkan diri agar terjadi ereksi orgasme.

Namun, Dr. Rajan Bhonsale seorang pakar seksolog menyatakan hal tersebut tidak terjadi pada setiap wanita. Sehingga beliau menghimbau para pria tidak menilai perempuan telah memalsukan gairah seksnya hanya dengan alasan payudaranya tidak membesar.

Editors' Picks

2. Payudara akan mengeluarkan aroma

2. Payudara akan mengeluarkan aroma
Pixabay/Pexels

Hal selanjutnya yang akan tampak pada payudara wanita saat terangsang adalah keluarnya aroma. Aroma yang dikeluarkan oleh payudara pada dasarnya akan berbeda dengan aroma yang dikeluarkan oleh tubuh.

Aroma yang akan tercium adalah feromon yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin yang berada di areola.

Namun sangat disayangkan bahwa pria tidak mampu untuk merasakan aroma ini. Karena Dr. Rajan Bhonsale menilai bahwa pria tidak memiliki sebuah kemampuan olfactory untuk menyadari keberadaan aroma ini.

3. Puting payudara akan ereksi

3. Puting payudara akan ereksi
Pixabay/lounisproduction

Maksud dari ereksi puting adalah pada umumnya puting payudara perempuan yang telah terangsang akan terlihat lebih tegak dan terasa lebih keras. Hal tersebut bukanlah sebab dari stimulus manual atau oral, melainkan terjadi karena adanya kontraksi otot yang berada di bagian bawah areola.

Namun tidak semua perempuan yang bisa merasakan ereksi puting pada payudaranya, hanya sekitar 30 hingga 40 persen perempuan yang bisa merasakan ereksi puting.

4. Perubahan warna

4. Perubahan warna
Pixabay/Foundry

Pada saat perempuan terangsang maka darah akan terpacu untuk mengalir ke area bagian dada. Kondisi ini akan menyebabkan warna kulit di area payudara tampak lebih merona.

Namun, hal ini hanya akan terlihat jelas pada perempuan yang memiliki warna kulit yang terang. Dan kondisi ini akan sulit terlihat bagi para wanita yang memiliki kulit gelap.

Nah, itulah beberapa perubahan payudara setelah terangsang. Penting bagi perempuan maupun pria mengetahui perubahan-perubahan organ intim lainnya saat terjadi rangsangan. Semoga menambah tahu tentang ini ya, jadi kamu nggak bingung lagi saat mengalaminya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.