Tips Membangunkan Anak untuk Sahur di Bulan puasa

Jangan dimarahi Ma, begini cara membangunkan anak saat sahur

25 Mei 2019

Tips Membangunkan Anak Sahur Bulan puasa
Freepik/yanalya

Berpuasa menjadi kewajiban bagi seluruh umat Muslim selama bulan Ramadan. Ketika berpuasa, kaum muslim tak diperbolehkan makan dan minum hingga menjaga diri dari hawa napsu sejak subuh sampai terbenamnya matahari.

Ini bukan ujian yang mudah, maka dari itu para orangtua sebaiknya mengajak anak untuk berlatih berpuasa sejak kecil. Namun bagi orang tua yang kerap kesulitan membangunkan si Kecil untuk ikut sahur, berikut tips membangunkan anak untuk sahur.

Agar lebih mudah, berikut ini Popmama.com bagikan tips membangunkan anak sahur.

1. Jelaskan makna puasa

1. Jelaskan makna puasa
Pixabay/nastya_gepp

Sebaiknya Mama ajak anak-anak untuk bersiap sejak beberapa hari sebelum Ramadhan. Salah satunya dengan menjelaskan makan puasa menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak.

Kalau sudah masuk bulan Ramadhan seperti sekarang, tak ada salahnya untuk tetap memberi penjelasan tentang jam berapa harus bangun sahur, berapa lama menahan makan dan minum, hingga kapan waktu yang tepat untuk berbuka.

Semakins ering diingatkan, biasanya anak akan semakin mudah untuk menerima dan memahaminya.

2. Bangunkan dengan lembut

2. Bangunkan lembut
Freepik

Meski anak sedikit sulit untuk dibangunkan, sebagai orangtua jangan terpancing emosi dan memarahinya. Bangunkan anak dengan cara yang lembut seperti angkat anak perlahan sampai pada posisi duduk.

Ajak anak dengan lembut untuk membuka matanya dan setelah terbangun, tuntunlah dia sampai ke meja makan. Begitu tips membangunkan anak untuk sahur secara halus.

3. Siapkan makanan kesukaan anak

3. Siapkan makanan kesukaan anak
Freepik/Senivpetro

Makan dalam keadaan mengantuk biasanya membuat anak tak semangat untuk makan. Untuk menghindarinya, Mama bisa menyiapkan makanan kesukaan anak saat sahur supaya anak semakin bersemangat ketika makan.

Namun jangan lupa menyiapkan nutrisi yang baik bagi supaya memiliki stamina untuk menjalankan ibadah puasa.

Editors' Picks

4. Atur jam tidur anak mama

4. Atur jam tidur anak mama
Freepik

Agar jam tidur anak tak dirasa kurang, Mama bisa ajak anak untuk tidur lebih awal. Umumnya anak akan sulit dibangunkan ketika sahur karena terbiasa tidur terlalu malam. Bahkan ada beberapa anak yang sangat susah diajak tidur lebih awal.

Namun, Mama bisa melakukan pendekatan lagi dan jelaskan gunanya tidur lebih awal agar mereka tidak mengantuk ketika sahur.

5. Beri dia pujian

5. Beri dia pujian
Freepik/peoplecreations

Tips membangunkan anak untuk sahur berikutnya adalah dengan selalu memberinya pujian, sekecil apapun pencapaian yang dia lakukan, termasuk saat mereka belajar berpuasa dan berusaha bangun sahur.

Dengan pujian yang Mama lontarkan itu, akan membuat anak semakin lebih bersemangat dan termotivasi di keesokan harinya.

Untuk menyenangkan hatinya, dampingi saat ia menyiapkan makan hingga ia benar-benar selesai makan.

6. Sahur di akhir waktu

6. Sahur akhir waktu
Freepik

Salah satu trik supaya anak mau bangun sahur yakni dengan sahur di akhir waktu atau mendekati waktu subuh. Sahur terlalu cepat bisa membuat anak mengantuk setelah makan dan akibatnya anak mudah lapar lagi di siang hari.

Oleh karena itu sebaiknya bangunkan anak sekitar setengah jam sebelum imsak atau azan subuh.

Sangat disarankan bagi Mama agar membangunkan anak dengan suara yang lembut, bagaimanapun caranya. Tak perlu dengan suara kencang apalagi sampai berteriak. Baiknya dengan sentuhan yang sangat lembut.

Demikian penjelasan tentang tips sahur di atas. Semoga bisa mempermudah Mama saat membangunkan si Kecil di waktu sahur ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;